Bakteri Listeria ; Bakteri Mematikan dalam Buah Rock Melon

bakteri listeria

Bakteri listeria merupakan bakteri jahat yang mematikan. Akhir-akhir ini, masyarakat dihebohkan dengan penemuan bakteri ini  pada buah rock melon yang mengakibatkan 3 warga australia meninggal dunia.

 

Go DokBaru-baru ini, masyarakat digegerkan dengan penemuan bakteri berbahaya di dalam buah Rock melon asal Australia yang mengakibatkan 3 warga australia meninggal. Jika diperhatikan, buah yang juga dikenal dengan blewah ini mengandung bakteri listeria, lho. Wah, kok bisa begitu mematikan, ya? Memang apa itu bakteri listeria dan seperti apa gejalanya? Yuk, simak!

Apa itu bakteri listeria?

Sebelumnya, mari diperjelas terlebih dahulu ya. Listeriosis merupakan kondisi ketika sebuah makanan menjadi busuk dan beracun karena disebabkan oleh bakteri Listeria monocytogenes, atau yang ramai disebut dengan bakteri listeria.

Nah, bakteri ini banyak ditemukan di tanah maupun pupuk yang digunakan untuk menyuburkan produk hortikultura. Selain itu, bakteri listeria juga dapat tersebar melalui daging hewan ternak, maupun produk yang mengandung susu di dalamnya; termasuk buah Rock melon yang disebut sebagai pembawa bakteri listeria.

Lalu, apa gejalanya jika Anda terkontaminasi bakteri Listeria?

Jika Anda merasa demam dan nyeri otot, diikuti mual dan diare setelah mengonsumsi produk di atas, bisa jadi Anda sudah terkontaminasi bakteri tersebut.

Selain itu, bakteri ini  juga bisa masuk ke dalam sistem syaraf, lho! Jika sistem syaraf Anda mulai terserang, gejala seperti pusing, leher yang kaku, linglung, kehilangan keseimbangan, hingga meningitis! Bahkan, jika bakteri ini menyerang ibu hamil, dapat menyebabkan premature hingga keguguran, lho. Lama gejala yang disebabkan bakteri ini beragam, mulai dari seminggu hingga 6 minggu tergantung tingkat keparahannya.

Tapi tenang saja, hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan kalau bakteri ini dapat tersebar secara langsung antara manusia, kok. Nah, karena penyebaran terjadi melalui produk-produk hasil ternak dan perkebunan, upaya preventif yang bisa diambil termasuk mudah, kok, seperti yang ada di bawah ini.

  • Jika Anda membeli bermacam-macam produk tumbuhan dan daging, selalu ingat untuk memisahkan satu sama lain ya, baik daging ternak, unggas, dan ikan.
  • Jangan lupa untuk langsung menyimpan produk daging dalam freezer ya, dengan suhu di bawah 4 derajat celcius. Sebenarnya, bakteri ini masih bisa bertahan hidup di suhu rendah. Maka dari itu, selalu jaga kebersihan freezer Anda ya, terutama jika ada tumpahan cairan dari produk daging.
  • Perhatikan cara Anda memasak olahan tersebut. Pastikan di masak dengan suhu di atas 74 derajat celcius. Nah, bagi Anda yang gemar mengonsumsi sushi, waspada penyebaran bakteri yang satu ini, ya!
  • Bagi Anda penggemar olahan susu, waspada dengan produk keju lembut dengan kandungan susu yang tidak melalui proses pasteurisasi, seperti feta, Brie, Camembret, keju blue-veined, dan keju Mexico. Anda bisa mengalihkan dengan produk keju keras seperti mozzarella,cream cheese, dan cottage cheese.

Seperti jenis bakteri makanan pada umumnya, bakteri ini memang dapat masuk dan mereproduksi diri sendiri di dalamnya. Nah, dengan mengenal bakteri listeria diharapkan Anda makin peduli dan berhati-hati dalam mengolah produk holtikultura dan hasil ternak, ya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari SmartphoneDownload aplikasinya di sini.

NA/PJ/MA

Referensi