Bagaimanakah Cara Kerja Sistem Pernafasan Manusia?

cara kerja sistem pernafasan manusia

Go DokCara kerja sistem pernafasan manusia – Tubuh manusia adalah sebuah sistem canggih ciptaan Tuhan yang penuh dengan keajaiban. Dikatakan demikian karena semakin kita mengetahui rahasia sistem kerja pada tubuh, kita akan semakin kagum pada penciptanya. Salah satu sistem yang paling vital dalam tubuh manusia adalah sistem pernafasan. Tanpa sadar kita bernafas sepanjang waktu. Ketika nafas terhenti, maka dikatakan kita telah mati.

Proses pernafasan jika dilihat sekilas tampak sangat singkat dan sederhana, yakni hanya menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida melalui hidung. Sebenarnya proses pernafasan tidak sesederhana itu. Bagaimana sistem pernafasan manusia bekerja?

Berikut cara kerja sistem pernafasan manusia berdasarkan organ yang dilalui udara:

1. Rongga Hidung

Cara kerja sistem pernafasan manusia di mulai dari rongga hidung. Pernafasan dimulai ketika rongga hidung menghirup oksigen dari udara. Udara yang masuk ke rongga hidung tidak selalu bersih. Oleh karena itu, ada rambut-rambut halus yang disebut silia yang berguna menyaring kotoran. Selain itu, ada pula selaput lendir yang menjebak partikel debu dan mengubahnya menjadi kotoran hidung.

2. Trakea atau tenggorokan

Dari rongga hidung, udara akan diteruskan ke trakea yang merupakan jalan nafas utama ke paru-paru.

3. Bronkus

Cara kerja sistem pernafasan manusia setalah itu akan melalui bronkus. Bronkus merupakan cabang dari tenggorokan yang masuk ke saluran paru-paru kiri dan kanan. Udara dari tenggorokan akan diteruskan ke paru –paru kiri dan kanan melalui bronkus ini.

4. Bronkiolus dan alveolus

Setalah melalui bronkus, dalam cara kerja sistem pernafasan manusia akan menuju bronkiolus dan alveolus. Seperti halnya pohon, cabang terbagi lagi menjadi ranting. Bronkus pun sama, ia akan terbagi dan bercabang lagi menjadi bagian yang lebih kecil bernama bronkiolus.

Udara yang masuk ke bronkiolus akan diteruskan ke ujung-ujung bronkiolus yang berupa gelembung-gelembung berbentuk seperti anggur. Bagian ini dinamakan alveolus, yakni tempat bertukarnya oksigen dan karbondioksida. Setiap manusia kurang lebih memiliki 300 juta alveolus.

Pertanyaan berikutnya adalah ke manakah oksigen yang bertukar dengan karbondioksida tadi pergi? Di dalam alveolus terdapat pembuluh darah kapiler. Hemoglobin dalam darah akan mengikat oksigen dan membawanya menuju jantung untuk dipompa dan disebarkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah.

Darah yang telah melepaskan oksigen akan mengikat karbondioksida dan membawanya ke jantung untuk dipompa ke paru-paru. Karbondioksida ini kemudian dilepaskan oleh paru-paru melalui proses ekspirasi ke luar tubuh. Sedangkan oksigen yang masuk terus diedarkan kembali ke seluruh tubuh bersama darah.

Saat bernafas, terjadi dua mekanisme pernafasan, yakni pernafasan dada dan pernafasan perut. Kedua pernafasan ini melalui dua fase yang sama, yakni inspirasi dan ekspirasi.

Pada pernafasan dada, ketika kita menghirup udara, tulang rusuk dan ototnya akan terangkat, paru-paru mengembang, tekanan udara dalam paru-paru lebih kecil daripada udara luar sehingga menyebabkan udara luar masuk ke paru-paru. Kemudian saat fase ekspirasi, tulang rusuk menurun dan ototnya relaksasi, paru-paru menyusut karena tekanan udara di paru-paru lebih besar daripada udara luar sehingga udara keluar dari paru-paru.

Sedangkan pada pernafasan perut, saat inspirasi diafragma akan berkontraksi, paru-paru mengembang karena udara luar masuk. Kemudian saat ekspirasi, diafragma akan relaksasi dan paru-paru mengempis akibat udara dari paru-paru keluar.

Proses pernafasan yang terlihat simpel ternyata cukup panjang jika dijelaskan langkah demi langkah. Bersyukurlah karena Tuhan menganugerahi sistem yang begitu rumit namun sangat dinamis di dalam tubuh kita.

Nah, itu tadi cara kerja sistem pernafasan manusia Jagalah selalu sistem pernafasan kita dengan baik karena betapa vitalnya sistem ini bagi hidup kita.

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

 

TW/PJ/MA

Referensi