Benarkah Sering Buang Air Menjadi Gejala Sakit Ginjal?

gejala sakit ginjal

Gejala sakit ginjal dapat ditandai ketika terdapat darah saat buang air kecil. Selain itu, jumlah buih yang berlebihan saat buang air kecil juga menjadi tanda terlalu banyak protein yang terkandung dalam urin. Jangan lupa untuk selalu menjaga cairan tubuh dengan rutin meminum 8 gelas air setiap hari.

Go Dok Seperti yang telah kita ketahui, fungsi organ ginjal di dalam tubuh bertugas untuk menyaring darah dan membuang racun dari tubuh melalui urin. Mengingat pentingnya fungsi organ yang berjumlah sepasang ini bagi tubuh, tentunya Anda harus peka dalam menangkap gejala sakit ginjal agar metabolisme tubuh tetap terjaga.

Seperti organ lainnya di dalam tubuh, ginjal pun bisa terganggu fungsinya. Biasanya, ketika fungsi ginjal terganggu kita lebih sering menyebutnya dengan gagal ginjal.

Gagal ginjal biasanya terjadi ketika organ ini kehilangan kemampuan untuk menyaring racun dari dalam darah secara optimal. Nah ketika seseorang sudah kehilangan fungsi ginjal secara total, mau tidak mau harus menjalani prosedur cuci darah, lho!

Biasanya, ginjal dapat terganggu fungsinya karena disebabkan faktor-faktor berikut:

  • Paparan racun terhadap pencemar lingkungan atau obat-obatan tertentu
  • Penyakit akut dan kronis tertentu
  • Dehidrasi berat
  • Trauma ginjal

Nah, agar metabolisme tubuh tetap terjaga, berikut gejala sakit ginjal yang harus Anda ketahui sejak dini!

  1. Lebih sering buang air kecil

Jika Anda merasa perlu buang air kecil lebih sering, terutama pada malam hari, ini bisa menjadi salah satu gejala sakit ginjal. Ketika fungsi penyaring pada ginjal rusak, maka peningkatan dorongan untuk buang air kecil akan semakin besar. Kondisi ini juga bisa menjadi tanda infeksi saluran kandung kemih atau pembesaran prostat pada pria.

  1. Buang air kecil berdarah

Ginjal yang sehat biasanya menyimpan sel-sel darah pada tubuh ketika menyaring ingin limbah dari darah untuk membuat urin. Namun, ketika saringan pada ginjal rusak, maka sel-sel darah ini mulai “bocor” dan keluar ketika Anda buang air kcil. Selain itu, darah dalam urin dapat menjadi indikasi tumor, batu ginjal, atau infeksi.

  1. Air urin berbusa

Gelembung yang berlebihan dalam urin, terutama yang mengharuskan Anda untuk menyiram beberapa kali, menunjukkan adanya protein dalam urin. Busa ini mungkin terlihat seperti busa ketika sedang mengocok telur. Karena, protein umum yang ditemukan dalam urin tersebut adalah protein yang sama yang ditemukan pada telur.

  1. Mudah lelah dan memiliki energi lebih sedikit atau kesulitan berkonsentrasi

Penurunan fungsi ginjal yang parah dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran pada darah. Hal ini dapat menyebabkan seseorang merasa lelah, lemah dan dapat membuatnya sulit berkonsentrasi. Komplikasi lain dari penyakit ini adalah anemia, yang dapat menyebabkan tubuh menjadi lebih mudah dan sering mengalami kelelahan.

  1. Kesulitan tidur

Ketika ginjal bekerja dengan baik, racun akan tetap berada di dalam darah dan tidak keluar dari tubuh melalui urin. Hal ini dapat menyebabkan seseorang sulit untuk tidur.

  1. Kulit kering dan gatal

Selain membuang kotoran dan cairan berlebih dari tubuh, ginjal juga membantu tubuh untuk menciptakan sel darah merah. Ginjal juga membantu menjaga tulang tetap kuat dan mempertahankan jumlah mineral yang tepat dalam darah.

Kondisi kulit yang kering dan gatal bisa menjadi tanda penyakit mineral dan tulang yang sering menyertai penyakit ginjal. Hal ini dikarenakan ginjal tidak lagi mampu untuk menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi dalam darah.

Nah, itu tadi 6 gejala sakit ginjal yang bisa Anda rasakan sebelum penyakit yang lebih parah menyerang metabolisme tubuh Anda. Semoga bermanfaat!

 

Baca juga:

 

Jangan ragu untuk selalu gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk berkonsultasi dengan dokter online yang siap siaga 7×24 jam. Segera download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.

 

GT/PJ/TP

Referensi