Bagaimana Cara Mengenali Ciri ciri Hamil Muda?

Ciri ciri hamil muda

Ciri ciri hamil muda ; tes kehamilan seperti test pack dan USG merupakan cara paling jitu dalam mengetahui kehamilan seseorang. Nah, rupanya selain tindakan medis tersebut, Anda juga bisa mengenali ciri ciri hamil muda dengan merasakan reaksi dalam tubuh Anda.

 

Go Dok Anda termasuk pasutri yang sedang menunggu kehamilan? Kalau iya, artinya Anda sedang membaca artikel yang cocok dengan kondisi saat ini. Tulisan ini akan membantu Anda untuk mengenali ciri ciri hamil muda yang sering muncul dalam minggu-minggu pertama pasca konsepsi.

Sebelumnya, gejala hamil muda cukup bervariasi pada setiap individu, lho. Setiap orang bisa memiliki gejala dengan intensitas, frekuensi, dan durasi yang berbeda-beda. Seperti yang Anda ketahui, saat ini tes kehamilan dan USG merupakan cara paling jitu dalam mengetahui kehamilan seseorang. Nah, rupanya selain tindakan medis tersebut, Anda juga bisa mengenali ciri ciri hamil muda dengan merasakan reaksi dalam tubuh Anda.

Mau tau apa saja? Nah, khusus untuk Anda, cek daftar ciri ciri hamil muda berikut ini, ya!

Nyeri pada payudara

Perubahan pada payudara merupakan cara mengenali ciri ciri hamil muda yang paling sering muncul, terutama pada usia kandungan 4-6 minggu pertama. Umumnya, payudara akan terlihat lebih besar dari biasanya. Namun pada beberapa kasus, nyeri pada payudara juga sering terjadi karena adanya perubahan hormon saat hamil.

Ketidaknyamanan dari gejala ini bisa Anda kurangi, lho. Bra yang lembut dan tidak kaku bisa mengurangi nyeri pada payudara. Satu yang perlu Anda catat adalah, selalu pastikan busana yang Anda kenakan tidak menimbulkan gesekan atau tekanan pada dada, ya!

Lemas dan moody

Apakah Anda termasuk orang yang sulit bangun dari tempat tidur dan merasa tidak fit untuk melakukan apapun? Bisa jadi kondisi ini merupakan ciri hamil muda, lho. Hormon progesteron yang tidak stabil menjadi tersangka utama jika Anda merasakan lemas tiba-tiba dan perubahan suasana hati yang tidak menentu.

Makanya, buatlah suasana lingkungan Anda senyaman mungkin. Misalnya, suhu udara, kelembapan, atau musik bisa membantu Anda mengatasi gejala ini, lho. Pastikan memiliki jam tidur yang cukup ya agar Anda tidak mudah mengalami kelelahan secara mendadak dan berkepanjangan.

Kram perut dan pendarahan

Nyeri pada perut dan adanya darah yang keluar dari vagina memang bisa jadi gejala menstruasi. Namun, jika Anda sedang memasuki minggu pertama atau kedua kehamilan, darah yang keluar biasanya lebih sedikit dan lebih cerah dari darah saat sedang datang bulan. Hal ini terjadi karena ada sel telur yang sudah dibuahi melekat pada saluran uterus.

Untuk kasus kram, sayangnya tidak ada perbedaan antara kram saat hamil muda dengan menstruasi, nih. Jika Anda mengalami gejala hamil muda ini, sebaiknya hentikan semua kebiasaan tidak sehat agar dapat menghindari calon bayi dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Mual dan sakit kepala

Para ibu yang sedang memasuki masa kehamilan pada minggu ke empat sampai ke enam, mengalami mual dan sakit kepala yang berlebihan sehingga hal ini bisa saja terjadi saat Anda bekerja, menonton televisi, atau saat akan bangun tidur.

Biasanya, gejala kehamilan ini dapat menurunkan nafsu makan Anda. Maka dari itu, tetap usahakan untuk mendapat asupan gizi untuk dua orang ya, Anda dan si calon bayi. Selain itu, menjaga tubuh agar terhindar dari dehidrasi juga penting, lho. Jika memburuk, bisa saja Anda harus mendapatkan perawatan intensif.

Nah, itulah beberapa cara mengenali ciri ciri hamil muda yang paling sering muncul bagi para ibu yang sedang berbadan dua. Jika Anda sudah mengetahui dengan pasti bahwa Anda sedang hamil, pastikan rutin menemui dokter kandungan ya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kandungan Anda? Gunakan fitur ‘tanya Dokter’ untuk chat dokter seputar penanganannya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

RZ/TP/PJ/MA

Referensi