Bahaya Duduk Menyilangkan Kaki, Apa Saja?

Bahaya duduk menyilangkan kaki

Bahaya duduk menyilangkan kaki ; Menyilangkan kaki biasa dihubungkan dengan penyakit varicose veins atau varises vena bahkan isu yang beredar bahwa  menyilangkan kaki dapat merusak saraf, memicu tekanan darah tinggi dan juga postur tidak sempurna, benarkah?

 

Go Dok – Pernahkah Anda mendengar rumor seputar bahaya duduk menyilangkan kaki? Meski kelihatan feminim, ternyata menyilangkan kaki dapat berdampak negatif bagi kesehatan tubuh, seperti meningkatkan risiko perubahan tekanan darah dan sirkulasi tubuh bagian bawah.

Lebih jelasnya, kebiasaan duduk menyilangkan kaki sering dihubungkan dengan penyakit varicose veins atau varises vena yang diikuti rasa gatal dan sakit. Namun menurut John Harris, seorang ahli bedah vascular atau pembuluh darah di Standford Health Care, hal ini tidaklah benar. Sebaliknya, ia malah menyarankan untuk tidak terlalu memikirkan hal ini dan memfokuskan diri dengan berolahraga teratur. Mengapa? Karena dengan begitu, Anda akan otomatis mengurangi kebiasaan aktivitas duduk dengan kaki terlipat. Selebihnya, Harris mengatakan bahwa varises pun merupakan kondisi keturunan, sehingga tidak ada hubungannya dengan kebiasaan duduk melipat kaki.

Lalu, bagaimana dengan isu bahaya duduk menyilangkan kaki seperti merusak saraf, memicu tekanan darah tinggi dan juga postur tidak sempurna? Nah, memang benar ada beberapa kasus yang menyatakan bahwa menyilangkan kaki dapat menyebabkan beberapa penyakit tersebut, namun Anda jangan panik karena ini adalah dampak sementara, seperti ketika Anda menyilangkan kaki dan kemudian merasakan keram atau mati rasa, efeknya akan langsung hilang di saat meluruskan kaki, bukan? Hal ini karena, menyilangkan kaki dapat menyebabkan tekanan pada saraf peroneal pada bagian belakang lutut, dan akan hilang dengan sendirinya saat kaki diluruskan.

Selanjutnya, menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Nursing, hubungan antara sering menyilangkan kaki dan menaiknya tekanan darah tinggi memang ada. Tetapi, sama seperti di atas, kondisi ini hanya terjadi pada saat Anda menyilangkan kaki dan akan dengan otomatis kembali normal di saat meluruskan kaki. Walaupun demikian, Anda jangan menyilangkan kaki selama berjam-jam, ya! Pastikan Anda berdiri dari waktu ke waktu (sekitar setiap 15-20 menit) dan melakukan stretching atau berjalan-jalan sebelum duduk kembali.

Rumor lainnya yang mungkin Anda dengar dikhawatirkan banyak orang adalah akibat dari menyilangkan kaki yang dapat merusak postur tubuh menjadi tidak sempurna sehingga memengaruhi tingkat stres hingga mempengaruhi sistem pencernaan. Untuk yang satu ini, kebenarannya memang ada. Namun, apabila Anda terus memastikan postur punggung Anda tetap tegak ketika menyilangkan kaki ini untuk tetap tegak, permasalahan ini tidak akan muncul kok!

Malah sebaliknya, menurut penelitian University Medical Centre di Rotterdam, jika Anda selalu duduk dengan punggung tegak namun kaki di silangkan, ternyata dapat meningkatkan pemanjangan otot piriformis yang terletak di area belakang bokong hingga 11% ke arah paha, dibandingkan dengan yang duduk biasa. Menarik, bukan?

Nah, walaupun isu mengenai bahaya duduk menyilangkan kaki tidak semua benar, namun pastikan Anda melakukan stretching atau pereganggan setelah lama duduk menyilangkan kaki ya!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.