Begini Cara Kerja Sistem Penglihatan Manusia

Cara kerja sistem penglihatan

Cara kerja sistem penglihatan manusia ; Secara garis besar ada dua hal utama yang menyebabkan seseorang dapat melihat suatu objek. Pertama adalah mata yang dapat berfungsi dengan normal dan kedua adalah cahaya.

 

Go DokTuhan telah menciptakan makhluk dengan segala kesempurnaannya. Alam Ia hamparkan dengan keindahannya untuk kita nikmati. Namun, apa jadinya jika kita tak bisa melihat? Berbagai keindahan tersebut tidak dapat kita nikmati. Sebenarnya bagaimanakah prosesnya hingga kita bisa melihat?

Secara garis besar ada dua hal utama yang menyebabkan seseorang dapat melihat suatu objek. Pertama adalah mata yang dapat berfungsi dengan normal. Tanpa mata, mustahil manusia bisa melihat objek-objek yang dihadapinya.

Kedua, cahaya. Meskipun mata kita sehat dan berfungsi dengan normal, sangat sulit bagi kita untuk melihat objek dengan jelas tanpa adanya cahaya. Jadi, otomatis keberadaan cahaya pada proses penglihatan adalah mutlak adanya.

Tanpa cahaya segalanya menjadi gelap gulita. Mau tahu cara sistem kerja penglihatan manusia selengkapnya? Yuk, simak!

Cara sistem kerja penglihatan manusia

Ketika kita melihat suatu objek, sebenarnya objek tersebut memantulkan cahaya pada mata. Cahaya dari objek tersebut dapat kita lihat apabila mata bagian luar kita tidak berwarna atau bening. Bagian terluar mata yang bening inilah yang kita sebut sebagai kornea.

Di bagian belakang kornea, tepatnya di bagian tengah mata Anda ada bagian yang berwarna, bagian tersebut disebut iris. Orang Asia pada umumnya memiliki iris berwarna cokelat tua hingga hitam, Sedangkan orang Eropa cenderung memiliki iris berwarna biru atau hijau.

Warna pada iris tidak mempengaruhi kemampuan penglihatan seseorang, warna ini hanya tergantung pada ras dan gen saja.

Pada bagian tengah iris terdapat bagian yang berwarna lebih hitam yang berfungsi mengatur intensitas cahaya yang boleh masuk ke dalam mata. Bagian ini disebut pupil. Pada saat rangsang cahaya yang pupil terima terlalu terang, maka pupil akan mengecil sebagai upaya meminimalisir kelebihan cahaya.

Sebaliknya, pupil akan membesar manakala kita berada di tempat yang gelap. Hal ini dilakukan untuk menangkap cahaya sebanyak-banyaknya. Itulah mengapa di tempat gelap sekalipun, lama kelamaan mata kita akan terbiasa dan dapat melihat meskipun tidak terlalu jelas.

Cara kerja sistem penglihatan manusia selanjutnya ada bagian lensa mata. Di bagian belakang pupil terdapat lensa mata yang merupakan alat optik alami. Cara kerja lensa pada mata, hampir sama dengan lensa pada kamera.

Cahaya yang masuk melalui pupil cenderung membaur. Maka dengan kemampuan menjadi cembung dan cekung secara otomatis, lensa mata akan memfokuskan cahaya yang masuk agar jatuh tepat pada makula di retina atau bintik kuning.

Kemampuan menjadi cekung dan cembung pada lensa mata ini disebut akomodasi yang diatur oleh otot siliaris mata. Bayangan benda yang terbentuk pada retina bersifat nyata, terbalik, dan diperkecil. Retina terdiri atas 120 juta sel sensor yang mengubah cahaya menjadi sinyal syaraf yang diterukan hingga ke otak.

Oleh otak, sinyal ini diterjemahkan sehingga kita bisa melihat benda secara tegak, nyata, dan ukurannya sama dengan aslinya. Sel sensor yang kita miliki ada dua macam, yaitu sel batang yang menyebabkan kita bisa melihat warna hitam dan putih pada senja dan malam hari, serta sel kerucut yang menyebabkan kita bisa membedakan antara warna satu dengan warna lainnya.

Pada beberapa orang, kemampuan matanya dalam melihat mengalami penurunan karena berbagai hal. Salah satunya adalah kemampuan akomodasi mata yang melemah.

Hal ini dapat mengakibatkan bayangan benda tidak jatuh tepat pada makula di retina, bisa di depan retina, di belakang retina, atau membaur pada permukaan retina (tidak fokus di satu titik makula).

Akibatnya, orang tersebut dapat mengalami rabun jauh (miopia), rabun dekat (hipermetropi), atau mata silindris. Ada pula yang mengalami buta warna, yakni kelainan tidak bisa membedakan warna yang satu dengan yang lainnya

Nah, itu tadu cara sistem kerja penglihatan manusia. Ternyata mata kita adalah mesin yang kompleks, ya? Sudah seharusnya kita menjaga kesehatan mata kita. Caranya bisa dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, rutin melakukan senam mata, tidak memforsir kinerja mata, rutin melakukan cek kesehatan mata, tidak membaca di tempat yang redup apalagi sambil berbaring, dan masih banyak usaha lainnya untuk menjaga kesehatan mata. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

NA/PJ/MA

Referensi

How do our eyes work?


https://www.healthline.com/human-body-maps/eye