Bunda, Ini Lho Persiapan Menjelang Program Hamil

persiapan menjelang program hamil

Persiapan menjelang program hamil tentunya harus diperhatikan oleh setiap ibu yang bersiap menyambut kehadiran si buah hati. Selain kesiapan mental, fisik ibu juga harus dipersiapkan demi menyambut perubahan hormon dan metabolisme tubuh yang kerap kali datang menghampiri dalam fase kehamilan.

Go Dok Halo bunda, sepertinya ada yang sudah tidak sabar untuk segera memiliki momongan, ya? Eits, tunggu dulu, nih! Setelah bersepakat dengan suami untuk segera memiliki anak, ada sejumlah persiapan menjelang program hamil yang harus bunda ketahui, lho!

Selain persiapan mental, bunda juga harus memperhitungkan kesiapan fisik agar dapat memastikan kondisi kesehatan calon janin di dalam kandungan tetap terjaga. Selain demi kesehatan si calon bayi, mempersiapkan tubuh menjelang kehamilan juga baik demi kesehatan bunda sendiri.

Seperti yang kita ketahui bersama, ketika kehamilan datang, sejumlah gangguan kesehatan seperti rasa mual, nyeri pada perut dan payudara, serta rasa sakit pada kepala kerap kali datang dan mengganggu kestabilan suasana hati ibu yang sedang mengandung.

Maka dari itu, penting bagi bunda untuk menjalani persiapan menjelang program hamil datang, bukan? Berikut persiapannya!

  1. Menjaga makanan

Hal paling pertama dilakukan ketika memutuskan untuk hamil adalah utuk menjaga makanan! Hindari makanan atau minuman yang tidak sehat dan gantilah dengan yang lebih bergizi, seperti makanan yang organik, bebas hormon, dan bebas transgenik.

Dengan mengonsumsi makanan tersebut, fisik bunda telah siap menghadapi perubahan metabolisme yang datang saat kehamilan tiba. Selain itu, asupan tersebut juga sesuai dengan kebutuhan janin di dalam kandungan.

  1. Jaga kesehatan usus

Menjaga kesehatan usus nyatanya menjadi hal yang harus dipersiapkan menjelang program kehamilan, lho. Caranya, konsumsilah asupan dengan kandungan probiotik sebesar 50-80 miliar bakteri Lactobacillus acidophillus, empat hingga 8 ons aloe vera, dan 1.500 mg L-Glutamine setiap hari selama beberapa bulan menjelang kehamilan.

  1. Konsumsi makanan yang hangat

Untuk menjaga kesehatan dan kesuburan pada rahim, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang hangat demi menjaga kesehatan uterus Anda. Makanan hangat seperti sup dan sayuran yang ditumis juga terbukti baik untuk menjaga kesuburan rahim, lho. Selain itu, mengonsumsi beras merah juga bisa menjadi alternatif yang baik mengingat tinggi serat dan minimnya kandungan glukosa.

  1. Seimbangkan hormon dengan smoothie dan suplemen asam folat

Siapa sangka mengonsumsi smoothie dapat menambah keseburuan? Selain itu, Anda juga akan mendapatkan asupkan asam folat yang cukup dari menu tersebut. Bunda disarankan untuk mengonsumsi menu tersebut tiga bulan sebelum memulai program hamil, agar dapat menghindari kelainan pada saraf, seperti spina bifda.

  1. Hindari gluten

Gluten adalah keluarga protein yang ditemukan dalam biji-bijian dari keluarga gandum. Kandungan ini dapat menyebabkan ketidaksuburan pada tubuh. Maka, hindarilah makanan yang mengandung gluten jika Anda sedang dalam program hamil.

  1. Hilangkan stress

Stress dapat meningkatkan kadar kortisol dan menekan proses ovulasi. Kendala ini akan menurunkan jumlah sperma bagi laki-laki dan keinginan untuk berhubungan seks. Berikut hal-hal yang bisa dilaukan untuk menghindari stress:

  • Berlatih yoga
  • Latihan pernapasan
  • Pijat
  • Bersantai di alam
  • Tidur
  • Olahraga
  • Akupunktur
  • Membaca
  • Mandi santai
  1. Yoga

Nah, seperti yang disebutkan sebelumnya, yoga baik untuk menghilangkan stres pada bunda. Selain itu, rutin melakukan gerakan yoga menjelang program hamil, diyakini dapat melancarkan metabolisme tubuh sehingga bunda lebih siap dalam menyambut kehamilan. Berikut beberapa pose yoga yang bisa dilakukan:

  • Posisi kaki atas dan nempel dengan dinding
  • Merpati ganda
  • Butterfly
  • Tiduran dengan kaki membentuk segitiga

Itulah 7 persiapan menjelang program hamil yang sangat dianjurkan bagi bunda yang ingin segera memiliki momongan. Selain hal-hal di atas, sangat penting bagi suami untuk selalu memberikan semangat agar istri merasa mendapat dukungan penuh dari pasangannya. Selamat mencoba!

 

Baca juga:

Bolehkah Mengonsumsi Sate Kambing untuk Ibu Hamil?

Penyebab Banyaknya Gas dalam Tubuh Saat Hamil

Tips Sehat Ngidam Makanan Untuk Ibu Hamil

 

Jangan ragu untuk selalu gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk berkonsultasi dengan dokter online yang siap siaga 7×24 jam. Segera download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.

 

GT/PJ/TP

Referensi