Bisakah Dehidrasi Menyebabkan Kram Perut?

Dehidrasi menyebabkan kram

Dehidrasi menyebabkan kram, bisakah? Jawabannya adalah iya. dehidrasi merupakan salah satu faktor yang meningkatkan risiko Anda dalam terkena kram otot perut. Banyak atlet yang kelelahan dan tidak minum cukup kemudian menderita kram otot.

Go DokSaat di tengah aktivitas olahraga, pernahkah Anda tiba-tiba merasa nyeri di bagian perut dan sekitarnya? Ya, kemungkinan besar Anda mengalami kram pada otot perut. Kondisi ini seringkali terjadi pada seseorang saat berolahraga, atau setelah berolahraga.

Tak hanya itu, kram juga kadang terjadi saat Anda duduk terlalu lama, dan berdiri tiba-tiba. Nah, salah satu rumor yang beredar adalah, bahwa dehidrasi merupakan salah satu hal yang menyebabkan kram perut.

Seberapa banyak kebenaran yang terkandung pada rumor ini? Benarkah dehidrasi menyebabkan kram perut? Untuk menjawabnya, yuk simak penjelasan lengkap berikut ini!

Apa itu kram perut?

Sebelum membahas tentang bisakah dehidrasi menyebabkan kram perut, ada baiknya Anda mengenal definisi kram perut itu sendiri. Kram perut, atau kram otot pada perut merupakan kontraksi yang mendadak dan terjadi di luar kontrol tubuh Anda.

Meskipun tidak termasuk kondisi yang berbahaya, namun kram otot dapat menimbulkan rasa nyeri yang cukup hebat. Ditambah lagi, Anda tidak akan mampu menggerakkan otot yang terkena kram selama beberapa saat.

Terlalu lama dan terlalu keras berolahraga atau melakukan pekerjaan berat, terutama pada cuaca yang panas, bisa menyebabkan kram otot perut. Selain itu, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh penggunaan obat-obatan tertentu atau kondisi kesehatan tertentu.

Lalu, benarkah dehidrasi menyebabkan kram perut?

Jawabannya adalah, ya. Dehidrasi bisa menjadi salah satu pemicu atau penyebab terjadinya kram otot perut. Perlu Anda ketahui, bahwa dehidrasi merupakan suatu kondisi di mana tubuh Anda tidak mendapat asupan cairan yang cukup.

Hal ini jika dibiarkan, terutama dalam cuaca panas, bisa menyebabkan Anda pusing bahkan pingsan. Menurut Mayo Clinic, dehidrasi merupakan salah satu faktor yang meningkatkan risiko Anda dalam terkena kram otot perut. Banyak atlet yang kelelahan dan tidak minum cukup kemudian menderita kram otot.

John Higgins, M.D., seorang profesor asosiasi di bidang pengobatan kardiovaskular dari University of Texas, menjelaskan bahwa dehidrasi hanyalah salah satu penyebab minor dari kram perut. Hal ini bisa terjadi saat di tengah cuaca yang panas, Anda berolahraga terlalu keras, dan kurang minum.

Higgins mengatakan bahwa semakin panas badan Anda, semakin keras otot Anda bekerja, maka semakin besar risiko Anda dalam terkena kram otot perut. Pasalnya, kram merupakan efek langsung dari tubuh saat menjadi terlalu panas dan tidak mendapat asupan cairan yang cukup.

Selain kekurangan cairan, kekurangan sodium dan potasium juga bisa menyebabkan Anda terkena kram perut.

Tak hanya di cuaca panas, bahkan di cuaca yang relatif sejuk pun, Anda bisa mengalami dehidrasi jika tidak minum cairan dalam jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh. Menurut Higgins, kram perut yang disebabkan oleh gabungan cuaca panas, kerja otot yang terlalu keras, serta dehidrasi, masih tergolong kram otot ringan. Kondisi ini akan lebih cepat hilang dibandingkan jenis kram otot dengan penyebab lain.

Nah, apa solusinya?

Setelah mengetehaui penyebab dehidrasai menyebabkan kram perut kita harus mengetahui solusinya. Jangan memaksakan diri berolahraga terlalu keras, tanpa mengonsumsi cairan yang cukup. Jika Anda berolahraga di bawah cuaca yang terlalu panas, pastikan Anda selalu membawa sebotol besar air minum dan mengonsumsinya secara berkala.

 Jika Anda menjaga tubuh untuk tetap terhidrasi dengan baik, maka Anda juga akan mengurangi risiko serangan panas dan kram otot, serta membantu tubuh sembuh lebih cepat jika menderita kram otot perut.

Nah, itu dia serba-serbi mengenai dehidrasi menyebabkan kram perut. Semoga bermanfaat, ya!

 

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/JJ/MA

Referensi