Aplikasi Go Dok ; Demografi Usia dan Pertanyaan Para Pengguna

aplikasi Go Dok

Go Dok adalah situs dan aplikasi yang menyajikan Ragam Layanan Kesehatan Terpercaya. Diluncurkan pada pertengahan Desember 2016 kemarin, kehadiran Go Dok menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia akan layanan kesehatan yang cepat, mudah dan terpercaya. Setiap harinya, Go Dok menyajikan ragam informasi kesehatan yang terpercaya karena ditulis langsung oleh tim dokter. Tak berhenti sampai di situ, Go Dok memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan membuat aplikasi yang menyajikan ragam layanan kesehatan. Cari ‘Klinik dan Lab’, Toko Sehat, Artikel dan video, hingga Tanya Dokter adalah beberapa fitur yang dapat dinikmati pengguna setiap harinya.

Salah satu fitur yang menjadi andalan dalam aplikasi Go Dok adalah fitur ‘Tanya Dokter’. Melalui fitur ini, pengguna dapat melakukan sesi konsultasi dengan dokter umum maupun spesialis kapan dan di mana saja. Melayani lebih dari ribuan pertanyaan setiap harinya, pengguna Go Dok dibagi menjadi 5 kategori, yaitu 18-22 tahun, 23-27 tahun, 28-32 tahun, 43-47 tahun, dan Lainnya. Lalu apa sajakah jenis pertanyaan yang sering ditanyakan para pengguna aplikasi Go Dok? Uniknya menurut dr. Jolinda Johari dari aplikasi Go Dok, jenis pertanyaan yang ditanyakan pengguna beragam tergantung umurnya. Penasaran dengan detail kategori umur dan jenis pertnyaan yang sering dilontarkan? Berikut infonya!

Aplikasi Go Dok

23-27 Tahun

36% pengguna aplikasi Go Dok berasal dari usia produktif yang berasal dari kalangan millennial dan jika dilihat lebih lanjut sebagian besar usia berikut berstatus sebagai wiraswasta, pekerja kantoran hingga pasangan muda.

Tak heran jika, pertanyaan yang hadir didominasi seputar kehidupan hubungan suami istri, terutama bagi mereka yang berencana langsung memiliki anak setelah menikah. Selain itu, topik seperti masalah wajah, olahraga, hingga gaya hidup juga mendominasi pada usia tersebut.

18-22 Tahun

Tips dan trik perawatan kecantikan wajah, tips olahraga yang sesuai bagi para pria yang sedang bersemangat untuk membentuk badan di pusat kebugaran, dan tentunya menu diet adalah beberapa pertanyaan yang paling banyak ditanyakan pada usia tersebut. Jangan heran, sebab pada usia tersebut kebanyakan dari mereka berstatus pelajar, mahasiswa, hingga pasangan baru.

28-32 Tahun

Setelah itu, 20% dari seluruh pengguna Go Dok berasal dari kalangan usia 28-32 tahun. Nah, mayoritas user Go Dok dari rentang usia ini berasal dari kalangan ibu rumah tangga yang berkonsultasi seputar pola asuh dan mendidik anak saat berada di rumah.

Selain itu, tidak sedikit juga pertanyaan keluar dari pasangan suami istri yang belum juga dikarunia anak. Untuk menjawab pertanyaan tersebut tim dokter Go Dok, biasanya menyarankan user untuk melakukan cek kesuburan untuk memastikan kondisi sel sperma dan sel telur agar pasangan bisa dapat segera mendapatkan keturunan.

43-47 Tahun

Sedangkan jenis-jenis pertanyaan yang biasa dilakukan oleh mereka yang berumur 43-47 tahun meliputi diabetes, osteoporosis, serta penyakit yang banyak menyerang usia lanjut seperti stroke dan hipertensi. Selain itu, bagi para wanita pertanyaan seputar perubahan hormon akibat fase menopause pun banyak diterima oleh tim dokter Go Dok.

Lainnya

Di luar rentang usia ini, tim dokter Go Dok juga sering melayani pertanyaan dari mereka yang mulai berusia emas. Perubahan kondisi kesehatan, terutama bagi wanita yang tengah mengalami masa menopause cenderung mendominasi kolom pertanyaan yang diterima oleh para tim dokter dari Go Dok.

 

aplikasi Go Dok

Setelah melihat topic pertanyaan yang paling diminati pengguna fitur Tanya Dokter, setelah itu kita baru dapat mengurutkan ragam topic yang paling di minati. Menurut diagram di atas dapat disimpulkan bahwa ragam pertanyaan seputar kehidupan seks suami istri dan kesehatan organ seksual menjadi pertanyaan yang paling banyak diterima oleh para tim dokter Go Dok dengan mendominasi 19% dari seluruh jenis pertanyaan.

Kehadiran fitur ‘Tanya Dokter’ pada aplikasi Go Dok sepertinya mulai menjawab keresahan masyarakat yang masih malu dan menganggap tabu untuk berbagi informasi dan berkonsultasi seputar area privasi mereka. Tenang saja, setiap pertanyaan dan identitas setiap user Go Dok terjamin kerahasiaannya, lho!

Lalu, jenis pertanyaan seputar kehamilan dan tips kecantikan juga menjadi pertanyaan favorit selanjutnya yang sering dilontarkan oleh para user Go Dok. Hal ini dapat menjelaskan bahwa user Go Dok sebagian besar dari kalangan wanita muda, mulai dari pekerja kaum urban yang tetap peduli menjaga kondisi kecantikan dan kesehatannya, hingga mereka yang baru menikah dan sedang memasuki masa kehamilan.

Lalu, apalagi yang Anda tunggu? Masih ragu berkonsultasi dengan dokter online langsung melalui smartphone di dalam genggaman? Selamat datang di era baru teknologi kesehatan. Dengan Go Dok, sehat itu mudah!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.