Beberapa Faktor Penyebab Puting Payudara  Gatal

Penyebab puting payudara gatal

Penyebab puting payudara gatal ; Apa Anda sering merasakan gatal pada puting payudara? Ada beberapa faktor yang menyebabkan wanita merasakan gatal pada puting payudaranya, dari alergi hingga yang paling menakutkan karena kanker.

 

Go DokSetiap wanita mungkin pernah merasakan puting payudara gatal secara tiba-tiba. Tentunya malu rasanya dong, jika harus menggaruknya di depan umum. Walau begitu, bukan berarti Anda boleh menggaruknya di tempat tertutup. Apalagi jika rasa gatal terus menerus datang menghampiri dan tak diketahui alasan yang jelas.

Menggaruk puting secara terus menerus, memang sebaiknya jangan dilakukan karena dapat membuatnya iritasi dan lecet, serta memperburuk rasa gatal itu sendiri. Pastinya, jadi makin berbahaya jika rasa gatal berakhir dengan infeksi.

Puting yang gatal bisa menyerang setiap wanita baik di usia muda ataupun tua. Kuncinya adalah jangan panik saat merasakan gatal. Meskipun rasa gatal itu tidak hilang, sebaiknya Anda tidak terlalu menggaruk puting dengan keras, cukup garuk dengan sewajarnya saja, ya.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab puting payudara gatal pada wanita.  Dari alergi hingga yang paling menakutkan karena kanker.

Kenali beberapa faktor penyebab puting payudara gatal melalui artikel berikut ini.

1. Alergi

Puting merupakan area sensitif, seperti bagian kulit lain pada tubuh. Alergi yang menjadi penyebab puting payudara gatal juga dapat bermacam-macam. Bisa karena wewangian, lotion, maupun sabun yang sering dipakai. Beberapa wanita memiliki puting yang langsung bereaksi terhadap iritasi kuat setelah terkena beberapa produk tersebut. Namun bukan berarti Anda tidak boleh lagi menggunakan produk-produk itu. Anda bisa menggantinya dengan produk lain yang tidak merangsang timbulnya reaksi alergi.

2. Eksim

Eksim cenderung lebih kuat dibandingkan alergi. Kelainan ini memiliki ciri kulit yang kering, gatal, muncul ruam, pecah-pecah, hingga yang terparah mengalami pendarahan. Beberapa jenis eksim dipicu oleh iritasi lingkungan. Kondisinya juga bisa kronis dan turun-temurun. Jika mengalami gejala ini, alangkah baiknya jika Anda langsung menemui dokter.

3. Kehamilan

Masa kehamilan juga dapat menjadi penyebab puting payudara gatal. Peregangan yang terjadi selama pertumbuhan payudara yang diinduksi kehamilan dapat mengiritasi kulit sekitar puting payudara yang berujung dengan rasa gatal. Hal ini bisa diatasi dengan mengolesi minyak kakao atau losion yang mengandung vitamin E pada bagian yang mengalami iritasi. Selain itu, hindari menggunakan baju berbahan wol dan serat buatan saat masa kehamilan.

4. Masa menyusui

Wanita menyusui tidak jarang mengalami infeksi jaringan payudara. Pasalnya, kerap ditemui wanita menyusui mengalami penyumbatan air susu atau adanya pertumbuhan bakteri didalamnya, sehingga menyebabkan infeksi. Nah, infeksi pada jaringan payudara itulah yang terkadang membuat puting menjadi gatal hingga merasakan nyeri yang parah.

5. Berolahraga

Nyatanya rajin berolahraga, terutama berlari juga bisa menjadi penyebab puting payudara gatal. Hal ini disebabkan puting payudara  tergesek dengan pakaian olahraga yang ketat. Puting akan mengalami kemerahan, iritasi, hingga pecah-pecah. Anda bisa mencegahnya dengan memberikan krim antiseptik untuk mencegah infeksi. Gunakan juga beberapa petroleum jelly atau krim penghalang lainnya pada puting payudara.

6. Kanker

Nah, inilah ketakutan utama setiap wanita jika merasakan gatal pada puting. Jenis kanker yang menjadi penyebab puting payudara gatal ini biasa disebut paget’s disease. Salah satu gejala penyakit paget ialah rasa gatal pada puting. Penyakit ini memang jenis kanker yang langka dengan kurang dari 5% dari semua kasus kanker payudara. Gejala lainnya adalah kulit menebal di sekitar puting hingga disertai adanya benjolan pada payudara.

Itulah beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab puting payudara gatal.  Sebagai catatan, jika mengalami gejala seperti kanker payudara di atas, segera temui dokter dan melakukan pengobatan sejak dini sebelum semakin parah. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

IS/TP/PJ

Referensi