Cara Meluruskan Rambut Agar Terhindar dari Rontok

cara meluruskan rambut

Meluruskan rambut bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari bahan alami maupun perawatan ke salon kecantikan melalui proses rebonding dan smoothing. Sayangnya, masalah kerontokan rambut seringkali membayangi prosedur kecantikan ini ketika kondisi rambut sedang kering dan bercabang.

Go DokBagi sebagian perempuan, mengganti model rambut menjadi tuntutan yang harus dilakukan secara teratur, terutama bagi mereka yang bekerja di panggung hiburan. Nah, bagi mereka yang memiliki rambut lurus alami, berbagai upaya dan cara meluruskan rambut akan dilakukan agar bisa mendapatkan penampilan yang selalu fresh dan baru.

Memang, rambut diciptakan dalam berbagai jenis. Ada yang lurus, keriting, ikal dan sebagainya. Rambut memang bisa menjadi ciri khas dari kepribadian seseorang, terutama bagi perempuan. Bahkan, ada kiasan yang berbunyi, ‘rambut adalah mahkota perempuan’. Nah, bagi orang yang sering sekali bosan dengan penampilannya, mereka akan melakukan eksperiman seperti meluruskan rambut.

Sayangnya, meluruskan rambut terlalu sering dapat merusak rambut seperti rontok. Ada lho cara- cara untuk meluruskan rambut dengan amat agar terhindar dari rontok. Seperti apa sih?

Yuk simak tips-tips untuk meluruskan rambur dengan aman di bawah ini:

1. Keringkan rambut

Hal yang paling utama dalam meluruskan rambut dengan aman adalah memastikan rambut dalam kondisi yang kering. Selain itu, janganlah mengeringkan rambut dengan suhu yang terlalu panas. Memang mengeringkan rambut dengan suhu sedang akan memakan waktu lama, tapi yakin deh, rambut Anda akan sangat menghargainya!

2. Istirahatkan rambut

Bagi Anda yang sering sekali memilih gaya untuk rambut lurus, cobalah sesekali untuk melakukan tampilan yang berbeda selama seminggu. Dengan cara ini, Anda akan menghindari meluruskan rambut selama beberapa hari ke depan. Rambut juga perlu istirahat loh.

3. Hindari suhu terlalu panas

Suhu panas maksimal pada alat pelurus rambut memang akan mempercepat Anda untuk meluruskan rambut. Namun, rambut akan lebih cepat rusak! Kalau bisa, aturlah suhu sedang-sedang saja.

4. Rawat rambut secara teratur

Setidaknya dalam sebulan sekali, ingatlah untuk melakukan perawatan pada rambut Anda. Perawatan rambut biasanya menyesuaikan dengan jenis rambut Anda: berminyak, kering, atau campuran. Jangan lupa untuk memanjakan rambut ya!

5. Potong rambut yang bercabang

Ketika Anda mendapati ujung rambut dalam kondisi sangat kering, sebaiknya dipotong saja. Dengan begitu, rambut akan terus tumbuh dengan lebih sehat. Selain itu, ujung rambut yang kering akan sangat merusak penampilan.

6. Gunakan produk yang sesuai kondisi rambut

Selalu gunakan produk yang dapat melindungi rambut sebelum meluruskan rambut. Aplikasikan produk tersebut, diamkan sebentar, lalu keringkan dengan baik. Setelah hal ini dilakukan, proses meluruskan rambut sudah bisa dilakukan dengan aman dan terhindar dari rontok.

7. Luruskan rambut yang masih terikat

Sebelum mulai meluruskannya, Anda harus memastikan kalau rambut sudah benar-benar dalam kondisi terurai. Jika rambut masih membentuk simpul di dalamnya, sebaiknya dilurusan terlebih dahulu agar rambut tidak merenggang dan terbakar!

8. Pisahkan rambut satu per satu

Pisahkan rambut dengan bantuan jepitan rambut kecil sehingga rambut dalam kondisi lurus.

9. Hati-hati bagi rambut yang berwarna

Salah satu informasi penting lainnya adalah jika sebelumnya kondisi rambut diwarnai, Anda harus lebih berhati-hati, nih. Pasalnya, kandungan kimia yang ada di dalam cat rambut berpotensi membuat kerusakan pada rambut menjadi lebih rentan dan tinggi.

Selain melakukan perawatan dari luar rambut, Anda juga bisa melakukan perawatan dari dalam tubuh untuk memberikan nutrisi baik baik kesehatan rambut.

Berikut ini adalah jenis nutrisi untuk membuat rambut terlihat lebih kuat dan bercahaya!

  • Zat besi (Fe) : Bayam, Selada Air, Ayam, Ikan, dll.
  • Omega 3: Sarden, Tuna, Walnut, Bayam, Stroberi.
  • Seng (Zn) : Ikan, Daging, Telur, Keju.
  • Selenium: Bawang Putih, Bawang, Plum, Melon, Anggur.
  • Vitamin A: Hati, Telur, Wortel, Almond.
  • Vitamin B: Produk Susu, Buah-Buahan, Ikan, Daging Merah, Telur.
  • Vitamin C: Jambu Biji, Kiwi, Paprika Merah, Pepaya, Jeruk.
  • Asam Folat: Kacang Garbanzo, Hati, Lentil, Alpukat, Tomat, Pisang.

Nah, itulah beberapa tips dan cara meluruskan rambut yang aman agar Anda terhindar dari masalah rambut yang rontok. Untuk mempercantik tampilan luar, jangan lupa juga untuk selalu merawat kesehatan rambut dari dalam tubuh juga agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

 

Baca juga:

 

Jangan ragu untuk selalu gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk berkonsultasi dengan dokter online yang siap siaga 7×24 jam. Segera download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.

 

GT/PJ/TP

Referensi