Atasi Keracunan dengan Prosedur Bilas Lambung

Bilas lambung

Bilas lambung ; Ketika Anda divonis keracunan dengan tingkat yang dapat mengancam nyawa, dokter yang menangani Anda biasanya akan menawarkan opsi bilas lambung. Tak hanya itu, kelebihan atau salah dosis dalam mengonsumsi obat yang berbahaya bagi tubuh bisa jadi alasannya juga.

 

Go Dok – Tidak ada angin tidak ada hujan, namun apakah Anda sering merasa ada masalah pada lambung yang datang secara tiba-tiba?  Padahal, sebelumnya Anda tidak mengonsumsi makanan pedas maupun telat makan. Wah hati-hati, bisa jadi Anda membutuhkan bilas lambung, lho.

Memang belum banyak orang yang mengenal bilas lambung mengingat berbagai masalah pada perut biasanya dikaitkan dengan aktivitas asam lambung atau gejala muntaber. Penting untuk diingat, nih, masalah pada perut tidak melulu disebabkan karena telat makan atau mengonsumsi makanan yang kurang higienis. Bisa saja, masalah perut tersebut disebabkan karena Anda keracunan atau overdosis obat, lho.

Bagaimana, mulai tertarik untuk lebih jauh mengenal bilas lambung? Makanya, yuk lanjut terus pantau penjelasannya di bawah sini, ya, siapa tahu Anda membutuhkannya suatu saat nanti.

Apa sih, yang disebut bilas lambung itu?

Sebelum kita mengenal bilas lambung lebih dalam, jangan samakan prosedur ini dengan membilas pakaian ya! Prosedur medis ini dilakukan dengan tujuan mengosongkan isi lambung dalam situasi darurat. Untuk itu, teknik tersebut memerlukan selang dan alat penghisap dalam prosesnya.

Jika Anda sedang dalam kondisi darurat, misalnya keracunan makanan, dan dokter mengharuskan Anda untuk menjalani prosedur bilas lambung, Anda akan langsung diantar ke ruang operasi dan menjalani tes untuk mengetahui tingkat keasaman lambung.

Sang dokter akan memberikan Anda obat bius untuk menenangkan daerah kerongkongan Anda. Hal ini bertujuan untuk melegakan kerongkongan dan menghindari iritasi. Kemudian, tim dokter akan memasukkan selang ke dalam kerongkongan hingga mencapai lambung Anda. Tenang saja, biasanya selang tersebut bersifat elastis, fleksibel, dan sudah dilumuri gel khusus, kok, agar mudah masuk ke dalam perut Anda.

Selanjutnya, dokter biasanya akan memasukkan larutan garam terlebih dahulu ke dalam selang sebelum proses penghisapan dimulai. Larutan ini dapat membantu Anda menyeimbangkan elektrolit setelah prosedur dilakukan. Kemudian, dokter mulai memompa alat hisapnya untuk mengeluarkan isi lambung Anda.

Kapan Anda butuh bilas lambung itu?

Setelah mengenalnya, ternyata tidak semenakutkan yang dibayangkan, ya? Lantas, kapan prosedur bilas lambung ini diperlukan? Tentunya Anda perlu mengetahui sebab-sebab prosedur ini diperlukan, dong? Ketika Anda divonis keracunan dengan tingkat yang dapat mengancam nyawa, dokter yang menangani Anda biasanya akan menawarkan opsi bilas lambung. Tidak hanya itu, kelebihan atau salah dosis dalam mengonsumsi obat yang berbahaya bagi tubuh Anda juga salah satu alasan dokter meminta Anda untuk mengambil prosedur ini, lho.

Bilas lambung ini efektif dalam kurun waktu empat jam sejak zat dari makanan/minuman atau obat yang diduga berbahaya memasuki lambung Anda. Pasalnya, zat tersebut masih belum meninggalkan lambung Anda. Nah, jika sudah terlanjur masuk ke bagian lain setelah lambung, prosedur bilas lambung ini tak lagi bisa diandalkan.

Kini setelah mengenal bilas lambung, istilah tersebut sudah tidak asing lagi bagi Anda, dong. Nah, beberapa waktu belakangan sedang marak nih makanan yang tidak layak dikonsumsi karena dicampur zat-zat kimia yang dapat membahayakan tubuh.

Jadi, ketika Anda merasa ada sesuatu yang salah pada perut setelah mengonsumsi sesuatu, sebaiknya langsung menemui dokter, ya. Kalau sampai terlambat, hal-hal buruk bisa saja terjadi, lho. So, tetap hati-hati ya!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

RZ/TP/PJ

Referensi