Berat Badan Ideal Bayi Baru Lahir Hingga 2 Tahun

Berat badan ideal bayi

Berat badan ideal bayi tentunya ditentukan oleh kondisi kehamilan sebelum melahirkan, seperti usia kehamilan, asupan nutrisi yang didapatkan ibu hamil, hingga jenis kelamin si buah hati. Namun, sebagian besar bayi yang baru lahir memiliki rata-rata berat badan pada rentang 2,6 kg hingga 3,8 kg.

 

Go Dok Setiap orangtua tentunya berharap anaknya terlahir dalam kondisi sehat hingga tumbuh besar kelak. Nah, salah satu yang menjadi perhatian utama adalah berat badan ideal bayi yang baru saja lahir. Ukuran tersebut dapat menjadi tolok ukur apakah bayi dapat tumbuh dengan normal di kemudian hari, dengan organ tubuh yang tetap berfungsi normal seterusnya.

Pada dasarnya, pertumbuhan berat badan bayi sejak lahir hingga usia 2 tahun akan berbeda-beda, bergantung pada metabolisme dan garis keturunan yang didapatkan dari orangtua. Walau begitu, ukuran berat badan bayi yang baru lahir biasanya banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor yang terjadi selama fase kehamilan, nih.

Berikut faktor yang mempengaruhi kondisi berat badan ideal bayi yang baru lahir:

1. Usia kehamilan

Seperti yang Anda ketahui, kelahiran dapat terjadi setelah kehamilan berusia antara 38 hingga 42 minggu, atau tepatnya pada minggu ke-40. Nah, jika bayi Anda lahir lebih cepat dari rentang usia tersebut, cenderung melahirkan dengan usia yang lebih berat dibandingkan dengan bayi yang lahir prematur atau lebih cepat.

2. Jenis kelamin

Biasanya, bayi yang terlahir dengan jenis kelamin laki-laki memiliki berat tubuh di atas bayi dengan jenis kelamin perempuan, dengan usia kehamilan yang sama.

3. Asupan gizi selama kehamilan

Bunda pasti menyadari pentingnya menjaga asupan nutrisi selama 9 bulan kehamilan. Salah satu alasannya agar bayi dapat terlahir dengan berat badan yang ideal. Ibu yang mencukupi kebutuhan nutrisi bagi dirinya dan janin di dalam kandungan cenderung akan melahirkan bayi dengan berat badan yang ideal. Selain itu, bayi yang mendapatkan susu formula kemungkinan akan mengalami pertambahan berat badan yang lebih cepat dibandingkan bayi yang mendapatkan ASI eksklusif.

4. Merokok

Selain mengganggu kesehatan, bunda yang merokok akan melahirkan bayi yang cenderung kecil dan kurus karena faktor kebiasaan buruk tersebut.

5. Gestational diabetes

Selain alasan merokok, bunda yang menderita diabetes selama kehamilan juga cenderung akan melahirkan bayi dengan berat di atas rata-rata.

6. Kehamilan kembar

Walaupun presentase kehamilan kembar kurang dari 5%, bayi yang lahir bersamaan dengan kembarannya akan memiliki berat badan yang lebih kecil dan di bawah rata-rata.

Selain merujuk pada faktor di atas, WHO (World Health Organization) dan CDC (The Centers for Disease Control and Prevention) juga menggambarkan pertumbuhan berat badan bayi yang ideal. Lembaga kesehatan dunia tersebut menyebutkan kalau bayi yang baru lahir rata-rata memiliki berat badan sekitar 3,2 kg hingga 3,4 kg.

Ukuran ideal tersebut tidak bersifat absolut, mengingat faktor lainnya yang mempengaruhi kondisi bayi. Namun, bayi yang terlahir dengan berat badan antara 2,6 kg hingga 3,8 kg sudah bisa dikategorikan kalau kondisi tubuhnya sehat dan ideal. Sedangkan bayi yang lahir kurang dari 2,5 kg atau lebih dari 4,0 kg termasuk ke dalam kategori yang tidak ideal.

Pertumbuhan berat badan bayi tiap bulan

Selama beberapa hari pertama setelah terlahir ke dunia, biasanya bayi akan kehilangan sedikit bobot tubuhnya. Bayi yang minum susu formula biasanya akan kehilangan 5 persen dari berat badan awal, sedangkan bayi yang diberi ASI eksklusif bisa kehilangan hingga 10 persen dari berat awalnya. Namun tenang saja, berat badan bayi akan kembali normal dalam dua minggu ke depan.

Setelah usia kelahiran menginjak satu bulan, sebagian besar bayi akan mengalami pertambahan berat badan sekitar satu pon setiap bulan selama enam bulan pertama. Kemudian, antara enam bulan hingga usia satu tahun, kenaikan berat badan bayi akan sedikit melambat. Sebagian besar bayi akan memiliki berat badan dua kali lipat pada usia lima hingga enam bulan dan tiga kali lipat pada saat usia satu tahun, dibandingkan dengan berat badan mereka pada saat baru lahir.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, berat badan ideal bayi juga ditentukan oleh jenis kelaminnya. Jika diurutkan, bayi yang sudah menginjak usia enam bulan akan memiliki berat sekitar 7,3 kg pada bayi perempuan dan 7,9 kg untuk bayi laki-laki. Nah, ketika bayi sudah menginjak usia satu tahun, rata-rata akan memiliki bobot 8,9 kg pada bayi perempuan dan 9,6 kg pada bayi laki-laki.

Berikut tabel berat badan bayi berdasarkan usia dan jenis kelaminnya berdasarkan data dari The World Health Organization:

Usia

Bayi Laki-laki

Bayi Perempuan

Kelahiran

2,3 kg – 4,6 kg 2,3 kg – 4,4 kg

1-3 bulan

3,2 kg – 8,3 kg

3,0 kg – 7,8 kg

4-6 bulan

5,4 kg – 10,2 kg

4,8 kg – 9,7 kg

7-9 bulan

6,4 kg – 11,4 kg

5,8 kg – 11,0 kg

10-12 bulan

7,1 kg – 12,4 kg

6,4 kg – 12,0 kg

13-15 bulan 7,7 kg – 13,4 kg

7,0 kg – 12,9 kg

16-18 bulan

8,1 kg – 9,7 kg

7,4 kg – 13,8 kg

19-21 bulan

8,5 kg – 15,0 kg

7,9 kg – 14,6 kg

22-24 bulan

9,0 kg – 15,9 kg

8,3 kg – 15,5 kg

Jika kondisi berat badan ideal bayi Anda tidak berada di rentang tersebut, tidak usah khawatir. Hal tersebut masih umum terjadi jika berada pada rentang yang tidak terlalu jauh. Namun jika dirasa ada ketimpangan yang cukup besar, jangan ragu untuk segera menemui dokter anak. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kandungan Anda? Gunakan fitur ‘tanya Dokter’ untuk chat dokter seputar penanganannya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

 

TP/PJ/MA

Referensi