Cara Kerja Sistem Pencernaan Manusia ; Yuk, Ketahui!

Cara kerja sistem pencernaa

Cara kerja sistem pencernaan manusia ; sistem pencernaan manusia terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar (colon), rectum, dan anus. Organ-organ tersebut merupakan jalan yang dilalui oleh makanan di dalam tubuh kita.

 

Go DokPernahkah Anda berpikir bagaimana berbagai makanan yang Anda makan  berakhir dalam satu bentuk yang sama? Apa yang terjadi pada makanan-makanan tersebut di dalam tubuh Anda? Bagaimana pula gizi dalam makanan dapat diserap oleh tubuh? Secara sederhana, perjalanan makanan dari mulai masuk ke dalam mulut hingga keluar melalui anus dikerjakan oleh sebuah sistem dalam tubuh, yang kita sebut sebagai sistem pencernaan.

Berikut penjelasan cara kerja sistem pencernaan manusia lebih lengkapnya!

Secara singkat, alat-alat yang termasuk ke dalam sistem pencernaan manusia adalah mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar (colon), rectum, dan anus. Organ-organ tersebut merupakan jalan yang dilalui oleh makanan di dalam tubuh kita.

Pertama-tama kita memasukkan makanan ke dalam mulut. Di sinilah proses pencernaan dimulai. Makanan yang tadinya kasar akan dikunyah dan dihaluskan oleh gigi. Proses pencernaan seperti ini disebut sebagai pencernaan mekanik. Proses mencerna makanan dalam mulut juga dibantu oleh lidah. Selain pencernaan mekanik, di dalam mulut kita juga berlangsung pencernaan secara kimiawi, yakni pencernaan dengan bantuan enzim ptialin yang diproduksi oleh kelenjar ludah. Makanan yang telah dihaluskan akan diteruskan menuju kerongkongan.

Selanjutnya, di dalam kerongkongan yang berupa pipa panjang dari faring hingga lambung, makanan mendapat dorongan yang disebut sebagai gerak peristaltik. Bisa dikatakan, tidak terjadi pencernaan dalam kerongkongan karena fungsinya hanya mendorong makanan menuju lambung  dan pada bagian ini terdapat katup yang berfungsi mencegah makanan masuk kembali ke kerongkongan.

Ketika makanan sampai di lambung, otot-otot dinding lambung akan segera meremas makanan. Selain itu, untuk mempermudah proses pencernaan, lambung memproduksi enzim yang akan larut bersama makanan yang dicerna. Hasil pencernaan dari lambung ini akan menyerupai bubur yang masih tercampur antara cairan, sari-sari makanan, dan ampasnya.

Bubur makanan ini selanjutnya memasuki usus halus yang terbagi tiga, yakni usus dua belas jari (duodenum), usus kosong (jejunum), dan usus penyerapan (ileum). Diameter usus halus diperkirakan sekitar 2,5 meter dan panjang sekitar 20 kaki atau kurang lebih 6 meter. Proses pencernaan  pada usus halus dibantu oleh enzim yang diproduksi oleh pankreas dan empedu dari hati. Empedu berperan dalam mencerna lemak. Sedangkan pankreas memproduksi tiga jenis enzim, yakni amilase (mengubah amilum menjadi glukosa), lipase (mengubah lemak menjadi gliserol), dan tripsin (mengubah protein menjadi asam amino). Enzim-enzim tersebut digunakan ketika proses pencernaan berlangsung di dalam usus dua belas jari. Usus dua belas jari dinamai demikian karena panjangnya kurang lebih sama dengan dua belas jari orang dewasa yang disejajarkan. Selanjutnya usus kosong, dinamai demikian karena pada orang yang telah meninggal bagian usus sepanjang 1,2 meter ini benar-benar kosong. Kemudian makanan akan diteruskan ke usus penyerapan. Sesuai namanya, di sini makanan akan diserap glukosa, asam amino, mineral, dan vitaminnya melalui pembuluh darah di dinding ileum.

Dari usus halus, makanan akan mulai masuk ke usus besar yang berfungsi sebagai penghalus makanan yang belum hancur. Selain itu, pada usus besar ini terjadi pula penyerapan air dan pembususkan sisa hasil pencernaan.

Bagian terakhir dari cara kerja sistem pencernaan manusia adalah rectum. Organ ini memiliki panjang 8 inchi dan merupakan penghubung usus besar dan anus. Dari rectum inilah sinyal dan perasaan ingin buang angin atau buang air besar dikirim ke otak. Pengeluaran sisa hasil pencernaan ini dilakukan melalui dubur atau anus.

Demikianlah bagaimana cara kerja sistem pencernaan manusia. Semoga dengan mengetahui hal ini, Anda akan lebih bersyukur dan menjaga organ pencernaan Anda dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

TW/PJ/MA

Referensi