Bunda, Ketahui Cara Tepat Mendidik Anak Usia Remaja

cara tepat mendidik anak usia remaja

Go Dok – Cara tepat mendidik anak usia remaja – Bagi sebagian besar orangtua, memiliki anak usia remaja akan menjadi suatu fase yang membingungkan. Tiba-tiba, anak gadis Anda tidak mau lagi diajak berbelanja bersama ke department store dan lebih memilih pergi bersama geng-nya. Atau, anak laki-laki Anda yang tadinya cerewet, kini hanya menjawab pendek-pendek saat ditanya dan sudah tidak berminat lagi melakukan berbagai kegiatan bersama Anda. Hal ini tentu akan membuat Anda bingung tentang bagaimana pendidikan usia ini bisa disampaikan. Untuk itu, Anda harus pintar-pintar mendidik anak saat usianya beranjak dewasa.

Simak beberapa tips cara tepat mendidik anak usia remaja berikut ini!

1. Berikan kelonggaran

Anda tidak dapat memaksakan berbagai peraturan saat membesarkan seorang remaja. Alih-alih, berilah mereka beberapa kelonggaran, karena ini bisa menjadi kesempatan bagi mereka dalam menemukan jati diri. Mereka juga akan menjadi lebih mandiri, dan dapat menentukan batasan untuk diri sendiri. Biarkan anak Anda mencari pengalaman sendiri, karena hal ini justru akan membuat mereka belajar tentang hal yang baik dan buruk.

2. Jika ingin membuat peraturan, berdiskusilah dengan anak

Saat Anda ingin menentukan peraturan dan batasan terhadap anak usia remaja, berdiskusilah lebih dulu dengan mereka. Melalui cara ini, Anda akan mengerti sudut pandang anak dan mereka pun akan belajar lebih banyak dengan penjabaran alasan-alasan dari peraturan yang Anda terapkan. Jika anak Anda mengatakan batas jam malamnya tidak adil bagi dia, maka ajak dia berdiskusi tentang apa yang pas dan adil menurutnya. Cara tepat mendidik anak usia remaja ini akan membuatnya lebih percaya pada Anda, dan membantunya mandiri.

3. Jelaskan tentang pubertas secara private

Jika anak Anda perempuan, dekati ia secara halus dan jelaskan tentang pubertas secara mendetail. Anak usia remaja akan mengalami banyak perubahan pada tubuhnya, terutama perempuan, mulai dari bentuk tubuh, tumbuhnya payudara dan bulu kemaluan, serta menstruasi. Hal ini penting, terutama jika Anda merasa si anak sudah mulai mengalaminya. Pasalnya, banyak perempuan menjadi minder dan tidak suka dengan perubahan ini. Jelaskan secara logis tentang fungsi dari perubahan ini, dan hal-hal apa yang kini harus ia jaga dengan ketat. Hal ini akan membuatnya merasa terkoneksi dengan Anda.

4. Jangan berikan ultimatum

Selanjutnya, cara tepat mendidik anak usia remaja dengan tidak seenaknya memberikan ultimatum dan berharap anak langsung menurutinya. Hal ini justru akan menjadi tantangan baginya untuk dilanggar. Sebaliknya, jelaskan secara logis alasan di balik aturan Anda. Sebaiknya Anda juga membuat rencana dengan anak, seperti jika ia pulang terlalu larut dan pilihannya hanya menumpang kendaraan temannya yang tengah mabuk, ingatkan dia untuk meminta Anda menjemputnya. Tekankan bahwa Anda akan selalu ada untuknya. Hal ini akan membuatnya lebih nyaman dan percaya dengan aturan Anda.

5. Berikan contoh positif

Anda tidak bisa mendidik anak usia remaja dengan mendiktenya tentang berbagai hal. Alih-alih, Anda harus menjadi role model untuknya. Perilaku Anda akan jauh lebih membantunya dalam menyerap nilai-nilai baik dan buruk, serta perilaku yang etis dan tidak. Biarkan dia mencontoh Anda, dan jangan berikan celah baginya untuk meniru sesuatu yang buruk dari Anda.

6. Jelaskan tentang alkohol, rokok, dan narkoba dengan cara diskusi

Terakhir, cara tepat mendidik anak usia remaja dengan menjelaskan tentang nilai buruk dari hal-hal yang dianggap keren dan menantang oleh anak usia remaja (rokok, alkohol, dan narkoba), janganlah terlalu keras. Anda harus menjelaskan dengan detail, dan setelah selesai Anda harus menggiringnya untuk bertanya lebih jauh, sehingga terjadi diskusi. Hal ini akan jauh lebih membantunya dalam memahami keburukan hal-hal tersebut.

Nah, itu dia 6 tips dalam mendidik anak usia remaja yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

 

SF/PJ/MA

Referensi