Bubur Bayi Sehat dan Cara Membuatnya

Bubur bayi sehat

Bubur bayi sehat, Bayi masih memiliki kapasitas perut yang kecil. Maka dari itu, bayi harus sering mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi. Tentunya, bayi Anda akan bergantung pada ASI atau susu formula sebagai sumber nutrisi utama, setidaknya selama 12 bulan pertama.

 

Go Dok – Menjaga perkembangan bayi agar tetap sehat tentunya menjadi prioritas utama orangtua. Salah satu caranya dengan memperhatikan nutrisi yang tepat untuk dikonsumsi, seperti pemberian susu formula dan bubur bayi.

Lalu, seperti apa bubur bayi sehat agar asupannya tetap terjaga?

Usia satu tahun pertama pertumbuhan berat badan bayi dapat bertambah tiga kali lipat dibandingkan berat mereka saat lahir. Begitu juga dengan tinggi badannya, bayi dapat tumbuh 50% lebih tinggi dibandingkan saat pertama kali lahir ke dunia. Untuk mendorong perkembangan fisik dan mental mereka, tentunya pemberian asupan menjadi prioritas utama.

Bayi masih memiliki kapasitas perut yang kecil. Maka dari itu, bayi harus sering mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi. Tentunya, bayi Anda akan bergantung pada ASI atau susu formula sebagai sumber nutrisi utama, setidaknya selama 12 bulan pertama. Namun, ketika ia sudah mulai bisa mengunyah dan menelan dengan baik, bunda bisa coba untuk mulai memberikannya tambahan makan lain, yaitu bubur bayi.

Mungkin Anda akan langusng berpikir untuk memberikan bubur nasi kepada bayi Anda. Namun, ternyata hal tersebut merupakan langkah kurang tepat! Walaupun nasi kaya akan zat besi, tetapi nasi mengandung banyak bakteri patogen, termasuk E. coli.

Jika kita melihat enzim dalam sistem pencernaan bayi, zat protein dan lemak adalah pilihan yang lebih dibutuhkan dan jauh lebih aman. Ada beberapa kriteria bubur bayi sehat yang bisa menjadi pilihan konsumsi sehari-hari:

1. Daging + Hati

Tentunya Anda harus memiliki daging dan hati yang memiliki kualitas tinggi. Daging adalah sumber alami zat besi, yang sangat dibutuhkan bayi. Selain itu, daging juga menjadi sumber protein lengkap. Tidak seperti beras, kacang-kacangan, dan sayuran yang menyediakan lebih banyak kalori dan nutrisi per ons daripada makanan lain.

Jika Anda ingin membuatnya, mudah, kok! Pertama-tama, masak daging atau hati sapi yang diberikan makan rumput setiap hari. Kemudian, parut menjadi potongan kecil yang sekiranya bisa dikunyah dengan mudah oleh bayi. Campurkan ke dalam kaldu dan sajikan.

2. Pisang dan Alpukat

Dua buah ini memiliki tekstur yang mudah dicerna oleh bayi. Alpukat juga memiliki zat lemak yang bermanfaat bagi bayi dan sumber alami untuk folat, zat besi, serat, kalium, serta magnesium.

Cara membuat bubur bayi sehat ini, hancurkan buah pisang dan alpukat sampai halus. Jika rasa buah dirasa terlalu manis, Anda juga bisa mencampurkan bubur buah ini dengan daging dan hati, lho!

3. Sayur-sayuran dengan Mentega

Sayur-sayuran memiliki kandungan nutrisi yang jauh lebih tinggi daripada biji-bijian. Sayuran juga memiliki resiko lebih rendah terhadap reaksi alergi yang bisa timbul oleh bayi.

Cara termudah untuk membuat bubur dari bahan ini adalah menambahkan potongan kecil sayuran yang sudah dicincang ke dalam kaldu. Kemudian, rebus sayuran tersebut hingga lunak.

Bagaimana, mudah sekali bukan? Ini baru sedikit referensi pilihan bubur bayi sehat yang bisa Anda coba untuk menjaga asupan nutrisi si kecil setiap hari. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter anak untuk kombinasi bubur bayi lainnya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

TP/PJ/MA

Referensi