Bahaya Mengenakan Pakaian Terlalu Ketat, Apa Saja?

bahaya mengenakan pakaian terlalu ketat

Go Dok – Bahaya mengenakan pakaian terlalu ketat – Dewasa ini gaya busana sudah semakin beragam dan unik. Seiring berkembangnya zaman, gaya pakaian ketat masih sering dilakukan oleh sebagian besar orang, baik laki-laki maupun perempuan. Alasannya bermacam-macam; ada yang ingin terlihat fashionable, ada pula yang memang ingin menonjolkan bagian tubuh tertentunya untuk menarik perhatian lawan jenis. Di balik berbagai alasan tersebut, tahukah Anda bahwa mengenakan pakaian terlalu ketat itu berbahaya bagi kesehatan?

Berikut penjelasan mengenai bahaya mengenakan pakaian terlalu ketat!

1. Pakaian ketat menghambat aliran darah

Bahaya mengenakan pakaian terlalu ketat yang pertama bisa menghambat aliran darah Anda. Pasalnya, tekanan yang disebabkan pakaian yang terlalu ketat dapat membuat aliran darah menjadi terhambat. Selain itu, jantung pun akan bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

2. Rentan terkena varises

Tekanan yang ditimbulkan pakaian ketat dengan bahan yang agak keras, misalnya denim, akan menimbulkan varises. Masalah ini umumnya dialami kaum perempuan. Menurut sebuah studi, 31% dari populasi perempuan memiliki varises yang salah satunya disebabkan oleh pemakaian pakaian atau celana yang terlalu ketat.

3. Menimbulkan selulit

Selulit adalah garis-garis yang timbul pada permukaan kulit akibat garukan atau peregangan yang umumnya terjadi ketika masa kehamilan. Selain itu, selulit ternyata bisa juga lho disebabkan karena penggunaan pakaian yang terlalu ketat.

4. Kesulitan bernapas

Selanjutnya, bahaya mengenakan pakaian terlalu ketat kesulitan dalam bernafas. Ketika Anda memakai baju yang terlalu ketat akan terjadi tekanan pada daerah dada yang dapat menimbulkan gangguan pada pernapasan seperti kesulitan bernapas. Jika dibiarkan, hal ini akan menyebabkan stress dan kurang konsentrasi.

5. Sakit punggung, pinggang maupun panggul

Jangan Anda kira sakit pada punggung, pinggang maupun panggul hanya muncul saat Anda bekerja terlalu lama dalam posisi duduk atau berdiri. Pakaian yang Anda kenakan pun ternyata memiliki andil besar terhadap kondisi tersebut. Tekanan pada titik tertentu ketika Anda berpakaian ketat akan membuat otot lebih tertekan dari biasanya. Pada akhirnya rasa sakit atau kesemutan akan sering Anda alami pada bagian tubuh ini.

6. Memperlambat pencernaan

Ketika celana Anda terlalu ketat dan menekan perut, sistem pencernaan pun ikut tertekan. Akibatnya, kerja sistem pencernaan menjadi terhambat dan menyebabkan makanan sulit dicerna. Jika terlalu sering dilakukan, maka Anda akan merasakan gangguan pencernaan seperti sembelit, nyeri usus, dan pembengkakan perut.

7. Menyebabkan jamur vagina tumbuh subur

Memakai pakaian ketat, terutama jeans akan menekan bagian vagina bagi wanita. Hal ini akan menyebabkan naiknya suhu dan kelembapan pada bagian tersebut. Akibatnya, jumlah jamur dan bakteri  akan meningkat berlebihan di daerah tersebut.

8. Menyebabkan produksi dan kualitas sperma menurun

Masalah yang dialami kaum pria ketika terlalu sering menggunakan celana ketat adalah menurunnya kualitas dan kuantitas sperma. Selain itu, dapat pula menyebabkan rasa nyeri pada testis.

9. Kelumpuhan

Terakhir, bahaya mengenakan pakaian ketat bisa memicu kelumpuhan. Lho kok bisa? Kelumpuhan akibat penggunaan celana jeans ketat tidak dirasakan secara langsung, tetapi bertahap. Terdapat kasus nyata tentang hal ini, mula-mula sang wanita pemakai jeans ketat tersebut merasa bahwa kakinya telah mati rasa. Kemudian, ia mulai merasakan sakit pada kakinya. Ia sering terjatuh dan mengalami kesulitan berjalan. Pada akhirnya kaki wanita ini mengalami pembengkakan dan kelumpuhan yang disebut sebagai sindrom kompartemen. Untuk mengatasi sindrom kompartemen yang sudah parah, perlu dilakukan pembedahan.

Nah, bagi Anda pecinta baju ketat, ada baiknya mulai sekarang mengurangi kebiasaan ini. Karena, bahaya mengenakan baju ketat tak main-main, lho. Jangan hanya karena ingin tampil fashionable, Anda mengabaikan kesehatan Anda. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

TW/PJ/MA

Referensi