Bahaya Tidur Tengkurap Bagi Kesehatan Anda

bahaya tidur tengkurap

Bahaya tidur tengkurap yang akan Anda rasakan nyeri di berbagai area tubuh, terutama di bagian tulang belakang dan punggung, Selain itu, tidur tengkurap juga biasanya menyebabkan rasa sakit dan kekakuan pada area leher dan bahaya khusus bagi ibu hamil.

Go DokSetiap orang tentunya memiliki satu posisi tidur terfavorit yang selalu diterapkan setiap malamnya, tidak terkecuali Anda. Ini adalah hal yang umum. Namun, jika posisi tidur favorit Anda adalah tengkurap, maka Anda harus ekstra berhati-hati.

Sebab, dibandingkan gaya tidur lainnya, posisi tengkurap adalah yang paling berbahaya bagi kesehatan. Mau tahu apa saja bahaya tidur tengkurap bagi kesehatan Anda? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Bahaya tidur tengkurap bagi punggung dan tulang belakang

Tahukah Anda, bahwa kebanyakan orang yang tidur tengkurap mengalami rasa nyeri di berbagai area tubuh, terutama di bagian tulang belakang dan punggung. Rasa sakit dan nyeri yang dilami saat tidur dalam posisi ini artinya Anda juga akan lebih mudah terbangun di malam hari. Hasilnya, kualitas tidur Anda juga akan terganggu dan Anda akan merasa lelah serta kurang istirahat ketika bangun di pagi harinya.

Dilansir dari Mayo Clinic, tidur dengan posisi tengkurap artinya Anda menempatkan ketegangan di bagian tulang belakang dan punggung. Hal ini dikarenakan sebagian besar berat badan Anda terletak di bagian tengah tubuh. Hasilnya, akan sulit bagi Anda untuk tetap mempertahankan posisi tulang belakang yang netral ketika tidur tengkurap.

Tekanan pada tulang belakang Anda juga akan meningkatkan tekanan pada bagian struktur tubuh lainnya. Selain itu, karena tulang belakang yang memanjang merupakan semacam aliran pipa bagi syaraf-syaraf tubuh Anda, maka tekanan di bagian tersebut dapat menyebabkan rasa sakit di area tubuh bagian manapun.

 Selain itu, Bahaya tidur tengkurap yang akan Anda alami merasakan sensasi geli, kesemutan, dan kekakuan pada beberapa bagian tubuh ketika terbangun.

Bahaya bagi area leher

Selain berakibat buruk bagi tulang belakang, bahaya tidur tengkurap juga biasanya menyebabkan rasa sakit dan kekakuan pada area leher. Pasalnya, saat tidur dengan posisi tengkurap, otomatis Anda harus memiringkan kepala Anda ke salah satu sisi (kanan atau kiri) agar dapat bernafas dengan lancar. Hal ini kemudian akan menyebabkan leher Anda terpelintir ke salah satu sisi, serta menempatkan tulang belakang dan kepala dalam posisi yang tidak sesuai.

Hasilnya, bagian-bagian tersebut bisa saja mengalami kerusakan yang lebih parah saat hal ini Anda alami terus menerus. Selain itu, posisi tidur tengkurap juga bisa menyebabkan Anda mengalami suatu gangguan kesehatan pada leher, yang disebut herniated disk. Kondisi ini muncul saat saraf tulang belakang bergeser hingga menyebabkan pecahnya gelatin di dalam, dan mengiritasi saraf Anda. Kondisi ini membutuhkan waktu lama untuk sembuh, dan bisa menjadi sangat menyakitkan.

Bahaya khusus bagi ibu hamil

Apa bahaya tidur tengkurap untuk ibu hamil? Saat Anda tidur untuk dua orang –Anda dan janin dalam kandungan-, otomatis Anda membutuhkan kualitas tidur yang terbaik. Nah, hal ini tidak akan tercapai saat Anda tidur dalam posisi tengkurap, di usia berapapun kehamilan Anda berlangsung. Berat badan ekstra yang Anda miliki saat hamil juga akan menambah tekanan pada tulang punggung, yang diperparah dengan tidur tengkurap.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2012 menunjukkan bahwa posisi tidur terbaik saat hamil adalah tidur menyamping. Posisi ini akan memperlancar peredaran darah dan menyediakan level oksigen secara optimal bagi bayi di dalam kandungan. Sebaliknya, saat tidur tengkurap, peredaran darah tidak berjalan lancar dan asupan oksigen untuk bayi otomatis menjadi berkurang.

Nah, itu dia beberapa bahaya tidur tengkurap untuk kesehatan Anda. Jadi, apakah sudah saatnya memilih posisi tidur lain sebagai yang terfavorit? Silakan putuskan!

 

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.

SF/JJ/MA

Referensi