Buah untuk Penderita Diabetes yang Baik Dikonsumsi

Buah untuk penderita diabetes

Buah untuk penderita diabetes ; Tidak semua buah bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes. Karena, buah juga mengandung glukosa atau gula yang menjadi pantangan penderita diabetes. Hanya buah dengan kada gula rendah yang baik dikonsumsi penderita diabetes.

 

Go DokSiapa yang masih meragukan khasiat dan manfaat buah-buahan bagi tubuh? Setiap orang butuh buah untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral harian  mereka. Khasiat dan manfaat buah juga perlu didapatkan para penderita diabetes, lho.

Menurut American Diabetes Association (ADA), kandungan vitamin, mineral, dan serat alami yang ada pada buah dapat membantuk proses penyembuhan bagi para penderita diabetes. Apalagi buah yang kaya antioksidan, dipercaya mampu mencegah kerusakan sel yang diakibatkan oleh penyakit diabetes.

Namun perlu diperhatikan, tidak semua buah baik dan disarankan dikonsumi oleh penderita diabetes. Sudah tahu dong, buah juga mengandung glukosa atau gula yang sebenarnya menjadi ‘musuh’ bagi penderita diabetes. Artinya, hanya jenis buah dengan kadar gula rendah yang baik dikonsumi bagi penderita diabetes. Mau tahu, apa saja buah untuk penderita diabetes yang baik untuk dikonsumsi ?

Yuk, simak terus artikel ragam buah untuk penderita diabetes di bawah ini, ya!

Buah beri

Buah untuk penderita diabetes pertama yaitu ragam buah yang berasal dari keluarga beri, karena kaya dengan antioksidan. Seperti yang sudah disebutkan, antioksidan baik untuk mencegah kerusakan sel yang terjadi di dalam tubuh. Selain itu, setiap 100 gram buah beri hanya mengandung 16 gram karbohidrat sehingga tidak melewati batas konsumsi karbohidrat harian penderita diabetes.

Bagi yang belum tahu, penderita diabetes hanya boleh mengkonsumsi 45 gram karbohidrat untuk setiap kali waktu makan, termasuk makanan pendamping seperti buah-buahan.

Ceri

Menurut penelitian, di dalam buah ceri terdapat kandungan antosianin yang dapat meningkatkan fungsi pankreas dalam menghasilkan insulin hingga 50%. Selain itu, ceri juga mengandung zat anti inflamasi yang baik untuk meredakan radang pada tubuh.

Satu hal yang perlu diperhatikan, selalu pilih ceri masam ya, karena dinilai lebih baik untuk dikonsumsi penderita diabetes dibandingkan yang manis.

Pir

Selanjutnya, buah untuk penderita diabates yaitu pir. Seperti yang sudah Anda ketahui, penyakit diabetes menggangu sistem metabolisme tubuh karena mengganggu fungsi pankreas untuk menghasilkan insulin yang dibutuhkan tubuh. Buah pir mengandung flavonoid yang dapat membantu tubuh dalam meningkatkan sensitifitas insulin, lho.

Jeruk

Pantas saja, buah jeruk hampir selalu ada di dalam kulkas keluarga. Selain kaya akan vitamin C yang baik untuk sistem imun tubuh, jeruk juga mengandung folat dan potasium yang dapat membantu menetralkan aliran darah. Jeruk juga rendah akan karbohidrat, yaitu hanya 15 gram dalam 100 gram buah jeruk.

Kiwi

Terakhir, buah untuk penderita diabetes yaitu buah kiwi. Selain dikenal dengan rasa masam yang khas, buah yang menjadi khas dari Negara Selandia Baru ini juga baik untuk penderita diabetes. Pasalnya, di dalam buah kiwi mengandung inositol yang baik untuk mengatur kadar glukosa dalam darah. Selain itu, kandungan potasium dalam buah kiwi juga bagus untuk mengatur tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

Selain yang telah disebutkan di atas, buah zaitun, belimbing, semangka, melon, dan peach juga dipercaya sebagai buah untuk penderita diabetes yang baik untuk dikonsumsi. Pasalnya, dalam 100 gram buahnya hanya mengandung kurang dari 10 gram karbohidrat.

Selain itu, hal lainnya yang perlu diingat adalah, tidak disarankan untuk mengonsumsi buah dalam bentuk jus. Artinya, selalu mengonsumsinya dalam kondisi utuh, ya, karena produk dalam bentuk jus dinilai mengandung gula yang lebih tinggi dibanding dalam kondisi utuh.

Baca juga:

Atasi permasalahan kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya jawab seputar penanganannya dengan Tim Dokter Go Dok. Download aplikasi Go Dok di sini.