Bahaya Pemakaian Ponsel pada Postur Tubuh

Pemakaian ponsel pada postur tubuh

Pemakaian ponsel pada postur tubuh menimbulkan bahaya yang mungkin saja tidak Anda sadari. Postur yang diadopsi ketika Anda melihat layar ponsel meningkatkan ketegangan pada leher dan dapat menyebabkan kelelahan berlebih serta kelainan pada sendi.

Go DokJika Anda mengalami nyeri punggung dan leher tanpa alasan yang jelas, ada kemungkinan penggunaan ponsel bisa dipersalahkan. Di era kemajuan teknologi seperti sekarang ini, cukup mudah bagi seseorang menghabiskan seharian di depan layar ponsel.

Tapi tidak ada yang menyadari fakta selain menciptakan jarak sosial, perangkat elektronik ini juga bisa memberikan pengaruh buruk pada postur badan.

Menurut penelitian terbaru yang diadakan oleh seorang dokter di Amerika, ‘text neck’ menjadi epidemik yang dapat berujung pada kerusakan permanen. Postur yang diadopsi ketika Anda melihat layar ponsel meningkatkan ketegangan pada leher dan dapat menyebabkan kelelahan berlebih serta kelainan pada sendi, yang lama-lama mungkin memerlukan sebuah operasi untuk membetulkannya.

Anda perlu memerhatikan posisi dan durasi penggunaan ponsel sehari-hari. Ada baiknya juga untuk mengetahui bagaimana efek lain dari penggunaan ponsel bagi postur tubuh.

Apa bahaya pemakaian ponsel pada postur tubuh?

  1. Kepala biasanya memiliki berat rata-rata 5 sampai 6 kilogram ketika berada seimbang di pundak. Namun, dengan setiap kemiringan ekstra ke depan, berat pada tulang belakang Anda dapat bertambah hingga 30 kilogram – dan bahkan lebih dari itu. Berat berlebih pada tulang belakang dapat berujung pada kerapuhan di kemudian hari.
  2. Terlalu sering menggunakan tablet dan ponsel pintar dapat menyebabkan peradangan pada jari telunjuk, sendi jempol, dan tendon. Mengetik dengan satu jempol tanpa jeda dapat juga memberikan tekanan yang berlebihan pada jemari.
  3. Membungkuk, pundak yang merosot, dan leher yang dibungkukan ke depan adalah cara yang kebanyakan orang lakukan ketika menggunakan ponsel. Ini dapat memicu ketidakselarasan tulang punggung yang dapat memperburuk kesehatan Anda. Tulang punggung Anda melindungi sistem syaraf serta mengkoordinir dan mengatur beragam fungsi tubuh. Gangguan apa pun kemungkinan mengakibatkan konsekuensi yang drastis.
  4. Postur yang buruk berdampak pada ligamen dan otot dengan cara yang buruk. Memberikan berbagai komplikasi seperti masalah pencernaan, nyeri punggung atau leher atau kebengkokan parah pada tulang punggung, serta meningkatkan risiko terjadinya masalah arterial dan paru-paru.

Lalu, apa saja hal-hal yang dapat mengurangi efek buruk pemakaian ponsel pada postur tubuh?

1. Berenang

Untuk mengurangi efek dari pemakaian ponsel pada postur tubuh, Dr. Anjana Launganni, konsultan fisioterapi dan spesialis rehabilitasi, mengatakan, “Berenang sangatlah direkomendasikan untuk pencegahan dan pengobatan nyeri punggung.

Olahraga ini aman dan tidak terlalu memberi tekanan pada sendi jika dibandingkan dengan jenis kardio lain seperti berjalan atau jogging. Ia juga merekomendasikan untuk berenang selama 30 menit, 3 kali seminggu.

2. Beri jeda

Alihkan pandangan dari ponsel setiap 20-25 menit dan lakukan istirahat selam lima menit.

3. Gunakan dudukan

Jika Anda harus menggunakan ponsel untuk mengetik panjang, gunakanlah keyboard eksternal. Letakan perangkat pada sebuah dudukan sehingga dapat memandang lurus ke depan dan bukan menggantung leher Anda untuk melihatnya.

4. Ketika membaca, bersandarlah dan gunakan bantal

Ketika membaca buku menggunakan ponsel, bersandarlah pada posisi yang nyaman di sofa atau ranjang dan gunakan bantal untuk menyangga kepala dan leher Anda.

Selalu ingat untuk melakukan peregangan dan membatasi penggunaan ponsel. Karena bukan hanya postur yang akan menjadi buruk tapi juga kesehatan jika Anda tidak mewaspadai bahaya yang ditimbulkan oleh bermain ponsel terlalu lama.

 

Baca juga:

Jangan ragu untuk selalu gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk berkonsultasi dengan dokter online yang siap siaga 7×24 jam. Segera download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.