Beberapa Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan

makanan yang tidak boleh dipanaskan

Makanan yang tidak boleh dipanaskan terdiri dari ayam dan telur, bayam, jamur, kentang, gorengan dan santan. Makanan tersebut jika dipanaskan akan menghasilan zat yang berbahaya bagi tubuh Anda.

Go Dok Apakah Anda termasuk orang yang terbiasa memanaskan kembali masakan yang tersisa agar dapat dimakan di lain waktu dengan tujuan berhemat dan tidak membuang-buang makanan? Jika iya, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua makanan dapat dipanaskan.

Ini dia beberapa jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan ulang!

1. Ayam dan Telur

Ayam dan telurnya mengandung banyak bakteri salmonella di dalamnya. Oleh karena itu, pastikan semua bagian daging dan telur terkena panas yang cukup agar bakteri yang terkandung mati.  Lalu, kenapa daging dan telur ayam  termasuk kedalam daftar makanan yang tidak boleh dipanaskan ulang?

Ini dikarenakan komposisi protein di dalamnya akan pecah dan dapat  memicu timbulnya zat yang berbahaya bagi sistem pencernaan.

2. Bayam

Anda mungkin sering mendengar bahwa bayam merupakan salah satu makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali. Alasannya karena dalam proses pemanasan, bayam dapat membentuk nitrat dalam jumlah yang cukup tinggi.

Meskipun nitrat tidak berbahaya bagi tubuh, tetapi nitrat dapat berubah menjadi nitrit dan kemudian menjadi nitrosamin yang bersifat karsinogenik.

3. Jamur

Menurut Dewan Kesehatan Makanan Eropa, jamur adalah salah satu makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali. Kenapa? Karena jika dipanaskan, jamur akan mengalami perubahan rasa dan komposisi protein. Jadi tidak hanya rasanya yang menjadi kurang sedap, Anda juga tidak akan mendapatkan manfaat optimal dari mengonsumsi makanan satu ini.

Jika memang terpaksa harus dipanaskan, pastikan jamur disimpan tidak lebih dari 24 jam di kulkas. Lalu, panaskan kembali dengan suhu 70oC.

4. Kentang

Bagi Anda pecinta makanan berbahan dasar kentang, usahakan untuk tidak memanaskan makanan ini berulang-ulang. Sebab, kandungan gizi yang ada di dalamnya akan berkurang secara siginifikan.

Selain itu, proses memanaskan ulang kentang ternyata dapat memicu terbentuknya bakteri botulisme yang sangat berbahaya bagi tubuh.

5. Gorengan dan Santan

Gorengan dan makanan bersantan memang sangat diminati masyarakat Indonesia. Namun, sebaiknya tidak dipanaskan ulang karena dapat membuat kolesterol menumpuk akibat proses pemanasan ulang yang menggunakan minyak.

Hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan karena dapat memicu beberapa jenis penyakit berat, seperti jantung koroner, stroke, dll.

Jadi, setelah mengetahui beberapa makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali di atas. Segera urungkan niat Anda untuk memanaskan menu makanan di atas, ya!

 

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

Comments are closed.