Bahan Alami untuk Mengatasi Siku dan Lutut Hitam

Mengatasi siku dan lutut hitam

Mengatasi siku dan lutut hitam bisa dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti lemon, minyak kelapa, gula, baking soda, lidah buaya dan dadi susu. Kandungan dalam bahan alami tersebut dapat mencerahkan dan menghaluskan kulit serta mencegah kulit kering.

Go Dok Siku dan lutut yang menghitam tentulah tidak sedap dipandang. Anda pun jadi tidak bisa mengenakan celana pendek favorit atau dress kesayangan apabila kedua bagian itu berwarna lebih gelap dari sebagian besar kulit. Hitamnya siku dan lutut pastinya dapat membuat kepercayaan diri Anda berkurang.

Perlu diketahui, kulit di sekitar siku dan lutut biasanya memang lebih tebal dibanding dengan kulit di bagian lain. Ia juga memiliki lebih banyak lipatan (karena berada di persendian) dan cenderung lebih kering karena bagian tersebut tidak memproduksi minyak (karena tidak ada kelenjar minyaknya). Oleh karena itu, jika siku dan lutut tidak dirawat secara layak akan membuatnya jadi lebih gelap dibandingkan bagian tubuh Anda yang lain.

Perlu diketahui kalau menghitamnya siku dan lutut disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan, kulit kering, ketidakseimbangan hormon, sering digosok, meningkatnya pigmen melanin, faktor genetik, dan obesitas adalah beberapa faktor yang berkontribusi pada siku dan lutut gelap.

Namun tidak perlu khawatir. Anda bisa mengurangi warna gelap, atau bahkan mengatasi siku dan lutut hitam tersebut dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di rumah. Apa saja?

Berikut bahan alami untuk mengatasi siku dan lutut hitam:

1. Lemon

Ini adalah hal pertama yang mungkin Anda bayangkan akan berada di daftar menghilangkan siku dan lutut hitam karena bahan pemutih dan pengelupasan yang terkandung di dalamnya. Lemon juga mengandung kadar vitamin C tinggi yang membantu menghilangkan sel kulit mati dan mencerahkan warna kulit. Ia juga mendorong regenerasi sel kulit yang sehat.

Caranya, pijat lembut siku dan lutut dengan air perasan lemon selama beberapa menit. Biarkan selama sekitar 20 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Jangan lupa oleskan pelembap setelahnya.

Perlu diingat untuk menghindari paparan sinar matahari setelah mengoleskan air perasan lemon tadi.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung vitamin E yang dapat membantu mencerahkan warna kulit dan mencegah kekeringan dengan menjaga supaya kulit terhidrasi dan lembap. Ia juga bisa memperbaiki kulit rusak dan menghitam.

Setiap habis mandi, pijat lembut siku dan lutut Anda selama satu sampai dua menit dan oleskan ulang beberapa kali dalam sehari untuk mencegah kekeringan.

3. Gula

Scrub gula buatan rumah sempurna untuk mengatasi siku dan lutut hitam agar menjadi cerah. Ini karena butiran gula mengelupas sel kulit kering dan menghaluskan kulit.

Campur gula dan minyak zaitun dengan takaran yang sama lalu gosok siku dan lutut dengan gerakan memutar selama 5 menit. Selanjutnya bilas dengan sabun berformula lembut dan air hangat.

Lakukan ini sehari sekali sampai warna kulit di siku dan lutut tampak cerah. Jika sudah mendapat hasil yang diinginkan, frekuensinya bisa diubah menjadi seminggu sekali.

4. Baking soda

Baking soda bertindak sebagai pembersih yang lembut dan efektif untuk mengatasi siku dan lutut secara cepat.

Caranya, campur satu sendok makan susu dan baking soda. Gosok pada area yang diinginkan dengan gerakan melingkar selama 2 hingga 3 menit. Setelahnya, bilas dengan air hangat dan keringkan. Ulangi cara di atas seminggu dua kali sampai Anda mendapatkan hasil memuaskan.

5. Lidah buaya

Pencerah kulit alami yang lain adalah lidah buaya. Ia dapat membantu menghidrasi dan melembapkan kulit. Lidah buaya juga merawat warna kulit agar selalu rata dan membantu memperbaiki sel kulit yang rusak karena paparan matahari.

Oleskan gel dari daging lidah buaya pada area yang diinginkan. Cuci dengan air hangat setelah didiamkan selama 20 menit. Ulangi 1 atau 2 kali setiap hari selama beberapa minggu.

6. Dadih susu

Dadih susu dikenal sebagai pelembap yang bagus. Namun tak banyak yang tahu kalau dadih ini juga dapat mengatasi siku dan lutut hitam.

Tambahkan satu sendok teh cuka dan satu gram tepung pada dadih susu lalu oleskan campuran tersebut pada kulit. Bilas dengan air hangat setelah didiamkan selama 15 menit.

Jika digunakan secara rutin dan disiplin, keenam bahan di atas bisa membuat siku dan lutut Anda menjadi lebih cerah. Anda pun akhirnya bisa mengatakan selamat tinggal pada siku dan lutut yang hitam dan kembali mengenakan pakaian favorit setelahnya.

 

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

 

YS/JJ/MA

Referensi