Cara Kerja Hipnoterapi  dan Penjelasan Medisnya

Cara kerja hipnoterapi

Hipnoterapi atau yang biasa disebut juga dengan hipnosis adalah salah satu terapi yang membuat seseorang berada dalam kondisi tidak sadarkan diri.Cara kerja hipnoterapi adalah dengan cara mengubah pola pikir sang pasien.

 

Go Dok Apakah Anda seorang perokok berat? Atau mungkin Anda ingin menghilangkan kebiasaan minum minuman alkohol? Sudah berapa kali Anda gagal dan menjadi depresi saat mencoba untuk berhenti dari kebiasaan buruk tersebut? Jangan menyerah dulu! Mungkin Anda bisa coba hipnoterapi untuk membantu mengurangi atau bahkan menghentikan kebiasaan merokok ataupun mengonsumsi minuman beralkohol. Karena ternyata, terapi ini terbukti dapat memberikan hasil yang sesuai dengan harapan, lho. Cara kerja hipnoterapi yang cenderung mudah dan efektif membuat terapi ini semakin dipercaya sebagai alternatif perbaikan untuk tingkah laku.

Nah, pastinya sebagian besar dari Anda sudah sering mendengar istilah hipnoterapi, kan? Tapi Anda hanya sering mendengar tanpa tahu seperti apa cara kerja hipnoterapi. Lalu muncul pertanyaan, memang hipnoterapi seperti apa sih? Apakah sama seperti saat kita sedang dihipnotis? Apakah terapi tersebut diakui dalam dunia medis?

Sabar, simpan dulu pertanyaan Anda, ya! Ingin tahu lebih lanjut? Yuk, mari berkenalan dengan hipnoterapi!

Apa yang disebut dengan hipnoterapi?

Seperti namanya, hipnoterapi atau yang biasa disebut juga dengan hipnosis adalah salah satu terapi yang membuat seseorang berada dalam kondisi tidak sadarkan diri. Eits, tapi kondisi yang dimaksud di sini lebih secara mental, bukan medis, ya. Nah, dengan kondisi sedang tidak sadarkan diri ini memungkinkan orang tersebut memiliki fokus yang lebih baik. Keadaan fokus seperti ini memungkinkan seseorang mendengar sugesti dan menerimanya sebagai suatu keyakinan yang nyata. Contohnya, saat Anda ingin berhenti merokok maka akan diberikan sebuah keyakinan yang amat kuat jika hal tersebut berbahaya bagi kesehatan.

Hipnosis telah berkembang sejak ratusan tahun silam dan saat ini sudah ada banyak praktisi yang beroperasi di seluruh penjuru dunia, mengingat tingkat kesuksesannya yang cukup mengesankan. Penelitian membuktikan bahwa hipnoterapi mampu menyembuhkan pasien dari sindrom gelisah dan depresi, lho.

Bagaimana cara kerja hipnoterapi?

Setelah mengetahui hipnoterapi itu apa, seperti apa cara kerja hipnoterapi atau proses saat hendak mengikuti terapi tersebut? Jika Anda datang untuk menjalani hipnoterapi, ada ahli hipnosis yang akan menggunakan sebuah metode untuk membuat Anda rileks. Saat Anda sudah terhipnosis, tenang saja Anda masih sadar dan terjaga. Bedanya, dalam tahap ini, Anda akan sangat terbuka terhadap sebuah sugesti yang masuk dari ahli hipnosis tersebut.

Satu yang perlu diperhatikan adalah, sugesti yang masuk bergantung pada kebiasaan atau masalah Anda masing-masing. Hipnoterapis akan membuat Anda yakin bahwa Anda harus meninggalkan kebiasaan buruk Anda dan menggantinya dengan keyakinan baru yang lebih bermanfaat.

Jika Anda seorang pasien dengan masalah depresi, ahli terapi akan membuat Anda sangat rileks sehingga Anda menjadi terbuka dengan diri sendiri. Kemudian, Anda akan mulai membicarakan apa yang dirasakan tanpa emosi negatif yang berlebihan. Selanjutnya, Anda akan menerima sugesti dengan tujuan untuk memberi Anda kontrol yang lebih baik pada pikiran Anda.

Bisa dikatakan, cara kerja hipnoterapi adalah dengan cara mengubah pola pikir sang pasien. Artinya, terapi ini aman untuk dijalani, lho. Nah, berikut beberapa masalah yang bisa ditangani melalui terapi ini, di antaranya:

  • Was was
  • Depresi
  • Masalah konsentrasi
  • Kebiasaan merokok
  • Masalah pola makan
  • Insomnia.
Apa kata ahli medis tentang hipnoterapi?

Konsultan kesehatan mental terkemuka di Amerika Serikat, Steve G. Kopp menuturkan bahwa pasien bipolar dan schizophrenia harus mengutamakan terapi dari dokter dan terapi hipnosis bisa dilakukan jika dokter mengizinkannya.

Nah, hipnoterapi menarik untuk dicoba, kan? Namun, satu hal yang perlu dicatat, nih, tidak semua orang bisa menjalani hipnoterapis, lho. Mereka yang memiliki masalah halusinasi dan kelainan psikologis tidak disarankan untuk menjalani terapi ini, sebab kondisi pasien bisa saja memburuk setelah menjalani beberapa sesi hipnoterapi.

Nah, bagaimana perasaan Anda setelah berkenalan dan mengetahui cara kerja hipnoterapi? Apakah Anda sudah mulai tertarik untuk mencoba hipnoterapi? Tenang saja, terapi ini terbukti aman dan efektif, kok. Tapi ingat ya agar tetap dalam pengawasan ahlinya saat mencoba hipnoterapi ini. Selamat mencoba!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

RZ/TP/PJ/MA

Referensi