Cara Make Up Yang Benar Agar Terhindar Iritasi

Cara make up yang benar

Cara make up yang benar wajib diperhatikan para wanita untuk menjaga kesehatan wajah. Karena, terlalu sering menggunakan make up apalagi dengan cara yang salah akan memicu permasalahan pada kulit wajah Anda seperti iritasi.

 

Go Dok Bangun kesiangan ketika harus berangkat kerja memang menjengkelkan. Muka masih terlihat lusuh, apa ya yang bisa menutupinya? Tentu saja make up! Bagi Anda yang perempuan, seberapa sering sih menggunakan make up? Nah, jika Anda termasuk orang yang sering banget menggunakan riasan ini, maka selalu perhatikan kesehatan wajah. Karena, terlalu banyak atau sering menggunakan make up tentunya tidak baik untuk wajah. Salah satunya adalah iritasi pada wajah.

Yuk, kenali cara make up yang benar agar terhindar dari iritasi!

Sebelum menggunakan make up

Cara make up yang benar tentunya sebelum mengaplikasikan kosmetik pada kulit wajah Anda terlebih dahulu pastikan hal-hal berikut ini:

1. Selalu gunakan pelembap

Pelembap merupakan satu senjata ampuh untuk menghindari muka dari iritasi. Siapkan lah pelembap wajah yang bebas aroma atau tidak mengandung aroma sama sekali. Anda juga bisa menggunakan pelembap yang memiliki kandungan SPF atau perlindungan dari paparan matahari. Lakukan ini setelah Anda selesai mandi, kemudian tunggu beberapa menit agar pelembap terserap.

2. Make-upuntuk kulit sensitif

Gunakanlah make up yang menggunakan bahan dasar mineral. Karena, kandungan ini dapat digunakan oleh jenis kulit apapun, terutama yang sensitif. Cara  make up yang benar dengan mengaplikasikan pada wajah menggunakan tangan atau kuas. Namun, pastikan selalu tangan dalam keadaan bersih ya!

3. Gunakan pencuci wajah yang cocok

Mencuci wajah dapat menambah cahaya instan pada kulit wajah Anda loh! Pilihlah produk yang dapat menghilangkan kotoran dan polusi dari dalam. Lakukan kegiatan ini sebagai langkah penting dan persiapan rutin sebelum Anda merias wajah.

4. Gosok es

Menggosok es pada kulit wajah ternyata memiliki beberapa manfaat, terutama ketika digunakan sebagai langkah persiapan untuk mengaplikasikan riasan. Setelah selesai mencuci muka, gosoklah es batu dengan lembut di wajah Anda. Kedinginan pada es batu dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menambah cahaya pada kulit. Selain itu, es batu juga dapat menenangkan mata yang lelah dan membantu mengecilkan pori-pori.

5. Gunakan Lip Balm

Sebelum Anda mengaplikasikan riasan atau lipstik, pastikan bibir selalu dalam kondisi terdehidrasi. Dalam kondisi bibir yang kering dan pecah, maka lisptik tidak akan terlihat bagus. Gunakanlah lip balm dan biarkan selama minimal 5 menit.

Sesudah menggunakan make-up

Kalau di atas sudah membahas cara make up yang benar sebelum merias wajah agar terhindar dari iritasi. Sekarang, bahas yang sesudahnya yuk!

1. Break down your make up with cleanser

Cara make up yang benar sesudah berias dengan membersihkan kosmetik yang menempel pada wajah menggunakan pembersih. Pijat pembersih wajah dan biarkan selama 25 detik. Gosoklah dengan lembut hingga semua make up pada wajah hilang sepenuhnya.

2. Bersihkan make up secara lembut

Ketika Anda membersihkan make up pada wajah, selalu ingat untuk membuat kondisi kulit tetap terdehidrasi dan tidak iritasi. Oleskan pembersih riasan dengan menggunakan jari-jari. Kemudian, usapkan ke seluruh wajah yang terkena make up. Ingat, jangan kasar-kasar ya membersihkannya!

3. Uap panas untuk wajah

Sebelum mencuci wajah, Anda bisa loh mengukus wajah! Caranya, isilah sebuah wadah dengan air panas. Kemudian, arahkan wajah di atas air panas tersebut untuk mendapatkan uapnya sekitar 1 hingga 2 menit. Uap akan mengendurkan pori-pori yang membuat wajah mudah dibersihkan lebih dalam. Selain itu, Anda bisa menambahkan setetes minyak esensial lavender untuk menambah sensasi spa yang menenangkan.

4. Beri perhatian ekstra pada mata

Jenis make up maskara dan eyeliner adalah dua produk yang paling sulit untuk dibersihkan. Namun, jangan menggosoknya terlalu kencang. Karena, kulit di sekitar area mata itu sensitif. Nah, cara membersihkannya adalah bersihkan gunakan cairan pembersih make up yang mengandung minyak tahan air. Kemudian, tutup mata dan gosok dengan sangat lembut.

Nah, itu dia cara make up yang benar agar terhindar dari iritasi. Baik sebelum ataupun sesudah, wajah sangat perlu dijaga ketika Anda ingin menggunakan riasan. Selamat mencoba!

Baca juga:

Konsultasi dokter seputar kesehatan Anda kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

GA/PJ/MA

Referensi