Buah Semangka; Si Segar yang Punya Segudang Manfaat

Buah semangka

Buah semangka  mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi serta kalori dengan jumlah kecil sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat semangka yang akan kamu dapat mencegah asma, tekanan darah, pencernaan, menjauhi dehidrasi hingga menjaga kesehatan kulit.

 

Go DokMeskipun banyak yang meyakini buah semangka hanya mengandung air dan gula, buah ini sebenarnya adalah makanan yang padat akan gizi. Semangka menyediakan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi serta mengandung kalori dengan jumlah kecil.

Buah ini adalah anggota dari keluarga botani Cucurbitaceae dan memiliki lima jenis. Jenis-jenis tersebut adalah semangka biji, tanpa biji, mini, kuning, dan oranye.

Fakta-fakta seputar buah semangka

Nah, sebelum membahas manfaat yang terkandung dalam buah semangka, ada baiknya untuk mengetahui fakta-fakta tentang semangka.

  1. Semangka telah dibudidayakan selama ribuan tahun loh!
  2. Lebih dari 90% persen kandungan pada buah semangka adalah air.
  3. Menurut FAO, negara Tionghoa merupakan produsen utama buah semangka, dengan jumlah 75 juta semangka diproduksi pada tahun 2014.
  4. Semangka diperkirakan dapat meredakan kondisi seperti asma, kanker, dan peradangan.

Analisis yang dilakukan oleh International Journal of Nutrition and Food Sciences, biji semangka juga memiliki manfaat loh! Biji semangka diyakini memiliki kandungan gizi yang tinggi, terutama jika mereka bertunas dan dikupas. Biji semangka memiliki kandungan tinggi akan protein, magnesium, vitamin B dan lemak baik.

Lalu, apa saja manfaat buah semangka?

Sudah mulai penasaran dengan manfaat buah semangka? Yuk simak manfaatnya di bawah ini:

1. Mencegah asma

Bagi Anda yang mengidap asma, semangka dapat mencegah munculnya penyakit ini. Karena, semangka memiliki nutrisi yang dapat mencegah datangnya asma, yaitu vitamin C.

2. Tekanan darah

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Hypertension menemukan bahwa suplemen dari ekstrak semangka dapat meningkatkan kesehatan pada sistem peredaran darah orang dewasa. Semangka juga dapat mengurangi risiko terkena obesitas dan prehipertensi atau hipertensi tahap 1.

3. Kanker

Sebagai sumber vitamin dan C antioksidan yang tinggi, buah semangka dapat membantu memerangi pembentukan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu, asupan likopen dapat menurunkan risiko kanker prostat, lho.

4. Pencernaan

Kandungan serat dan air yang tinggi pada semangka dapat membantu mencegah konstipasi dan meningkatkan kebiasan buang air besar menjadi lebih rutin dan membuat saluran pencernaan lebih sehat.

 5. Menjauhi dehidrasi

Semangka memiliki kandungan air yang sangat tinggi, yaitu sebesar 92%, yang membuat semangka sebagai pereda dehidrasi. Pas sekali nih untuk dimakan ketika cuaca sedang panas-panasnya!

6. Peradangan

Kandungan kolin yang ditemukan pada semangka merupakan nutrisi yang sangat penting dan serbaguna. Karena, zat tersebut dapat membantu tubuh Anda ketika sedang tidur, melakukan gerakan otot, belajar, dan dalam meningkatkan memori. Kolin juga dapat membantu penyerapan lemak dan mengurangi peradangan kronis.

7. Nyeri otot

Baik dimakan langsung maupun dibuat jus, buah semangka telah terbukti dapat mengurangi rasa nyeri otot dan meningkatkan waktu pemulihan setelah berolahraga. Hal ini disebabkan oleh asam amino L-citrulline yang terkandung dalam semangka.

8. Kulit

Kandungan vitamin A dan C pada buah semangka sangat baik untuk kulit Anda. Karena, vitamin A dibutuhkan untuk produksi sebum dan dapat menjaga kelembapan rambut. Sedangkan asupan vitamin C yang cukup juga diperlukan oleh tubuh untuk membangun dan memelihara kolagen. Sudah enak, dapat mempercantik diri lagi!

Itu dia 8 manfaat yang terkandung dalam buah semangka. Selalu jaga kesehatan dengan banyak mengonsumsi buah-buahan ya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

GA/PJ/MA

Referensi