Buah yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung

Kesehatan jantung harus menjadi prioritas Anda untuk selalu menjaganya. Cara agar jantung tetap sehat salah satunya dengan perbanyak mengonsumsi buah-buahan yang baik untuk kesehatan jantung. Dengan begitu, Anda pun dapat meminimalisir risiko penyakit jantung yang bisa menyarang kapan pun.

 

Go Dok Penyakit jantung menyumbang hampir sepertiga dari semua kematian di seluruh dunia. Pola makan memainkan peran utama dalam kesehatan jantung dan dapat memengaruhi risiko penyakit jantung Anda. Bahkan, makanan tertentu dapat memengaruhi tekanan darah, trigliserida, kadar kolesterol dan peradangan, yang semuanya merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Meskipun Anda mungkin tahu bahwa mengonsumsi makanan tertentu dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, seringkali sulit untuk mengubah kebiasaan makan Anda.Jika Anda ingin menuju diet yang sehat untuk jantung, mulailah dengan mengonsumsi buah-buahan. Buah-buahan adalah sumber vitamin dan mineral yang baik.

Buah-buahan juga rendah kalori dan kaya serat makanan. Buah-buahan, seperti tanaman lain atau makanan nabati, mengandung zat yang dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Makan lebih banyak buah dapat membantu Anda mengurangi makanan berkalori tinggi, seperti daging, keju, dan makanan ringan.

Apa saja sih buah yang baik untuk kesehatan jantung?

Berikut ini ada beberapa buah yang dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Selain baik bagi kesehatan jantung masing-masing buah ini sarat dengan nutrisi yang dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah dan membantu Anda menurunkan berat badan.

1. Buah Beri

Ada bermacam-macam jenis beri seperti stroberi, blueberry, blackberry dan raspberry. Buah beri kaya akan nutrisi penting yang memainkan peran sentral dalam kesehatan jantung. Buah beri juga kaya antioksidan seperti anthocyanin, yang melindungi terhadap stres oksidatif dan peradangan yang berkontribusi pada perkembangan penyakit jantung.Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi buah beri dapat mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung.Buah beri bisa menjadi camilan yang memuaskan atau makanan pencuci mulut rendah kalori yang lezat.

2. Alpukat

Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik bagi kesehatan jantung, yang telah dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Alpukat juga kaya potasium, nutrisi yang penting untuk kesehatan jantung. Bahkan, dalam satu buah alpukat mengandung 975 miligram potasium, atau sekitar 28% dari jumlah yang Anda butuhkan dalam sehari. Karena kandungan baik yang terdapat dalam alpukat sehingga buah yang satu ini dapat membantu menurunkan kolesterol, tekanan darah dan risiko sindrom metabolik.

3. Tomat

Tomat mengandung lycopene, pigmen tumbuhan alami dengan sifat antioksidan kuat. Antioksidan membantu menetralkan radikal bebas yang berbahaya, mencegah kerusakan oksidatif dan peradangan, yang keduanya dapat berkontribusi terhadap penyakit jantung. Suatu ulasan dari 25 penelitian menunjukkan bahwa asupan tinggi makanan yang kaya likopen dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan stroke.

4. Jeruk

Buah yang sering dijadikan jus ini memiliki serat pektin yang dapat melawan kolesterol. Buah jeruk juga memiliki potasium, yang membantu mengontrol tekanan darah. Dalam sebuah penelitian, 2 cangkir orange juice sehari meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan juga menurunkan tekanan darah pada pria.

5. Ceri

Buah ceri mengandung antioksidan yang disebut anthocyanin. Kandungan ini dipercaya untuk membantu melindungi pembuluh darah.

6.  Apel

Ada bermacam varietas apel. Yang harus anda perhatikan ketika membeli apel yaitu pilihlah yang kulitnya berkilau, keras dan bebas memar. Kandungan flavonoid dalam apel dapat menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi adhesi platelet di arteri, menurunkan kolesterol.

7. Aprikot

Buah aprikot mengandung vitamin A, C, E, dan K, serat dan karotenoid. Saat membeli aprikot, carilah buah yang segar, keras, penuh warna oranye atau kuning-oranye.

8. Pisang

Di dalam buah pisang terkandung vitamin B6 dan serat. Potasium dan magnesium di dalam pisang dapat menurunkan tekanan darah.

9. Blewah

Buah ini mengandung vitamin A, B6, dan C; folat; kalium; serat yang baik untuk kesehatan jantung.

10. Jeruk bali

Jeruk yang satu ini memiliki kandungan vitamin C, kalsium, flavonoid dan kalium. Kalsium, dengan kalium dan magnesium, membantu menurunkan tekanan darah.

11. Kiwi

Di dalam buah kiwi terdapat vitamin C dan E , serat dan magnesium yang dapat mendukung kesehatan jantung Anda.

12. Pepaya

Setengah pepaya dengan jus jeruk nipis sangat bagus untuk sarapan. Buah pepaya mengandung vitamin A, C, dan E, folat, kalsium, magnesium dan kalium. Baik bagi Anda untuk memilih makanan utuh yang kaya folat, atau asam folat, sebelum mempertimbangkan suplemen untuk mengurangi homocysteine.Vitamin E sebagai antioksidan untuk mengurangi oksidasi kolesterol LDL.

13. Persik

Buah persik mengandung vitamin C, E, dan K, serat dan kalium yang baik bagi jantung.

Lalu, bagaimana  penyajian buah yang tepat?

Setelah mengetahui buah-buahan yang baik untuk kesehatan jantung Anda, untuk mendapatkan hasil maksimal dari setiap potongan buah yang Anda makan, ada baiknya ikuti saran-saran penyajian ini:

  • Pilihlah buah yang masih segar dan utuh, belum dikemas dalam kaleng, beku, atau pun jus buah.
  • Usahakan setidaknya tiga porsi setiap hari.
  • Untuk mengontrol gula darah atau trigliserida, makan buah utuh daripada minum jus buah.

Semoga informasi tentang 13 buah yang baik untuk jantung ini beserta saran penyajiannya ini dapat membantu Anda memiliki diet yang mendukung kesehatan jantung Anda. Salam sehat!

Baca juga:

Jangan ragu untuk selalu gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk berkonsultasi dengan dokter online yang siap siaga 7×24 jam. Segera download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.

TS/PJ/MA

Referensi