Berikut 4 Cara Terbaik Mengonsumsi Buah

cara terbaik mengonsumsi buah

Go DokCara terbaik mengonsumsi buahBanyak yang bilang, mengonsumsi buah merupakan salah satu pola hidup sehat yang harus segera Anda adopsi. Benarkah hal tersebut? Tentu saja benar! Buah-buahan mengandung kadar glukosa alami yang senantiasa mampu memenuhi kebutuhan gula tubuh Anda. Tak hanya itu, kandungan vitamin, mineral, serta serat yang terdapat di dalamnya juga efektif dalam menjaga tubuh tetap sehat, serta meningkatkan kekuatan sistem imun yang diperlukannya guna memerangi berbagai penyakit. Begitu banyak manfaat baik buah-buahan, yang tak akan habis meskipun disebutkan satu per satu di sini.  Nah, demi mendapatkan manfaat sehat tersebut, Anda harus tahu bagaimana cara terbaik mengonsumsi buah.

Berikut adalah 4 cara terbaik mengonsumsi buah untuk Anda :

1. Memakannya secara utuh

Cara terbaik mengonsumsi buah yang nomor satu tentu adalah memakannya secara langsung. Kupas kulitnya, cuci buah dengan air bersih jika diperlukan, lalu makanlah potong demi potongnya. Dengan cara ini, seluruh kebaikan buah yang Anda makan akan langsung masuk ke dalam tubuh. Baik itu serat yang memuluskan jalannya pencernaan, kandungan glukosanya, hingga keseluruhan vitamin, mineral, serta antioksidan yang dikandungnya. Tak hanya itu, mengonsumsi buah secara utuh, tanpa modifikasi, juga akan membuat Anda lebih kenyang dan mencegah Anda cepat lapar sehingga keinginan mengemil tak sehat pun dapat ditahan. Nah, waktu  terbaik untuk mengonsumsi buah adalah di pagi hari, sebagai sarapan setelah meminum segelas air putih. Hindari memakannya setelah sarapan atau makan berat, sebab cara ini membuat buah tidak dapat dicerna secara baik. Jika ingin memakannya sebagai pencuci mulut, sebaiknya tunggu selama 30 menit dulu, ya!

2. Smoothie

Mengonsumsi buah sebagai smoothie merupakan cara yang lebih baik dibandingkan mengonsumsinya sebagai jus. Menjadikan buah sebagai smoothie, dengan menggunakan mesin pengompres buah, memberikan Anda lebih banyak manfaat baik buah-buahan dibandingkan jus. Pasalnya, smoothie dibuat dengan kandungan buah dan air yang jauh lebih sedikit.

3. Menjadikannya salad buah

Cara terbaik mengonsumsi buah yang terakhir adalah menjadikannya salad buah, atau menjadikannya campuran di mangkuk salad Anda. Mengonsumsi salad buah memiliki manfaat baik yang hampir sama besarnya dengan mengonsumsi buah secara utuh. Dengan cara ini, kandungan serat, vitamin, dan mineral akan tetap utuh dan tidak berkurang kadarnya. Apalagi jika Anda mengonsumsi salad buah yang juga dicampur dengan berbagai sayuran, wah manfaat sehatnya banyak sekali, mulai dari memperkuat sistem imun, hingga mencegah kanker! Tak hanya itu, salad buah juga bisa menjaga berat badan dan membuat Anda lebih kenyang. Hebat, bukan?

4. Meminumnya sebagai jus buah

Cara terbaik mengonsumsi buah yang terakhir adalah dengan menjadikannya jus, lalu meminumnya. Tentu saja cara ini tidak akan sebaik jika Anda memakan buah secara langsung. Pasalnya, kandungan serat dan mineral di dalam buah akan berkurang banyak, dan justru kadar gula di dalamnya bertambah. Namun, bagi Anda yang tidak suka mengonsumsi buah secara langsung, menjadikannya jus merupakan pilihan terbaik. Hanya saja, ingatlah untuk tidak membeli jus buah di kedai-kedai minuman, karena biasanya mereka menambahkan banyak pemanis tambahan di dalam jus. Alih-alih, buatlah jus sendiri, dengan tidak terlalu banyak menambahkan air serta gula. Jus yang kental memiliki manfaat yang lebih baik bagi tubuh Anda, terutama jika Anda juga menambahkan sedikit sayuran di dalamnya.

Nah, itu dia 4 cara terbaik mengonsumsi buah yang patut Anda coba! Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Atasi permasalahan kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya jawab seputar penanganannya dengan Tim Dokter Go Dok. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi