Benarkah Berlari Bisa Menyebabkan Lutut Cedera?

Berlari bisa menyebabkan lutut cedera

Berlari bisa menyebabkan lutut cedera ternyata tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, berlari tidaklah menyakiti lutut secara langsung jika dilakukan dengan benar.  Jika Anda pada awalnya tidak memiliki tulang retak ataupun cedera lainnya, maka kecil kemungkinan Anda menderita artritis dan cedera lain karena berlari.

Go Dok Sudah menjadi kepercayaan umum, bahwa seorang pelari akan lebih mudah mengalami cedera pada bagian kaki dibandingkan mereka yang memang jarang melakukan olahraga lari. Hal ini tentu terdengar masuk akal. Pasalnya, pelari akan lebih sering menggerakkan kaki mereka dan lebih rentan mengalami cedera.

Namun, bagaimana dengan cedera pada lutut? Apa benar berlari bisa menyebabkan lutut cedera lebih muda? Bagaimana penjelasan medisnya? Untuk menjawab hal-hal tersebut, yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Penjelasan tentang berlari bisa menyebabkan lutut cedera

Olahraga lari dan jogging merupakan jenis latihan yang memiliki dampak langsung pada kaki dan lutut Anda. Pasalnya, kedua olahraga ini akan melepaskan tekanan dari berat badan langsung pada lutut dan kaki, dalam setiap langkah Anda.

Karenanya, diasumsikan bahwa risiko cedera dan artritis akan lebih besar pada pelari. Benarkah? Menurut Mundy Solin, seorang personal trainer dan pendiri The Running Center  di New York City, berlari tidaklah menyakiti lutut Anda secara langsung jika Anda melakukannya dengan benar. Ya, sebuah hasil studi yang dipublikasikan pada tahun 2013 menyatakan bahwa jika dilakukan dengan benar, olahraga lari dan jogging justru bisa mengecilkan kemungkinan Anda dalam menderita artritis pada lutut.

Dr. John Schriner, seorang pengajar di Michigan State University pun menambahkan bahwa dampak negatif pada pelari bisa ada dan tidak, tergantung pada bagaimana cara Anda melakukannya. Seberapa tinggi Anda mengangkat kaki saat berlari, dan seberapa besar tekanan Anda saat memijakkannya ke tanah merupakan hal yang harus dikontrol.

Jika Anda berlari terlalu jauh, terlalu cepat, atau terlalu mendadak dari posisi awal, hal ini bisa membawa trauma pada lutut. Hal lain juga bisa berpengaruh dalam hal ini, termasuk pilihan sepatu Anda, seberapa banyak tekanan pada lutut, struktur tubuh, serta teknik berlari yang Anda gunakan.

Sementara itu, Dr. Michelle Wolcott, seorang associate professor dari University of Colorado School of Medicine, menyatakan bahwa jika Anda pada awalnya tidak memiliki tulang retak ataupun cedera lainnya, maka kecil kemungkinan Anda menderita artritis dan cedera lain karena berlari.

Selain teknik berlari yang benar, berat badan juga berpengaruh dalam dampak berlari bisa menyebabkan lutut cedera. Jika Anda menderita obesitas, atau memiliki berat badan di atas rata-rata yang asalnya dari lemak, maka lutut akan menerima beban yang lebih berat saat berlari.

Namun, juga Anda memiliki berat badan yang ringan, atau berat otot, maka berlari justru akan memperkuat lutut dan sendi-sendi kaki lainnya. Bahkan, olahraga ini justru dapat mencegah osteoporosis dan osteoarthritis.

Jadi intinya, joging dan berlari bisa menyebabkan lutut cedera tidaklah benar, asalkan Anda melakukannya dengan benar. Nah, jika Anda terpeleset dan jatuh atau membentur sesuatu pada lutut saat berlari, maka hampir bisa dipastikan Anda akan menderita cedera.

Lalu, cedera apa saja yang bisa terjadi pada lutut karena berlari?

Nah, tentunya jika dilakukan dengan teknik lari yang salah, ada kemungkinan berlari bisa menyebabkan lutut cedera. Berikut adalah beberapa di antaranya :

  • Runner’s knee: Kondisi ini umum dialami oleh para pelari, di mana bagian tempurung depan lutut Anda akan mengalami nyeri saat Anda menekuknya. Hal ini terjadi saat Anda berjalan, bangun dari kursi, naik-turun tangga, berlutut dan berlari. Penyebabnya adalah salah tekuk saat berlari, jatuh, terbentur benda keras, atau berlari terlalu jauh dan terlalu cepat.
  • Keseleo : Hal ini juga umum terjadi saat Anda salah langkah dalam berlari, dan mungkin jatuh karenanya. Saat menderita keseleo, Anda akan mengalami rasa sakit pada lutut saat menggunakan kaki untuk berjalan. Hal ini bisa diatasi dengan istirahat dan mempelajari teknik berlari yang benar.

Luka, memar, dan cedera lainnya juga mungkin terjadi jika Anda jatuh atau terlalu membebani area lutut Anda saat berlari. Karenanya, jangan berlebihan dalam berlari dan jogging, ketahui batas Anda, dan perhatikan langkah Anda saat berlari. Semoga bermanfaat!

 

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan langsung dari smartphone Anda. Segera download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.

SF/JJ/MA

Referensi