Bahaya Seks Anal bagi Kesehatan Pelakunya

bahaya anal seks

Bahaya seks anal ; seks anal merupakan variasi hubungan seksual yang dilakukan dengan cara memasukkan penis ke dalam lubang dubur. Dewasa ini, seks anal populer dilakukan oleh pasangan homoseksual. Tanpa di sadari, ada bahaya seks anal bagi kesehatan pelakunya yang harus diwaspadai lho.

 

Go DokPernah mendengar istilah seks anal? Ya, benar, seks anal merupakan variasi hubungan seksual yang dilakukan dengan cara memasukkan penis ke dalam lubang dubur. Pada variasi seks ini, lubang dubur menggantikan peran vagina dalam menerima penis dan memberi kepuasan seksual pada pelakunya. Dewasa ini, seks anal populer dilakukan oleh pasangan homoseksual, di mana 90% dari mereka mempraktikkannya. Tak hanya pasangan sesama jenis, sebagian kecil dari pasangan heteroseksual pun ternyata melakukannya. Apakah Anda salah satu dari pasangan tersebut? Jika iya, maka Anda harus memahami beberapa bahaya seks anal untuk kesehatan pelakunya, berikut ini!

Mengapa beberapa pasangan memilih melakukan seks anal?

Tentu banyak alasan tertentu yang memicu beberapa pasangan untuk melakukan seks anal. Banyak di antara mereka yang merasa bahwa lubang dubur memberikan kepuasan yang lebih dari vagina, karena sifatnya yang lebih ketat dibandingkan vagina. Tak hanya itu, bagi beberapa orang, menerima masuknya penis lewat dubur bisa menjadi penstimulasi gairah tersendiri.

Lalu, apa saja bahaya seks anal bagi kesehatan?

1. Rusaknya jaringan di bagian dalam anus

Bahaya seks anal yang pertama adalah rusaknya jaringan di bagian dalam anus, yang tidak terlindungi sebaik lapisan kulit di bagian luar anus. Sejatinya, lapisan kulit di bagian luar anus Anda memiliki berlapis-lapis sel mati yang berfungsi sebagai pelindung terhadap infeksi. Namun, tidak begitu dengan jaringan kulit di bagian dalam anus Anda, sehingga bagian tersebut lebih rentan terhadap kerusakan, atau robek, sehingga risiko terjadinya infeksi pun menjadi lebih besar.

2. Risiko terkena penyakit menular seksual lebih besar

Bahaya seks anal yang kedua adalah menjadikan risiko Anda dalam terkena penyakit menular seksual lebih besar. Tentu Anda tahu bahwa anus tidak memiliki cairan pelumas alami seperti yang terdapat pada vagina. Hasilnya, penetrasi penis dapat menyebabkan jaringan bagian dalam anus menjadi robek, sehingga bakteri dan virus menjadi lebih mudah masuk ke dalam aliran darah Anda. Hal ini bisa menyebabkan Anda tertular berbagai infeksi bakteri dan penyakit seksual menular, seperti HIV. Nah, paparan virus HIV di dalam tubuh Anda pada akhirnya bisa menyebabkan kanker dubur.  Selain HIV, berikut adalah beberapa penyakit menular seksual dan infeksi lain yang bisa Anda derita :

3. Melemahnya otot sphinkter anus

Bahaya seks anal yang terakhir adalah rusaknya otot sphinkter anus Anda. Bagaimana bisa? Anus merupakan bagian tubuh yang secara alami didesain untuk menahan dan mengontrol keluarnya feses dari tubuh Anda. Untuk menjalankan fungsi tersebut, anus Anda dikelilingi oleh suatu otot yang berbentuk seperti cincin, yang disebut otot sphinkter anus. Otot ini akan membuka saat Anda mengeluarkan kotoran, dan segera menutup kembali dengan ketat sesudahnya. Otot inilah yang menyebabkan lubang dubur Anda lebih kencang dan sempit dibandingkan vagina.

Nah, saat Anda dan pasangan terus menerus mempraktikkan seks anal dengan frekuensi tinggi, hal ini bisa melemahkan kekuatan otot sphiknter. Hasilnya, tubuh Anda akan lebih sulit dalam menahan keluarnya feses, sehingga bisa saja kotoran Anda sudah keluar sebelum waktunya Anda mencapai toilet. Tentu Anda dan pasangan tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

Nah, itu dia 3 bahaya seks anal untuk kesehatan yang patut Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Dapatkan tips-tips kesehatan lainnya dari Tim dokter, langsung dari Smartphone. Yuk, Download aplikasi Go Dok.

SF/PJ/MA

Referensi