Buah dengan protein tinggi Sebagai Alternatif Camilan

buah dengan protein tinggi

Buah dengan protein tinggi bisa Anda konsumsi sebagai camilan sehat ketika Anda mulai lapar. Walaupun protein dalam buah-buahan ini tidak setinggi protein dalam telur. Namun, dengan mengonsumsi buah-buahan ini setidaknya tubuh Anda telah diisi dengan protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

Go DokPernahkah Anda bertanya mengapa kita harus mengonsumsi protein? Jawabannya adalah karena protein adalah zat penting yang diperlukan tubuh untuk membentuk beberapa bagian tubuh seperti contohnya kuku dan rambut. Otot, enzim, hormon, tulang, kulit, dan darah pun tidak luput dari peranan protein.

Selain itu, protein juga digunakan tubuh untuk memperbaiki jaringan sel-sel yang rusak. Protein termasuk dalam kategori macro nutrisi yang berarti tubuh memerlukan nutrisi ini dalam jumlah yang relatif besar.

Tidak seperti lemak dan kabrohidrat yang bisa disimpan didalam tubuh, asupan protein harus terus dilakukan agar tidak kehabisan supply pada saat dibutuhkan tubuh. Lalu, bagaimana caranya agar asupan nutrisi trus terpenuhi? Salah satu caranya adalah dengan rajin mengonsumsi buah.

Berikut 8 buah dengan  protein tinggi yang dibutuhkan tubuh Anda!

1. Jambu

Buah yang banyak ditemukan di negara tropis ini bisa menjadi salah satu asupan protein harian. Rasanya yang manis dan sedikit asam, cocok menjadi pendamping makanan sehari-hari. Mengonsumsi jambu juga memiliki banyak cara seperti dijadikan jus, rujak, ataupun smoothie.

Selain protein, jambu juga mempunyai kandungan fiber dan nutrisi-nutrisi lainnya yang bagus untuk tubuh contohnya vitamin C.

2. Tomat

Tomat juga jadi salah satu buah dengan protein tinggi, lho. Buah yang banyak menjadi bahan masakan ini merupakan sumber protein yang sering di konsumsi di Indonesia.

Cara mengonsumsinya pun beragam, mulai dari dijadikan jus, dimasukan ke dalam sup, atau bahkan dimakan secara langsung. Kandungan lainnya adalah vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata.

3. Alpukat

Satu alpukat mengandung empat gram protein. Hal ini menjadikan alpukat sebagai salah satu buah dengan protein tertinggi.  Alpukat dapat disajikan dalam bentuk salad atau smoothie jika memang ingin tekstur yang lebih lembut.

Selain kaya protein, alpukat juga mempunyai kandungan lemak baik yang berguna bagi kesehatan lambung sekaligus yang akan membuat perut merasa kenyang lebih lama.

4. Nangka

Buah yang memiliki bau yang khas dan tajam ini juga dapat dijadikan alternatif sumber protein. Vitamin C dan fiber juga banyak terkandung di buah yang sering dijumpai di Indonesia ini.

Salah satu ciri khas buah nangka yang mungkin tidak kalah pentingnya adalah kandung potasium, yang di setiap penyajiannya dapat langsung memenuhi kebutuhan potasium harian.

5. Apricot

Dalam memproduksi protein, buah ini tergolong ke salah satu yang unik karena protein bisa semakin banyak dihasilkan jika buah ini dihidangkan dalam keadaan kering.

 Selain mengandung banyak protein, buah yang tidak terlalu familir di masyarakat Indonesia ini kaya akan vitamin A dan C yang befungsi sebagai anti oksidan yang melindungi kulit dari kerusakan.

6. Kiwi

Perpaduan rasa asam dan manis membuat buah kiwi menjadi salah satu favorit orang-orang Indonesia. Dengan demikian, memenuhi kebutuhan protein harian tidaklah sulit.

Cukup dengan menambahkan kiwi pada daftar makanan wajib harian Anda. Kiwi juga mengandung vitamin C, E, dan K yang baik bagi kesehatan.

7. Blackberry

Asupan dua gram protein tambahan dapat didapatkan dengan cara mengkonsumsi satu cangkir blackberry. Kandungan lain yang baik dari buah ini adalah vitamin C, vitamin E, vitamin K kalsium, dan juga folat.

8. Pisang

Buah dengan protein tinggi yang terakhir adalah pisang. 1.3 gram protein bisa didapatkan disetiap konsumsi dalam jumlah yang cukup. Pisang juga memiliki kandungan potasium yang bisa melancarkan pencernaan dan menjaga tekanan darah.

Setelah mengetahui 8 buah dengan protein tinggi di atas. Jadi, buah apa yang sudah dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein hari ini?

 

Baca juga:

Kini Anda bisa tanya dokter gratis lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.