Bahan alami Pembersih Daki yang Bisa Anda Coba

Bahan alami pembersih daki

Bahan alami pembersih daki bisa menjadi alternatif selain menggumakan produk pembersih kulit yang tersedia di toko. Bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan tubuh dari daki tersebut susu, timun, oatmeal dan kopi.

Go Dok Kulit Anda bersentuhan dengan banyak kotoran. Terlepas apakah Anda menghabiskan waktu di dalam atau di luar ruangan. Dari waktu ke waktu, kotoran itu akan menumpuk di permukaan kulit dan pori-pori Anda. Sehingga nantinya menyebabkan berbagai masalah kulit seperti kusam, jerawat, dan tanda-tanda penuaan dini.

Perlu diketahui kalau yang menumpuk di kulit bukan hanya kotoran saja tapi juga serpihan kulit mati. Serpihan kulit mati yang bercampur kotoran biasa disebut dengan daki. Jika tidak dibersihkan secara rutin, kulit Anda akan menghasilkan gumpalan hitam berupa daki. Tentunya ini bukan hal yang nyaman untuk dilihat bukan?

Untuk mencegah hal-hal di atas terjadi, sangat penting untuk memastikan agar kulit Anda tetap bersih dan bebas kotoran setiap saat. Namun meski terdapat banyak sekali produk pembersih kulit tersedia di toko, mayoritas dari produk-produk tersebut mengandung kimia keras yang mungkin malah memberikan keburukan daripada kebaikan bagi kulit.

Itulah mengapa alternatif bahan alami pembersih daki sangatlah dibutuhkan. Tidak hanya aman, kulit Anda juga akan terbebas dari daki dan berbagai kotoran yang menumpuk di permukaannya.

Berikut 4 bahan alami pembersih daki  yang bisa digunakan untuk membersihkan tubuh Anda!

 1. Susu

Tak hanya nikmat diminum, susu ternyata bisa jadi bahan alami pembersih daki yang paling efektif, lho. Ia berfungsi secara efektif pada kebanyakan jenis kulit.

Ambil 5 sendok makan susu dingin dan tambahkan sejumput garam. Gunakan sendok bersih untuk mengaduk campuran tersebut hingga rata. Lalu ambil kapas untuk direndam ke campuran tersebut. Tepuk-tepuk kapas yang direndam tadi ke wajah dan permukaan kulit yang biasanya terdapat tumpukan daki. Diamkan selama satu atau dua menit. Lalu gosok lembut kulit dengan gerakan memutar sebelum dibilas.

Campuran garam dan susu ampuh untuk mengelupas permukaan kulit. Ia akan membuang kulit mati dan menutrisinya. Wajah pun akan menjadi bercahaya dan segar. Susu juga berguna untuk menghaluskan kulit, mencerahkan, serta meratakan warnanya.

2. Timun dan dadih susu

Timun bekerja sebagai pembersih yang baik. Ia juga memiliki kandungan yang dapat mengencangkan kulit. Memberikan rasa kulit yang halus, segar, dan menutrisi. Jika dicampur dengan dadih susu, ia mampu membersihkan daki dan kotoran lain dari kulit Anda.

Ambil timun yang sudah dikupas dan blender hingga menjadi jus segar. Tambahkan sekitar dua hingga tiga sendok makan dadih susu segar. Aduk hingga rata lalu oleskan pada kulit sambil digosok. Bilas dengan air dingin.

3. Oatmeal

Bahan alami pembersih daki selanjutnya adala oatmeal. Bahan alami ini merupakan pengelupas dan pembersih kulit alami. Ia berfungsi untuk mengeluarkan kotoran dan membersihkan pori. Bahan ini sempurna bahkan pada kulit yang sangat sensitif.

Buatlah campuran dari satu sendok makan susu, satu sendok makan oatmeal, dan beberapa tetes madu. Tambahkan sedikit air lalu aduk hingga menjadi pasta. Oleskan pasta pada kulit lalu gosok lembut dengan gerakan memutar. Bilas sesudahnya.

4. Kopi

Tak banyak yang tahu kalau kopi merupakan bahan alami pembersih daki. Bubuk kopi dapat menjadi pengelupas kulit untuk mengenyahkan sel kulit mati dan terutama daki. Kopi juga kaya akan flavonoid yang jika digunakan langsung pada kulit, dapat memperbaiki tekstur kulit serta menjaga kilaunya.

Di sebuah mangkuk, campur tiga sendok makan bubuk kopi, satu sendok makan minyak zaitun atau minyak almond, satu sendok makan madu, dan satu sendok makan gula dengan butiran halus. Oleskan pasta tersebut pada kulit Anda dan pijat atau gosok dengan gerakan memutar. Diamkan selama 5 sampai 10 menit dan bilas dengan air hangat. Gunakan seminggu sekali dan lihatlah hasilnya.

Alam selalu menyediakan banyak kebaikan ketika kosmetik atau produk pembersih di pasaran gagal untuk memberikan yang dibutuhkan oleh kulit. Cobalah resep dari beberapa bahan alami pembersih daki di atas untuk mengenyahkan daki. Dijamin Anda akan terkejut setelah melihat hasilnya.

 

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari SmartphoneDownload aplikasinya di sini.

 

YS/JJ/MA

Referensi