Banyak Minum Air Putih Bisa Mencegah Batu Ginjal, Benarkah ?

Banyak minum air putih mencegah batu ginjal

Benarkah banyak minum ari putih mencegah batu ginjal? Jawabannya adalah ya, mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak, dapat membantu Anda mencegah batu ginjal. Bahkan, cara ini merupakan salah satu tindak pencegahan terbaik yang banyak direkomendasikan oleh dokter dan ahli medis.

Go DokAnda yang pernah menderita batu ginjal tentunya tahu betapa merana hidup ketika mengalami penyakit yang satu ini. Rasa sakit yang muncul dari penyakit batu ginjal bisa jadi tidak tertahankan, dan akan datang secara bertahap, lagi dan lagi, hingga batu ginjal itu sendiri berhasil melewati saluran kencing dan dengan sukses keluar dari tubuh Anda.

Bagi banyak orang, batu ginjal hanya terjadi sekali dalam seumur hidup. Namun, tidak sedikit pula yang begitu sembuh tetap mengabaikan tindak pencegahannya, sehingga akhirnya terkena batu ginjal kembali dalam kurun waktu 5 -7 tahun.

Padahal, boleh dibilang penyakit batu ginjal bisa dicegah untuk datang, dengan memperbaiki gaya hidup Anda. Salah satu tindak pencegahan yang banyak disarankan adalah dengan banyak meminum air putih. Apakah saran ini benar-benar terbukti secara medis? Bagi Anda yang masih ragu, yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Sekilas tentang penyakit batu ginjal

Sebelum membahas mengenai banyak minum air putih bisa mencegah batu ginjal alangkah lebih baiknya mengenal terlebih dahulu tentang penyakit batu ginjal itu sendiri. Batu ginjal terbentuk di dalam tubuh saat komponen-komponen kimia tertentu menjadi terkonsentrasi di dalam urin, dan menggumpal hinggga membentuk wujud kristal.

Gumpalan berwujud kristal inilah yang kemudian berkembang dalam massa yang lebih besar, membentuk batu ginjal. Sejatinya, jika perjalanannya lancar, batu ginjal bisa bergerak sendiri melewati saluran kencing hingga keluar dari dalam tubuh Anda.

Namun, dalam perjalanannya melewati saluran kencing, batu ginjal bisa menyangkut di bagian tertentu dan menghambat aliran urin Anda. Hal inilah yang kemudian menyebabkan rasa sakit yang amat sangat.

Kebanyakan batu ginjal terbentuk saat kalsium di dalam tubuh Anda disatukan dengan salah satu dari dua zat : fosfor dan oxalate.  Kedua zat ini bisa bertemu dengan kalsium di dalam saluran kencing, menggumpal dan mengeras hingga membentuk batu ginjal.

Selain itu, batu ginjal juga dapat terbentuk dari asam urat, yang dihasilkan saat metabolisme tubuh Anda memproses protein. Batu ginjal memang bisa terjadi saat Anda kekurangan cairan tubuh dan terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda, terutama jika Anda memiliki riwayat keluarga yang menderita batu ginjal.

Lalu, benarkah banyak minum air putih bisa mencegah batu ginjal?

Jawabannya adalah ya, banyak mengonsumsi air putih dapat mencegah batu ginjal. Bahkan, cara ini merupakan salah satu tindak pencegahan terbaik yang banyak direkomendasikan oleh dokter dan ahli medis.

Pasalnya, minum banyak air putih dapat mengencerkan zat-zat di dalam urin Anda yang berpotensi membentuk batu ginjal. Jika Anda tidak minum dalam jumlah yang cukup banyak, urin yang Anda keluarkan tidaklah banyak. Jumlah keluaran urin yang rendah berarti bahwa urin Anda lebih terkonsentrasi, sehingga garam pada urin cenderung tidak larut dan menyebabkan batu ginjal.

Jika Anda mengonsumsi lebih banyak air putih, otomatis Anda bahkan lebih sering buang air kecil. Nah, semakin sering Anda kencing, maka akan semakin kecil kemungkinannnya bagi zat-zat pembentuk batu ginjal untuk mengumpul dan terkonsentrasi.

Berapa banyak pastinya air putih yang dibutuhkan dalam sehari?

Namun, kebutuhan air untuk masing-masing orang berbeda. Cobalah untuk mengonsumsi setidaknya 8 gelas sehari. Dr. Naim Malouf, MD., seorang associate professor di UT Southwestern Medical Center, Dallas, menyatakan bahwa orang yang lebih banyak berkeringat, atau baru selesai berolahraga dan melakukan sauna, harus minum lebih banyak dari orang lain.

Indikator paling sederhana untuk melihat apakah kebutuhan air Anda tercukupi adalah dengan mengamati warna urin. Jika warnanya bening, berarti tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Jika warnanya kuning, atau kuning gelap, berarti Anda harus minum lebih banyak lagi.

Karena itulah, Anda disarankan untuk meminum setidaknya 2 liter atau 8 gelas air putih dalam sehari untuk mencegah batu ginjal. Anda bisa juga memasukkan lemon atau jeruk ke dalam air, karena kandungan sitrus dalam kedua buah ini mampu menghambat pembentukan batu ginjal.

Nah, itu dia penjelasan lengkap tentang bagaimana banyak minum air bisa mencegah batu ginjal. Semoga bermanfaat!

 

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasinya Go Dok di sini.

 

YS/PJ/MA

Referensi