Manfaat dan Bahaya Sering Konflik dengan Pasangan

Sering konflik dengan pasangan

Sering konflik dengan pasangan? Ternyata ada manfaat dan bahaya dari kondisi ini tergantung perdebatan yang Anda alami termasuk ke dalam perdebatan yang sehat atau tidak sehat. Biasanya konflik yang sehat disertai dengan keinginan untuk menyelesaikan masalah.

Go DokKonflik dan perdebatan sering kali dikaitkan dengan hal-hal tidak baik dan sesuatu yang harus dihindari dalam suatu hubungan khususnya percintaan. Banyak orang yang berpandangan bahwa banyaknya konflik merupakan pertanda ker2etakan dalam suatu hubungan yang menunjukkan bahwa hubungan tersebut sedang dalam masalah atau bahkan perlu diakhiri. Benarkah demikian?

Berikut penjelasan manfaat dan bahaya sering konflik dengan pasangan yang harus Anda tahu!

Namun penelitian menyatakan bahwa terjadinya konflik dan perdebatan justru bisa memfasilitasi percakapan antara dua pribadi disertai dengan meningkatnya kesadaran diri dari masing-masing pihak. Karena itu, sangat penting untuk mengetahui bahwa terkadang sering konflik dengan pasangan bisa jadi malah berakibat baik bagi kedua belah pihak yang terkait.

Perlu diperhatikan juga bahwa pada dasarnya konflik bisa terbagi atas dua kategori utama yaitu konflik yang sehat dan yang tidak sehat. Dilansir dari Refinery29, menurut Dr. Jane Greener PhD,  seorang ahli dalam bidang hubungan berbasis di New York, konflik atau perdebatan yang sehat memiliki alasan utama mengapa hal tersebut bisa terjadi, dan biasanya justru melibatkan lebih sedikit perasaan marah karena yang dipertentangkan adalah nilai-nilai tertentu dari masing-masing pribadi seperti bagaimana cara hidup, bagaimana cara membesarkan anak dan lain sebagainya.

Konflik yang sehat juga biasanya disertai keinginan untuk menyelesaikan masalah dari kedua belah pihak. Penyelesaian dapat dicapai dengan melakukan kompromi atas nilai masing-masing pribadi tadi, yang berarti adanya rasa mengalah serta tenggang rasa atas pasangan.

Sebaliknya konflik yang tidak sehat lebih banyak dikuasai perasaan marah serta tidak ada keinginan dari kedua belah pihak untuk menyelesaikan pertentangan tersebut. Dr. Greener juga berpendapat bahwa konflik yang tidak sehat juga sering kali disertai kata-kata kasar yang merendahkan dan saling tunjuk-menunjuk kesalahan pasangan masing-masing dengan banyak menggunakan pernyataan “Karena kamu melakukan ini, kamu melakukan itu.” Serta pernyataan lainnya, bahkan pada kasus yang lebih parah konflik juga bisa disertai kekerasan.

Sering Konflik yang tidak sehat sangat berbahaya bagi semua pasangan, karena kecenderungannya yang tidak terselesaikan, konflik ini bisa jadi terbawa-bawa atau kembali diungkit jika dikemudian hari terdapat konflik lainnya meskipun antara satu konflik dengan konflik lainnya sangat tidak berhubungan. Untuk mengatasinya diperlukan kesepakatan atau kerelaan salah satu pihak untuk menghentikan lingkaran perdebatan tersebut.

Penyelesaian konflik bisa dimulai dengan duduk bersama pasangan dan pikirkanlah ulang mengapa perdebatan sebenarnya terjadi. Jangan memaksakan pasangan untuk menyetujui semua hal yang Anda setujui atau inginkan namun cobalah melihat dari sisi pasangan Anda dan ingat bahwa sesungguhnya kebahagiaan pasangan Anda sama pentingnya dengan kebahagiaan Anda sendiri.

Bagi pasangan yang tetap tidak menemukan jalan keluar bahkan setelah diskusi panjang, ada baiknya untuk mencari pertolongan melalui pihak luar. Pilihlah pihak-pihak yang sekiranya mumpuni dalam memberikan solusi seperti konselor atau bahkan terapis hubungan. Tidak ada salahnya untuk mencoba agar hubungan Anda dan pasangan bisa lebih langgeng dikemudian hari.

Jika bantuan dari pihak luar ternyata juga tidak bisa membantu memperbaiki hubungan, maka Anda boleh mempertimbangkan untuk mengakhiri hubungan Anda dengan pasangan. Terlebih lagi jika kekerasan sudah mewarnai konflik dan atau pertentangan yang ada alami.

Nah, itu manfaat dan bahaya dari sering konflik dengan pasangan. Semoga bermanfaat!

 

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.