Bahaya Menggunakan Wig dan Beberapa Cara Untuk Mencegahnya

bahaya menggunakan wig

Go DokBahaya menggunakan wigBagi beberapa orang, menggunakan wig mungkin merupakan hal yang aneh dan tidak terpikirkan. Namun, bagi sebagian orang lainnya, wig merupakan hal yang esensial dalam menjaga penampilannya. Biasanya, orang-orang ini meiliki suatu penyakit atau kondisi yang menyebabkan kepala mereka tidak berambut, atau perlahan kehilangan rambut. Nah, bagi Anda yang rambutnya masih tergolong normal, apakah perlu untuk memakai wig? Tentu saja tidak ada yang melarang. Namun, tahukah Anda bahwa memakai wig terus menerus, sepanjang hari, dan mengurung rambut asli Anda di bawah wig, ternyata tidak bagus? Hal ini ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan rambut Anda! Mengapa begitu? Untuk menjawabnya, mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini !

Apa saja bahaya menggunakan wig?

Sebenarnya, bahaya menggunakan wig cukup banyak, mulai dari menyebabkan sakit kepala karena ukurannya yang tidak pas, kerontokan rambut akibat terlalu sering ditekuk, hingga munculnya ketombe. Belum lagi jika Anda terus menerus menekuk rambut Anda ke dalam wig yang tidak memiliki sirkulasi udara, tentu rambut asli Anda akan menjadi kering, tertekuk, bahkan bisa pula pertumbuhannya menjadi terhambat. Pasalnya, rambut sintetis yang digunakan pada wig bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan kulit kepala Anda akibat tidak mendapatkan minyak alami yang cukup dari udara segar.  Hal inilah yang membuat kulit kepala menjadi  kering, bahkan berketombe.

Belum lagi jika ternyata wig yang Anda gunakan tidaklah bersih, jarang dicuci, bahkan bekas digunakan orang lain. Hati-hati! Bisa saja Anda tertular kutu rambut dari orang lain, meskipun sebenarnya kemungkinan ini amatlah kecil. Tak hanya itu, Anda juga bisa menderita iritasi pada kulit kepala akibat alergi terhadap bahan wig yang tidak cocok. Wah, merepotkan sekali, ya!

Lalu, bagaimana cara menghindari bahaya menggunakan wig?

Nah, kesemua bahaya menggunakan wig ini tentunya tidak mau Anda alami. Karenanya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untu menghindari bahaya menggunakan wig :

  • Gunakan ukuran wig yang tepat, pastikan Anda telah mengukur ukuran kepala Anda dengan pas, sehingga wig tidak menjadi terlalu ketat ataupun terlalu longgar sehingga menyebabkan sakit kepala. Selain itu, pilih pula bahan wig secara tepat, dengan tidak memilih wig dari bahan yang menyebabkan Anda alergi.
  • Bersihkan rambut dan wig Anda secara teratur, jangan sampai keduanya kotor dan menjadi sarang bakteri. Mencuci rambut dan wig secara teratur akan mencegah terjadinya infeksi pada kulit kepala, mencegah kutu rambut, serta timbulnya ketombe.
  • Jangan terlalu lama memakai wig, selalu lepaskan wig Anda beberapa kali dalam sehari, untuk membiarkan rambut asli Anda bernapas secara bebas. Hal ini akan mencegah rambut Anda menjadi kering dan patah-patah.
  • Hindari menggunakan wig yang terlalu pengap, pasalnya wig jenis ini biasanya tidak disertai pori-pori yang bisa membuat rambut Anda bernapas. Hal ini juga akan mencegah rambut Anda menjadi kering.
  • Posisikan rambut Anda secara tepat, dan jangan asal saja menggulungnya ke bawah wig. Pasalnya, mengikat rambut dan menekuknya secara asal-asalan bisa membuat rambut rusak dan mudah patah. Untuk itu, lipat pembungkus rambut Anda ke belakang telinga, sehingga garis rambut Anda terekspos dan sedikitnya dapat bernapas.

Nah, itu dia fakta-fakta tentang bahaya menggunakan wig yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi