Bagaimana cara mengatasi sembelit yang efektif?

cara mengatasi sembelit

Cara mengatasi sembelit ; Secara medis, seseorang bisa dikatakan sembelit jika memiliki frekuensi buang air besar yang kurang dari 3 kali dalam seminggu. Cara mengatasi sembelit bisa dengan mengonsumsi buah dan sayur yang tinggi serat atau mengonsumsi suplemen.

 

Go Dok“Ayo makan buah dan sayur agar tidak sulit buang air besar!”

Sepertinya semua orang selalu diingatkan hal tersebut oleh orang tua, ya. Yups, pada dasarnya semua yang dikatakan orang tua memang baik untuk dilakukan, kok. Termasuk menganjurkan anaknya untuk sering mengonsumsi menu yang bergizi.

Buang air besar memang seharusnya menjadi rutinitas Anda sehari-hari, ya. Setelah mengonsumsi makanan dan minuman, sisa-sisa nutrisi yang tidak terpakai memang seharusnya dibuang menjadi feses melalui anus. Kalau tidak, bisa saja zat sisa tersebut mengendap menjadi racun yang membahayakan metabolisme tubuh.

Paham dong rasanya sembelit seperti apa. Perasaan perut yang penuh kemudian menghantui aktivitas Anda seharian. Akibatnya, pergerakan Anda jadi terbatas, deh.

Yuk, kenali sembelit dan cara mengatasi sembelit berikut ini!

Apa itu sembelit?

Pengertian sembelit bagi setiap orang bisa berbeda-beda. Ada orang yang membuang air besar 2 kali setiap hari dan merasa sembelit jika 2 hari tidak mengeluarkan feses. Ada juga yang rutin buang air besar 2 hari sekali dan merasa tubuhnya sehat.

Lalu berapa frekuensi ideal untuk membuang air besar dalam sehari? Secara medis, seseorang bisa dikatakan sembelit jika memiliki frekuensi buang air besar yang kurang dari 3 kali dalam seminggu. Selain itu, kesulitan mengeluarkan dan feses yang keras juga bisa menjadi tanda seseorang mengalami sembelit. Tidak jarang dalam kondisi yang parah, terdapat bercak darah pada feses yang dikeluarkan karena adanya luka/iritasi pada bagian anus.

Sembelit biasanya timbul seiring bertambahnya usia. Salah satu alasan utamanya karena menurunnya kinerja fungsi pencernaan di dalam tubuh. Makanya, tidak jarang terlihat mereka yang sudah mulai lanjut usia memiliki postur tubuh yang cenderung gemuk dan tidak kencang.

Lalu, bagaimana cara mengatasi sembelit?

Agar tidak menimbulkan bahaya pada kesehatan Anda, segera atasi sembelit yang Anda alami dengan cara berikut ini:

  • Pada dasarnya sembelit terjadi karena tubuh Anda kurang cairan dan serat.Untuk itu, sebagai  cara mengatasi sembelit ada baiknya untuk lebih sering meminum air dengan menambah 2 hingga 4 gelas air setiap hari. Artinya, minum 10-12 gelar per hari jika Anda mulai merasa gejala sembelit.
  • Selain menambah cairan yang masuk,cara mengatasi sembelit selanjutnya cobalah minum air hangat di pagi hari. Air hangat yang masuk ke dalam tubuh memudahkan usus dalam mengalirkan feses sampai keluar dari anus.
  • Mengonsumsi suplemen yang mengadung serat sintetis dan obat pencahar, baik yang diminum maupun yang disuntikan langsung ke anus untuk melunakan feses
  • Konsumsi sayur dan buah yang tinggi serat dan hindari minuman mengandung kafein karena membuat cairan tubuh Anda jadi berkurang
  • Melakukan olahraga secara rutin juga dapat menjadi alternatif cara mengatasi sembelit, lho, karena gerakan otot ternyata mampu membantu tubuh mencerna makanan, terutama otot pada perut.

Itulah sedikit penjelasan tentang sembelit dan cara mengatasi sembelit. Selain karena kurangnya kandungan serat dalam menu harian, sembelit juga dapat terjadi karena sedang menjalani pengobatan tertentu yang mengharuskan konsumsi obat-obatan seperti antidepresan, antikejang, dan yang sedang menjalani rehabilitasi narkotika. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.

NA/PJ/MA

Referensi