Bengkak pada Leher; Pilih Obat Gondok atau Obat Gondongan?

obat gondongan

Obat gondongan ; Gondok disebabkan oleh kelainan pada kelenjar tiroid yang bertugas mengatur sistem metabolisme dan keseimbangan hormon. Sedangkan, gondongan terjadi karena pembengkakan pada kelenjar parotis yang menghasilkan aiur liur atau saliva dalam rongga mulut. Yuk, mengenal obat gondongan!

 

Go DokKetika area leher Anda mengalami pembengkakan, tentu rasa khawatir langsung menerpa kan, mengingat begitu banyak kelenjar yang terdapat di dalamnya. Nah, ketika Anda pergi ke apotek untuk membeli obat, langsung dihadapkan oleh pilihan; membeli obat untuk gondok ataukah obat gondongan?

Memang, masih banyak orang yang sulit membedakan antara gondokan dengan gondongan. Walaupun sama-sama menyerang kelenjar di area leher, kedua penyakit ini sangatlah berbeda. Gondok disebabkan oleh kelainan pada kelenjar tiroid yang bertugas mengatur sistem metabolisme dan keseimbangan hormon. Sedangkan, gondongan terjadi karena pembengkakan pada kelenjar parotis yang menghasilkan air liur atau saliva dalam rongga mulut.

Nah, kategori manakah yang menyerang Anda? Jika Anda didiagnosis terkena gondongan, ada baiknya untuk membaca artikel di bawah ini, nih!

Mari mengenal obat gondogan besarta penjelasan medisnya!

Satu hal yang perlu Anda mengerti ialah gondongan disebabkan oleh virus yang sangat mudah tersebar pada sesama manusia melalui air liur, misalnya melalui batuk dan bersin, maupun berupa kontak fisik seperti berjabat tangan.

Nah, ketika Anda tertular virus ini dari orang lain, sejumlah gejala akan dirasakan, seperti rasa sakit saat menelan, demam dan pusing, kehilangan nafsu makan, lemah dan lesu, serta nyeri pada wajah bagian bawah dan samping.

Sayangnya, hingga saat ini tidak ada obat khusus untuk mengobati gondongan. Antibiotik yang efektif membunuh bakteri pun tidak bisa mengobatinya mengingat gondongan disebabkan oleh virus. Metode pengobatan yang bisa dilakukan hanyalah meredakan sakit akibat gejala gondongan seperti yang disebutkan di atas.

Untuk mengobati gejala tersebut, sejumlah obat generik untuk menghilangkan demam dan rasa nyeri berikut ini bisa Anda konsumsi:

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hingga saat ini belum ada obat gondongan yang terbukti ampuh untuk menghilangkan virusnya. Biasanya, gondongan ini akan menyerang seseorang selama kurang lebih 2 minggu hingga penyakit akhirnya hilang dengan sendirinya.

Maka dari itu, prosedur perawatan bisa dilakukan pasien untuk membantu mengembalikan sistem imun Anda. Sejumlah perawatan sebagai cara menyembuhkan gondongan bisa dilakukan seperti berikut:

  • Isolasi diri Anda atau anak Anda untuk mencegah penyebaran penyakit ke orang lain. Seseorang yang terserang gondongan dapat menularkan virus hingga seminggu setelah timbulnya gejala pertama.
  • Beristirahatlah ketika merasa lemas dan demam hingga gejala tersebut hilang.
  • Gunakan kompres air es untuk mengurangi rasa sakit pada kelenjar yang bengkak.
  • Minum banyak cairan untuk menghindari dehidrasi karena demam.
  • Berkumur dengan air garam hangat
  • Hindari makanan kerasyang mengharuskan untuk mengunyah. Sebagai gantinya, cobalah konsumsi sup, kentang tumbuk, oatmeal, yoghurt, dan makanan lain yang tidak perlu dikunyah. 
  • Hindari makanan dan minuman masam yang dapat merangsang produksi air liur dan menyebabkan rasa sakit pada kelenjar ludah.

Walaupun bisa hilang dengan sendirinya, gondongan juga dapat menyebabkan komplikasi hingga menyebabkan penyakit yang lebih parah. ada sejumlah penyakit komplikasi dari gondongan yang bersifat kronis:

  • Meningitis (infeksi cairan tulang belakang yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang)
  • Ensefalitis(infeksi otak yang membengkak dan menyebabkan masalah neurologis)
  • Orchitis(infeksi pada testikel pria yang mengalami pembengkakan) dapat terjadi pada 1 dari 5 pria dewasa dengan gondongan.
  • Oophoitis(pembengkakan sel indung telur) dapat terjadi pada 1 dari 20 wanita dewasa
  • Pankreatitis (radang pankreas) dapat terjadi pada 1 dari 20 kasus
  • Kehilangan fungsi pendengaran dapat terjadi bagi penderita gondongan, walaupun memang sangat jarang terjadi, yaitu hanya 1 dari 15.000 kasus
  • Keguguran dapat saja terjadi jika gondongan menyerang bunda di usia kehamilan 12-16 minggu pertama

Itulah sedikit informasi tentang penyebab, komplikasi, hingga obat gondongan yang bisa Anda konsumsi. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Atasi permasalahan kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya jawab seputar penanganannya dengan Tim Dokter Go Dok. Download aplikasinya di sini.