Bebas BAB Tanpa Rasa Khawatir dengan Obat Wasir

obat wasir

Obat wasir memang dianggap ampuh bagi mereka yang menderita ambeien karena dapat meredakan gejala yang timbul, seperti rasa gatal dan nyeri ketika sedang buang air besar. Walaupun terbukti ampuh, selalu ingat untuk mengonsumsi makanan kaya serat secara rutin setiap hari.

Go DokSeperti yang sudah kita ketahui bersama, terlalu sering mengejan ketika BAB tentunya dapat menimbulkan risiko kesehatan, salah satunya terkena wasir atau ambeien. Jika sampai terjadi, mengonsumsi obat wasir yang bersifat generik dan dijual bebas di apotek maupun obat yang berasal dari resep dokter menjadi cara paling efektif untuk meredakan gejala yang dapat mengganggu aktivitas harian Anda.

Obat generik dirasa sudah cukup ampuh untuk mengobati wasir yang Anda derita selama kondisinya tidak parah. Namun, jika wasir yang Anda derita tergolong parah dan kronis, sejumlah obat oral dan salep mungkin saja diberikan oleh dokter.

Lantas, mau tahu apa saja jenis obat wasir yang umum digunakan? Berikut informasinya untuk Anda!

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, mereka yang menderita wasir atau ambeien akan merasakan hadirnya benjolan kecil di sekitar area anus akibat peradangan yang disebabkan pembengkakan pembuluh darah. Benjolan tersebut bersifat sangat gatal dan bisa menjadi menyakitkan ketika Anda mengejan saat buang air besar dan feses meluncur tepat di area peradangan tersebut.

Jenis pengobatan yang Anda pilih ketika menderita wasir sebenarnya tergantung pada tingkat keparahan dan lokasi dari wasir itu sendiri. Setidaknya ada empat tingkatan wasir yang bisa diperhatikan:

  • Tingkat I: terjadi ketika pembuluh vena di sekitar anus mengalami peradangan kecil yang terletak di dalam lapisan rektum (saluran yang menghubungkan usus besar dan anus) dan cenderung tidak terlihat di sekitar anus. Tahap ini disebut wasir internal. Walaupun tidak tampak dari luar anus, Anda bisa saja mengalami perdarahan jika mengejan terlalu keras atau karena iritasi akibat feses yang bersentuhan dengan wasir tersebut.
  • Tingkat II: pada tingkatan ini, pembengkakan pembuluh vena lebih besar dari tingkat I, namun tetap berada di dalam rektum. Tumpukan ini bisa saja terdorong keluar saat sedang BAB, namun akan kembali masuk secara otomatis setelah BAB selesai.
  • Tingkat III: tahap ini juga dikenal sebagai wasir prolapsed, dan dapat dilihat berada di luar anus. Anda dapat merasakan tumpukan tersebut bergantung di luar rektum. Patut diperhatikan, ketika wasir keluar dan berada di sekitar anus atau kondisi wasir eksternal, dapat menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman, lho. Namun tenang saja, Anda bisa memasukkannya ke dalam rektum dengan mudah, kok!
  • Tingkat IV: pada tahap ini, tumpukan peradangan tersebut akan terus berada di luar rektum dan sekitar anus. Anda tidak dapat mendorong masuk tumpukan tersebut ke dalam rektum dan membutuhkan perawatan lebih lanjut, mulai dari konsumsi obat wasir hingga tahap pembedahan.

Setelah memahami tingkatan wasir yang Anda derita, apa saja obat yang bisa digunakan untuk meredakan wasir atau ambeien ini? Simak terus infonya di bawah ini, ya!

  • Cinchocaine bersifat anestesi lokal yang dapat digunakan untuk meredakan nyeri dan gatal di area rektum karena wasir. Obat wasir ini dapat menyebabkan rasa kebas di area timbulnya wasir. Cinchocaine juga membantu meredakan pembengkakan akibat peradangan pembuluh darah di area rektum dan anus, serta melemaskan rasa kejang di bagian belakang.
  • Methylhesperidin adalah golongan glikosida flavanone yang juga bisa ditemukan dalam buah jeruk. Obat ini banyak digunakan untuk melancarkan gangguan sirkulasi pembuluh darah seperti wasir dan varises.
  • Rutin merupakan jenis obat wasir yang berperan penting dalam mengobati edema atau pembengkakan bagian tubuh akibat penumpukan cairan di dalam suatu jaringan. Kandungan obat ini banyak ditemukan dalam produk gandum dan terbukti ampuh untuk meredakan varises (pembesaran pembuluh vena) dan wasir.
  • Golongan obat pencahar seperti Docusate juga baik untuk melunakkan feses sehingga meringankan gejala konstipasi yang Anda derita. Seperti yang kita ketahui, konstipasi dengan feses yang keras telah menjadi salah satu pemicu timbulnya wasir. Dengan feses yang telah lunak, proses BAB menjadi lebih ringan karena Anda tidak perlu lagi untuk mengejan terlalu keras.
  • Penggunaan krim kortikosteroid juga ampuh untuk meredakan peradangan tumpukan wasir di area anus. Namun perlu diingat, Anda tidak disarankan untuk menggunakan krim seperti ini selama 7 hari berturut-turut karena dapat membuat kulit Anda semakin tipis sehingga meningkatkan risiko iritasi.

Itulah berbagai jenis obat wasir bersifat generik maupun obat yang berasal dari resep dokter yang umum diberikan bagi para penderita wasir. Namun, jika gejala wasir tidak kunjung hilang, prosedur operasi wasir akan diambil oleh dokter dengan membedah dan memotong aliran darah yang menumpuk pada wasir. Semoga bermanfaat!

 

Baca juga :

Merasa kesehatan Anda terganggung? Segera chat dokter untuk tanya jawab seputar permasalahan kesehatan Anda, langsung dari Smartphone. GRATIS! Download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.

PJ/TP

Referensi