Bahaya Tidur Dengan Lampu Kamar Menyala

Tidur dengan lampu kamar menyala

Tidur dengan lampu kamar menyala memang sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Namun, ternyata kebiasaan tidur seperti ini dapat menyebabkan gangguan tidur dan buruk bagi kesehatan Anda, lho. Lalu, mengapa tidur dengan lampu menyala berbahaya bagi kesehatan?

 

Go DokMasih ingat tidak lagu “Jangan Takut Akan Gelap?” yang dinyanyikan oleh Tasya dan Erros? Lagu ini ada benarnya loh! Karena, tidur dengan lampu menyala ternyata memiliki efek yang buruk bagi kesehatan. Jadi jangan takut gelap ya! Kira-kira, apa ya baha tidur dengan lampu kamar menyala? Yuk simak penjelasannya di bawah ini:

Tubuh biasanya memproduksi hormon melatonin atau hormon yang merangsang tubuh untuk tidur. Namun, keberadaan cahaya dapat menekan dan menindas hormone tersebut. Nah, efek ini lah yang bisa menyebabkan gangguan tidur dan buruk bagi kesehatan. Jadi, bagi Anda yang punya ketakutan akan gelap, coba dipiki-pikir lagi.

Berikut bahaya tidur dengan lampu kamar menyala yang harus Anda tahu!

1. Depresi

Gangguan tidur akan meningkatkan risiko depresi seseorang. Pencahayaan redup pada malam hari dapat meningkatkan perubahan fisiologis yang menyebabkan depresi. Selain itu, cahaya dapat mempengaruhi struktur saraf otak terikat dengan emosi. Terlalu banyak cahaya pada waktu yang tidak tepat, seperti waktu tidur, dapat memiliki efek depresi yang pastika tidak diinginkan.

2. Kanker

Cahaya pada malam hari atau penerangan LAN memiliki risiko yang buruk untuk tubuh. Tidur dengan kondisi terang karena lampu juga dapat meningkatkan resiko yang signifikan untuk menumbuhkan sel kanker payudara. Mengerikan sekali bahaya tidur dengan lampu kamar menyala yang satu ini.

3. Kesehatan reproduksi

Bagi para perempuan, paparan cahaya lampu di malam hari dapat mengganggu siklus menstruasi. Biasanya, kondisi ini terjadi ketika Anda mendapatkan kerja shift malam hari. Semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk kerja, siklus menstruasi akan menjadi semakin tidak teratur. Para peneliti memiliki teori siklus yang tidak teratur ini berpengaruh dengan siklus bangun dan tidur yang kacau. Maka dari itu, kebiasaan ini dapat mengganggu kesuburan pada reproduksi Anda seiring berjalannya waktu.

4. Kegemukan atau obesitas

Tidur dengan mematikan lampu atau gelap memiliki manfaat bagi tubuh untuk mengatur ulang ritme fisik, seperti jadwal makan. Selain obesitas, bahaya tidur dengan lampu kamar menyala juga berpotensi untuk terkena diabetes. Sistem tubuh yang terganggu akibat paparan cahaya pada malam hari dapat menyebabkan kadar gula darah yang lebih tinggi selain itu, tingkat leptin pada tubuh juga dapat menjadi rendah. Nah, efeknya adalah dapat membuat Anda merasa kenyang setelah makan dan membuat berhenti makan.

5. Perubahan Hormonal

Nah, cahaya pada malam hari juga berlaku dengan televisi yang masih menyala loh! Meskipun paparan cahayanya berbeda, tetapi cahaya biru yang ditransmisikan melalui televisi, atau bahkan komputer dan telepon seluler, memiliki efek yang sama. Jenis cahaya ini dapat menyebabkan perubahan dalam hormon tubuh, seperti penurunan melatonin. Karena, tubuh manusia dirancang untuk menjadi lelah ketika ruangan dalam kondisi gelap dan terbangun ketika adanya paparan cahaya. Namun, pencahayaan buatan dapat menghilangkan pemahaman ini, dan pada akhirnya hormone kita akan terganggu.

6. Masalah jantung

Bahaya tidur dengan lampu kamar menyala terakhir terkait masalah jantunng. Proses istirahat yang buruk dapat menyebabkan komplikasi pada jantung. Cahaya memiliki efek yang buruk pada kualitas tidur dan cenderung membuat seseorang terjaga. Selain itu, kondisi ini juga akan menghancurkan melatonin.

Jadi, kesimpulannya adalah jangan takut akan gelap! Karena, tidur tanpa adanya cahaya yang menganggu dapat membuat tubuh istirahat secara efektif. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi dengan dokter seputar permasalahan kesehatan Anda kini  bisa langsung lewat gadget. Download aplikasi Go Dok di sini.

GA/PJ/MA

Referensi