Cara Alami Mengobati Penyakit Kusta

Mengobati penyakit kusta

Mengobati penyakit kusta bisa juga dengan cara alami seperti hydrocotyle yang juga disebut tanaman Gotu Kola di India. Anda dapat menggunakan ekstraknya sebagai bahan salep topikal dan mengolesinya pada bagian kulit yang terkena lepra. Anda juga dapat mengolah ekstraknya menjadi teh, menyeduh, dan meminumnya secara rutin.

Go DokPenyakit kusta, alias lepra, merupakan salah satu penyakit tertua yang pernah terekam oleh sejarah, dengan data yang menunjukkan eksistensinya d mulai sejak 600 SM. Ini merupakan infeksi bakterial kronis dan progresif yang disebabkan oleh vakteri Mycobacterium leprae.

Jika tidak diobati, penyakit ini bisa menyebabkan bisul kulit, kerusakan syaraf, dan kelemahan pada otot. Umumnya, dokter akan memberikan pengobatan berupa antibiotik dan obat anti radang guna menyembuhkan kusta. Namun, ternyata ada pula beberapa cara alami dalam mengobati penyakit kusta. Apa sajakah caranya?

Yuk, simak penjelasan lengkap cara alami mengobati penyakit kusta berikut ini!

1. Zinc

Formulasi substansi zinc dipercaya dapat mengobati penyakit kusta dan penggunaannya telah dipraktikkan sejak zaman Mesir Kuno. Studi melaporkan bahwa substansi zinc yang dikonsumsi memiliki efek yang positif. Meski begitu, karena belum ada data saintifik yang memuaskan, studi lebih lanjut mengenai hal ini diperlukan.

2. Hydrocotyle

Salah satu obat alami yang dikatakan efektif dalam mengobati penyakit kusta adalalah Hydrocotyle, yang juga disebut tanaman Gotu Kola di India. Disebut pula Cantella Asiatica, dan Anda dapat menggunakan ekstraknya sebagai bahan salep topikal dan mengolesinya pada bagian kulit yang terkena lepra. Setelah itu, lapisi dengan menggunakan perban.

Selain itu, Anda juga dapat mengolah ekstraknya menjadi teh, menyeduh, dan meminumnya secara rutin. Beberapa produk Hydrocotyl bahkan sudah diproduksi dalam bentuk balsem dan bubuk. Khasiat dari tanaman ini adalah untuk meredakan peradangan pada kulit serta masalah pigmentasi kulit. Pengobatan herbal ini dikenal baik dalam memperbaiki kondisi kulit, dan hasilnya terlihat jelas.

3. Aromaterapi

Selain tanaman herbal, Anda juga dapat menggunakan aromaterapi untuk mengobati penyakit kusta. Aromaterapi merupakan penggunaan suatu ekstrak tanaman, serta minyak esensial untuk menciptakan aroma wangi pada ruangan dan biasanya digunakan di banyak rumah.

Selain itu, aromaterapi juga dikenal mampu menyembuhkan beberapa jenis penyakit, dengan pengobatan jangka panjang dan efek samping minimal. Umumnya, minyak esensial yang digunakan untuk perawatann kusta adalah kemenyan, yang merupakan agen antiseptik serta tonik kulit yang bekerja sangat baik.

 Selain mengatasi masalah pada kulit, aromaterapi juga mampu meredakan rasa nyeri pada kaki dan tangan penderita kusta, serta membersihkan saluran pernapasan atas yang merupakan salah satu area kusta.

4. Daun Neem

Kusta merupakan salah satu penyakit kulit dan pernapasan yang menjangkiti banyak populasi warga India. Karenanya, beberapa obat herbal dan pengobatan alami kusta berasal dari negara ini. Salah satunya adalah daun Neem, yang juga dikenal sebagai Azadirachta indica.

Tanaman ini merupakan agen antiseptik yang bagus dalam membantu menyingkirkan bakteri penyebab kusta. Selain itu, khasiatnya juga dapat meredakan berak-bercak pada kulit dan memperbaiki tekstur kulit yang rusak pada penderita kusta.

Untuk mendapatkan khasiat ini, Anda dapat menumbuk daun Neem dan menjadikannya semacam masker, dan mencampurkannya dengan minyak. Oleskan ke area kulit dua kali sehari untuk menyembuhkan lesi kulit secara efektif.

5. Akar rimpang

Terakhir, Anda bisa coba menggunakan akar rimpang untuk menyembuhkan penyakit kusta. Anda dapat mengoleskan jus atau pasta yang terbuat dari akar rimpang pada bagian kulit yang mengalami peradangan. Pengobatan ini dapat pula mencegah penyebaran infeksi bakteri dan bisul yang lebih luas pada penderita kusta.

Nah, itu dia 5 cara alami dalam mengobati penyakit kusta yang mungkin bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!

 

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari SmartphoneDownload aplikasinya di sini.

SF/JJ/MA

Referensi