Buang Air Kecil Setelah Bercinta Ternyata Menyehatkan

buang air kecil setelah bercinta

Buang air kecil setelah bercinta rupanya merupakan hal yang lumrah terjadi setelah Anda selesai berhubungan intim. Rupanya, hal tersebut merupakan respon dari organ seksual untuk membersihkan kuman dan bakteri yang tak sengaja masuk, termasuk sisa sperma yang tertinggal saat ejakulasi terjadi.

Go DokMungkin, banyak dari Anda yang khawatir karena sering merasa kebelet buang air kecil setelah melakukan hubungan intim dengan pasangan. Jangan khawatir, ternyata buang air kecil setelah bercinta merupakan salah satu kegiatan yang menyehatkan lho!

Memang, apa yang menjadi penyebab seseorang ingin buang air kecil setelah bercinta?

Pada dasarnya, buang air kecil sesaat setelah bercinta, terutama setelah ejakulasi dan mencapai orgasme merupakan hal yang umum dan normal, baik pada pria maupun wanita. Karena saat Anda bercinta, semua bakteri dan mikroba di rektum dan alat genital tentu akan berkumpul di uretra. Berkumpulnya bakteri dan mikroba inilah yang menyebabkan berbagai macam masalah pada saluran kencing.

Maka dari itu, secara alamiah, kencing setelah ejakulasi atau orgasme merupakan cara tubuh kita untuk membersihkan saluran kencing dari sperma atau semen yang menempel. Sedang pada wanita, buang air kecil setelah bercinta diperlukan untuk membuang kotoran yang tak sengaja masuk ke dalam vagina saat melakukan penetrasi. Maka, pada perempuan, sebenarnya buang air kecil sesaat setelah bercinta amatlah disarankan.

Apalagi, setelah ejakulasi, terjadi kontraksi di otot-otot saluran kemih yang memicu rasa ingin buang air kecil setelah bercinta. Apabila Anda buang air kecil dengan jumlah yang cukup banyak tanpa mengalami rasa nyeri dan perih, maka tak ada yang perlu dirisaukan.

Namun kadang kala, setelah bercinta, Anda merasakan perih ketika Anda buang air kecil. Tenang saja, hal tersebut bukan berarti ada yang salah pada diri Anda. Bisa jadi, hal itu semata-mata karena kandung kemih Anda sudah terlalu penuh.

Namun memang, rasa nyeri yang muncul saat buang air kecil setelah bercinta atau masturbasi berkaitan dengan sejumlah faktor.

Berikut faktor yang mempengaruhi rasa nyeri saat buang air kecil setelah bercinta:
  • Reaksi alergi pada lateks, pelumas, atau bahan-bahan yang terkandung pada alat bantu seks yang Anda gunakan selama bercinta.
  • Inflamasi pada uretra, kelenjar prostat, atau infeksi saluran kencing.
  • Penularan penyakit menular seksual (PMS) dari pasangan Anda seperti gonorea dan klamidia, yang dapat menyebabkan rasa nyeri saat buang air kecil terutama pada pria.
  • Kerusakan pada uretra yang terjadi pada saat bercinta atau masturbasi.

Sangat disarankan bagi Anda yang mengalami nyeri saat buang air kecil, apalagi setelah bercinta untuk segera menghubungi dokter. Hal ini disarankan, karena ada pula kemungkinan terjadi infeksi saluran kemih atau adanya batu di kandung kemih.

Nah, sekarang sudah tahu kan mengapa buang air kecil setelah bercinta amat disarankan? Ingat, menjaga kebersihan area pribadi sebelum, saat, dan setelah berhubungan seksual amatlah penting. Kebersihan area genital merupakan kunci dari hubungan seks yang sehat, dan menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit. Semoga bermanfaat!

 

Baca juga:

 

Jangan ragu untuk selalu gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk berkonsultasi dengan dokter online yang siap siaga 7×24 jam. Segera download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.

PE/PJ/TP

Referensi