Cara Aman Menghilangkan Bulu Hidung

menghilangkan bulu hidung

Menghilangkan bulu hidung dilakukan untuk nilai estetika maupun kesehatan. Meskipun keberadaan bulu hidung sangatlah bermanfaat namun jika terlalu lebat dan mengganggu tak jarang orang ingin mengurangi keberadaanya. Namun, Pilihlah cara aman untuk menghilangkannya, ya.

Go DokBulu hidung adalah bagian tubuh yang terletak di dalam hidung dan berperan sebagai sistem pertahanan. Ia berguna sebagai penahan kotoran dari luar saluran pernapasan dan mengatur kelembapan udara yang kita hirup.

Bulu-bulu ini tumbuh karena pembuluh darah di wajah dan hidung yang sangat padat sehingga mendorong pertumbuhannya.

Meski keberadaannya sangat berguna, bulu hidung yang sangat lebat akan mengganggu dan tentunya Anda pun ingin bulu-bulu tersebut berkurang dari hidung.  Entah karena alasan estetika maupun kesehatan.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bulu hidung!

1. Menggunting

Menggunting bulu hidung adalah pilihan yang paling mudah dan aman bagi kebanyakan orang. Anda dapat menggunakan gunting ekstra mini untuk melakukannya. Gunting jenis ini biasanya memiliki ujung melingkar untuk menghindari bagian dalam hidung tergores dan terluka.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menghilangkan  bulu hidung dengan cara digunting:

  • Berdiri di depan cermin dengan pencahayaan yang cukup
  • Kosongkan rongga hidung dengan mengembuskan udara dari dalamnya dan bersihkan mukus kering yang mungkin bisa menghalangi
  • Pegang erat gunting dan dongakkan kepala
  • Gunting bulu-bulu hingga mendekati permukaan kulit
  • Hembuskan udara dari dalam hidung beberapa kali setelah selesai untuk mengeluarkan serpihan bulu yang mungkin tertinggal. Jangan membilas rongga hidung dengan air
  • Jangan pernah mencoba untuk menghilangkan seluruh bulu hidung. Fokus saja pada helaian yang sekiranya tebal dan paling kelihatan.

Cara ini akan menghilangkan atau memendekkan bulu hidung yang terlalu kelihatan tanpa melukai kulit di dalam hidung. Hasilnya memang tidak permanen karena hanya bertahan sampai bulu hidung kembali memanjang, tapi ini adalah satu-satunya cara paling aman untuk membersihkan bulu hidung.

2. Dicabuti atau Waxing

Pada banyak kasus, mencabuti atau melakukan waxing pada bulu hidung tidaklah dianjurkan. Mencabut bulu hidung dapat menyebabkan bulu yang tumbuh ke dalam dan infeksi. Sementara waxing dapat menyakiti kulit di dalam hidung Anda.

Meski begitu, cara ini dapat bertahan lebih lama dari mengguntingnya. Mencabuti atau melakukan waxing pada bulu hidung tidak hanya akan membuatnya lebih pendek tapi juga menghilangkan keseluruhan helai bulu yang berada di bawah permukaan kulit.

 3. Laser

Perontokan menggunakan laser adalah perawatan untuk menghilangkan bulu-bulu yang tidak diinginkan pada tubuh anda. Perawatan ini sebenarnya masih kontroversial untuk dilakukan untuk menghilangkan bulu hidung karena dikhawatirkan dapat melukai selaput lendir di dalam rongga hidung.

Perawatan laser hanya menyasar pada bulu-bulu yang paling terlihat di sekitar lubang hidung. Untuk itu lakukan perawatan ini hanya dengan tenaga profesional karena hidung adalah rongga tubuh yang kecil sehingga ia merupakan titik yang paling sulit dijangkau dengan laser.

Pastikan untuk menggunakan peralatan yang steril jika Anda memutuskan untuk menghilangkan bulu hidung dengan cara digunting atau dicabuti. Meski kelihatannya mudah dan aman, sebenarnya mencabuti bulu hidung bisa menyebabkan infeksi berbahaya karena berada di area yang disebut ‘danger triangle’ pada wajah – area yang berada pada jembatan di antara kedua mata hingga ujung mulut.

Hal tersebut karena di bawah permukaan area ini terdapat pertemuan pembuluh darah yang membawa darah ke hidung dengan pembuluh darah yang keluar dari otak. Jika ada kuman yang menyelinap lewat pori-pori yang terbuka setelah bulu hidung dicabut, risiko terjadinya meningitis atau bahkan abses otak akan meningkat.

Untuk itu Anda tidak boleh terlalu sering menghilangkan bulu-bulu tersebut agar tidak kehilangan manfaat dari keberadaannya di dalam hidung dan menahan risiko penyakit berbahaya yang terjadi pada otak.

Jadi, sebelum melakukannya perhatikkan terlebih dahulu efek samping yang akan ditimbulkan dari hal tersebut ya!

 

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari SmartphoneDownload aplikasinya di sini.

FY/PJ/MA

Referensi