Bunda, Yuk Kenali Berbagai Permainan Anak yang Bermanfaat

permainan anak yang bermanfaat

Permainan anak yang bermanfaat ; Permainan games di gadget biasanya akan membuat anak lupa waktu, sebagai orangtua ada baiknya Anda mengarahkan anak untuk bermain dengan benda-benda nyata yang bermanfaat untuk perkembangan motorik dan otak anak seperti permainan kartu, loncat tali hingga scrabble.

 

Go Dok – Seringkali, Anda merasa risau dan tak senang jika si kecil kerap menghabiskan waktunya dengan bermain games di gadget atau komputer. Anda tentu menganggap hal ini tak berguna, dan tak ada salahnya Anda merasa seperti itu. Pasalnya, terlalu lama menatap layar gadget dan laptop memang bisa membahayakan mata dan kepribadian anak. Karena itu, ada baiknya Anda mengarahkan si buah hati untuk bermain dengan benda-benda nyata di sekitarnya. Permainan langsung seprti itu sama mengasyikkannya dengan bermain games online, lho! Tak hanya itu, manfaatnya untuk perkembangan motorik dan otak anak juga tak kalah besar. Apa saja sih jenis permainan anak bermanfaat yang dimaksud?

 Simak daftar lengkap permainan anak yang bermanfaat  berikut ini!

1. Permainan kartu

Permainan anak yang bermanfaat pertama adalah permainan kartu, baik itu kartu remi, Uno, maupun kartu-kartu bergambar yang banyak dijual di pasaran. Tentu Anda ingat, bahwa semasa sekolah Anda kerap memainkan kartu dengan berbagai cara dan aturan. Permainan kartu sendiri, biasanya akan berfokus pada perbedaan warna, angka, atau gambar yang tercetak di masing-masing kartu, dengan aturan pencocokkan tersendiri. Nah, jenis permainan kartu akan membantu si kecil dalam mengasah kemampuannya mengenali dan berkonsentrasi terhadap suatu hal. Tak hanya itu, permainan kartu juga akan mengasah daya ingat dan kemampuannya untuk berstrategi. Luar biasa, bukan?

2. Lompat tali

Siapa bilang bermain lompat tali hanya buang-buang waktu? Selain mengasyikkan dilakukan bersama teman, permainan yang satu ini ternyata juga bagus untuk perkembangan tulang dan otak anak, lho! Lompat tali membutuhkan daya konsentrasi tinggi dalam bermain sehingga kemampuan ini pun dapat diasah pada si kecil. Tak hanya itu, lompat tali juga bermanfaat dalam melatih kekuatan tulang mereka. Hebat, bukan?

3. Permainan olahraga

Sesuai dengan namanya, permainan anak yang bermanfaat ini juga termasuk olahraga memiliki manfaat untuk mengolah dan melatih kemampuan motorik serta kekuatan tulang dan otot si kecil. Kemampuan sosial dan berstrategi, serta daya konsentrasi anak juga akan terlatih jika ia masuk ke dalam suatu tim permainan olahraga. Karena itu, dukung anak Anda untuk masuk ke salah satu tim, baik itu basket, sepakbola, tenis, voli, badminton, maupun tim tari.

4. Monopoli

Siapa yang tak kenal permainan monopoli? Salah satu permainan anak yang  bermanfaat ini sudah sejak lama dimainkan, baik secara langsung maupun online. Nah, salah satu manfaat dari permainan ini adalah anak bisa berlatih dalam membuat perubahan dan mengatur hidup mereka. Konsep membeli, menjual, menabung uang, serta mengatur dan merencanakan keuangan bisa menjadi aset bagi anak untuk menerapkan tindakan atau bereaksi terhadap suatu perubahan yang terjadi.

5. Scrabble

Permainan anak yang bermanfaat satu ini mungkin kurang populer di Indonesia, namun Anda tetap dapat menerapkannya dengan membimbing si kecil. Scrabble dimainkan dengan mengandalkan kosakata yang dikuasai seseorang, untuk mendapatkan skor sesuai dengan huruf yang digunakan. Manfaat dari permainan ini cukup banyak, mulai dari melatih kemampuan membaca dan menulis, kemampuan mengenali huruf, menambah lengkap daftar kosakata, hingga melatih kemampuan strategi dan pemecahan masalah. Tak hanya itu, permainan ini juga bagus untuk menguatkan daya konsentrasi dan kemampuan memori jangka panjang si buah hati. Hebat, bukan?

Nah, itu dia 5 permainan anak yang bermanfaat dapat Anda ajarkan pada si kecil guna melatih dan menguatkan kemampuan motorik serta kognitifnya. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba ya, Bunda!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.

SF/PJ/MA

Referensi