Bahaya Obat Kortikosteroid Jika Dikonsumsi Berlebihan

Bahaya Obat Kortikosteroid

Bahaya Obat Kortikosteroid Jika Dikonsumsi Berlebihan ; Selain gula darah, bahaya overdosis obat kortikosteroid akan berdampak pada tekanan darah juga. Zat ini akan memicu produksi hormon adrenalin sehingga tekanan darah akan meningkat. Selain itu, Kerja jantung juga akan meningkat.

 

Go Dok – Mendengar kata steorid, sebagian besar orang akan segera mengaitkannya dengan jenis obat atau suplemen yang banyak dikonsumsi binaragawan untuk meningkatkan massa otot mereka. Padahal, zat ini juga terdapat pada obat-obatan yang berfungsi untuk menambah nafsu makan, menumbuhkan tinggi badan dan mengurangi efek kanker serta meningkatkan gairah seksual.

Artinya, ada banyak jenis obat steroid yang dapat ditemukan di pasaran dengan khasiat yang beragam, termasuk jenis obat kortikosteorid. Seperti sifat obat pada umumnya, ada risiko overdosis jika obat tersebut dikonsumsi berlebihan.

Nah, jika Anda termasuk salah satu pengguna produk yang mengadung zat ini, ada baiknya untuk membekali diri dengan pengetahuan seputar efek samping serta bahaya overdosis obat kortikosteroid yang bisa saja terjadi pada Anda.

Efek samping obat kortikosteroid

Setiap obat, termasuk kortikosteroid, memiliki anjuran penggunaan pada label produknya dan Anda harus patuh pada petunjuk tersebut. Meskipun begitu, masih ada efek samping yang muncul meskipun sudah mengikuti aturan. Hal ini dikarenakan respon tubuh berbeda-beda pada setiap zat kimia dalam produk steroid.

Sejumlah gejala seperti pusing, mual, muntah, susah tidur, dan jerawat merupakan efek samping yang biasa muncul setelah mengonsumsi obat kortikosteroid dan dianggap normal oleh para ahli kesehatan.

Namun, jika gejala tersebut tidak kunjung hilang dan memburuk, seperti penglihatan yang menurun, pencernaan yang memburuk, serta kontrol sistem gerak yang berkurang, segera hentikan konsumsi obat tersebut, ya!

Bahaya obat kartikosteroid jika dikonsumsi berlebihan

Bagi Anda yang memiliki masalah gula darah, sebaiknya Anda mengurangi penggunaan obat kortikosteroid. Pasalnya, zat yang terkandung dalam produk yang Anda konsumsi ini bisa meningkatkan gula darah Anda, lho. Terlebih lagi jika sedang menderita diabetes, Anda harus mengecek kadar gula darah secara rutin guna meminimalisasi risiko penyakit tersebut.

Selain gula darah, bahaya obat kartikosteroid yang dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak pada tekanan darah juga. Zat ini akan memicu produksi hormon adrenalin sehingga tekanan darah akan meningkat. Seperti yang Anda ketahui, naiknya tekanan darah bisa menimbulkan efek fatal bagi penderita hipertensi hingga mengancam nyawa.

Kerja jantung juga akan meningkat seiring dengan adrenalin yang diproduksi berlebihan akibat asupan kortikosteroid. Tekanan yang berlebihan pada organ pemompa darah ini bisa menyebabkan serangan jantung, lho. Selain itu, kerja jantung yang berat dan ditambah aliran darah yang tersumbat membuat Anda rentan terkena stroke.

Pencegahan bahaya overdosis obat kortikosteroid

Cara terbaik untuk mencegah bahaya obat kortikosteroid yang dikonsumsi secara berlebihan ialah dengan mengikuti anjuran dokter. Jika Anda memiliki niat untuk membeli produk yang mengandung kortikosteroid yang dijual bebas di pasaran, sebaiknya tunda niatan itu, jika dirasa tidak dalam kondisi yang sangat mendesak, ya. Pasalnya, reaksi tubuh terhadap zat tersebut berbeda-beda pada setiap kasusnya.

Demikianlah risiko dan bahaya obat kortikosteroid yang bisa muncul jika dikonsumsi berlebihan oleh para penggunanya.  Jadi, apakah Anda masih berniat untuk mengonsumsi obat dengan kandungan steroid?

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

NA/PJ/MA

Referensi