Bahaya Memakai Bra Berkawat; Pemicu Kanker Payudara?

Bahaya memakai bra berkawat

Bahaya memakai bra berkawat ; meski membuat bagian dada Anda lebih atraktif, bra berkawat ternyata bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Untuk itu, lebih selektiflah dengan mengetahui cara memilih bra yang sesuai dan tidak membahayakan kesehatan Anda.

 

Go Dok Bra, alias Breast Holders yang dalam banyak kultur disingkat menjadi BH, tentu bukanlah benda yang asing bagi Anda, terutama kaum Hawa. Hampir setiap wanita remaja maupun dewasa menggunakan produk ini. Alasannya? Tentu agar bagian payudara Anda tidak terlihat menjuntai lemas di balik baju, melainkan tegak, lembut, dan berisi. Tak hanya itu, pemakaian bra juga menjadi salah satu cara agar bagian dada Anda terlihat lebih terangkat dan menarik. Salah satu jenis bra yang dapat memberikan efek tersebut adalah bra berkawat. Adanya kawat di bagian bawah penutup lingkaran masing-masing payudara, merupakan suatu upaya agar bra dapat menopang payudara Anda lebih baik. Namun, meski membuat bagian dada Anda lebih atraktif, bra berkawat ternyata bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Apa sajakah bahaya memakai bra berkawat? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Beberapa bahaya memakai bra berkawat

  • Menyebabkan kulit dada terabrasi

Di mana menggunakan bra berkawat berarti kulit di sekeliling payudara Anda menerima tekanan yang lebih kuat dibandingkan bra tanpa kawat. Nah, jika Anda memakai bra berkawat seharian tanpa melepasnya meski sedang tidur, maka efek tekanan ini akan terasa. Tekanan dari kawat bra menimbulkan bekas kemerahan, yang bisa saja membuat kulit sedikit terabrasi.

  • Menimbulkan infeksi kulit

Yang akan Anda alami dari bahaya memakai bra berkawat yang satu ini kulit sekeliling dada yang terabrasi bisa saja lama kelamaan menjadi luka terbuka, sehingga memungkinkan bakteri, virus, dan jamur di permukaan kulit dada menjadi lebih mudah masuk dan menginfeksi kulit Anda.

  • Menimbulkan luka ringan atau lecet

Di mana bahaya memakai bra berkawat ini kemungkinan besar bisa terjadi jika  bahan yang melapisi kawat bra Anda lama kelamaan tergerus dan semakin tipis. Bahkan pada bra yang sudah lama dipakai, bahan pelapis ini bisa jadi robek-robek, dan tanpa sadar kawat bra Anda menonjol keluar. Nah, kawat yang terekspos ini besar kemungkinannya untuk melukai kulit sekitar dada Anda, baik luka yang ringan maupun lecet kemerahan. Jadi, ada baiknya Anda selalu mengganti bra saat kawatnya sudah mulai terlihat.

  • Menimbulkan reaksi alergi

Yang mana hal ini hanya terjadi jika kawat bra menonjol keluar dan bergesekan langsung dengan kulit, sementara Anda memang memiliki alergi terhadap bahan kawat bra tersebut. Jika timbul reaksi alergi, kulit di sekitar dada Anda bisa menjadi gatal-gatal, kemerahan, dan timbul ruam bahkan bengkak. Untuk mengatasinya, bisa jadi Anda harus menggunakan anti-alergen yang diresepkan dokter.

  • Menyebabkan sakit punggung

Bahaya memakai bra berkawat ini diakibatkan oleh pemakaian bra berkawat terlalu lama. Pasalnya, otot trapezius yang menghubungkan leher dan bahu bisa menjadi kencang atau tegang jika terlalu lama menggunakan bra berkawat dengan ukuran tidak pas (kekecilan). Hal ini karena kawat pada bra berukuran kecil akan menekan otot tersebut, sehingga menimbulkan nyeri pada punggung, leher, dan bahu Anda. Karenanya, jangan seharian memakai bra berkawat, ya!

Lalu, benarkah kanker payudara merupakan salah satu bahaya memakai bra berkawat?

Jawabannya adalah tidak benar. Berdasarkan beberapa penelitian terbaru, yang dalam tesnya melibatkan wanita pengguna berbagai jenis bra, dari berbagai usia dan kalangan, menyatakan bahwa tidak ditemukan hubungan antara pemakaian bra dan sel-sel kanker. Baik itu bra berkawat maupun tidak berkawat. Argumen yang ada adalah bahwa pemakaian bra berkawat dapat menghambat sirkulasi cairan getah bening dan menghambat drainase cairan tubuh, sehingga nantinya akan menyebabkan gangguan pada sistem pembuangan zat-zat yang tidak diperlukan dari tubuh. Jika zat-zat dan cairan ini terhambat, maka mereka tidak akan bisa disekresi, lalu menumpuk dan menimbulkan kanker payudara. Ingat, hal ini tidaklah benar karena para ahli tdak menemukan koneksi apapun antara kanker payudara dan pemakaian suatu jenis bra.

Nah, itu dia serba-serbi bahaya memakai bra berkawat yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi