Apa Saja sih  Penyebab Jerawat di Tubuh?

Penyebab jerawat di tubuh 

Penyebab jerawat di tubuh seperti kulit kepala, bahu, leher, punggung, dada, bokong, dan ketiak yang paling utama sejatinya sama dengan penyebab jerawat pada umumnya. Pasalnya, bagian-bagian yang telah disebutkan tadi merupakan area tubuh yang memiliki banyak kelenjar minyak, dan memiliki folikel rambut.

 

Go Dok  – Tahukah Anda, bahwa selain menyerang area wajah, ternyata jerawat juga bisa tumbuh di bagian tubuh lainnya? Ya, bagi banyak orang, jerawat kerap kali juga muncul di area tubuh lain, seperti leher, bahu, punggung, kepala, telinga, dada, bokong dan bahkan ketiak. Penyebabnya bisa bermacam-macam hal, dan tidak sedikit di antaranya yang juga mengindikasikan adanya penyakit berbahaya. Nah, penasaran tentang apa penyebab timbulnya jerawat di bagian tubuh selain wajah? Yuk, simak penjelasan lengkap berikut ini!

Apa penyebab timbulnya jerawat secara umum?

Sederhana saja, jerawat umumnya timbul akibat produksi sebum berlebih yang dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar minyak Anda, sehingga menyumbat proi-pori wajah. Karena kelenjar minyak paling banyak terdapat di wajah -terutama di bagian kening dan dagu- maka tak heran jika kedua tempat ini paling sering dihantam jerawat. Penyebab umum lainnya adalah fluktuasi produksi hormon yang biasanya dialami remaja saat memasuki masa puber dan wanita saat akan mengalami menstruasi.

Lalu, apa penyebab  jerawat di tubuh selain wajah?

Faktor penyebab utama munculnya jerawat di bagian tubuh lain, seperti kulit kepala, bahu, leher, punggung, dada, bokong, dan ketiak sejatinya sama dengan penyebab jerawat pada umumnya. Pasalnya, bagian-bagian yang telah disebutkan tadi merupakan area tubuh yang memiliki banyak kelenjar minyak, dan memiliki folikel rambut. Namun, selain itu, ada pula beberapa faktor yang menjadi penyebab jerawat di tubuh, seperti :

1. Makanan dengan kadar gula tinggi

Ya, makanan dengan kadar gula tinggi bisa memicu kenaikan kadar gula darah, yang bisa menyebabkan munculnya jerawat, khususnya pada area dada. Hal ini juga bisa memicu timbulnya jerawat di area lain, seperti punggung, bahu, dan bokong. Untuk mencegah jerawat, Anda cukup mengurangi konsumsi makanan dan minuman berkadar gula tinggi.

2. Fluktuasi hormon

Pada remaja yang tengah puber, akan terjadi peningkatan hormon androgen yang bisa memicu timbulnya jerawat di bagian tubuh manapun. Selain itu, perubahan hormon juga bisa memicu tumbuhnya jerawat pada wanita di area dada atau di dekat payudara, selama masa menstruasi.

3. Dehidrasi

Kurangnya cairan di dalam tubuh juga bisa menjadi salah satu penyebab jerawat di tubuh, lho! Hal ini bisa menyebabkan timbulnya jerawat di bagian tubuh mana pun. Karenanya, jangan lupa untuk selalu menjaga asupan cairan Anda.

4. Bakteri dan kuman

Jangan salah, bakteri dan kuman tetap ada di mana-mana meskipun Anda sudah seratus persen yakin tubuh Anda bersih. Jerawat pada bagian tubuh selain wajah bisa disebabkan oleh hal ini, saat bakteri atau kuman di permukaan kulit Anda masuk ke dalam pori-pori kulit. Apalagi jika hal ini terjadi pada area kulit yang memiliki banyak kelenjar minyak, seperti punggung, bahu, dan leher.

5. Terpapar sinar matahari dan polusi

Tahukah Anda bahwa paparan sinar matahari justru dapat menambah parah masalah jerawat di tubuh? Ya, eksposur terhadap polusi dan sinar matahari bisa saja menimbulkan jerawat di berbagai bagian tubuh. Terutama jika Anda kerap menggunakan pakaian terbuka yang mengekspos area punggung, dada, dan leher.

6. Folliculitis

Folliculitis, alias peradangan pada folikel-folikel rambut Anda seringkali menjadi penyebab utama munculnya jerawat di area bokong. Hal ini bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur, iritasi pada folikel rambut, atau penyumbatan pada folikel rambut Anda. Folikulitis akan terasa gatal, dan berbentuk seperti benjolan kecil pada bokong Anda.

7. Berolahraga

Sering berolahraga juga bisa membuat Anda berjerawat di bagian punggung, dada, ketiak, dan bahu. Pasalnya gesekan kulit pada pakaian yang ditambah dengan produksi keringat dan minyak tubuh saat berolahraga, bisa menyumbat pori-pori kulit dan menjadi jerawat. Terutama jika Anda tidak membersihkan tubuh sehabis berolahraga.

8. Adanya kondisi kesehatan lain

Tak jarang, munculnya jerawat di area dada dan punggung menjadi pertanda akan adanya suatu masalah kesehatan yang serius. Beberapa di antaranya adalah seborrheic dermatitis -suatu kondisi peradangan yang ditandai dengan kulit berkerak dan jerawat- serta PCOD (polycystic ovarian disease) yang merupakan salah satu penyakit pada rahim.

Nah, itu dia 8 penyebab jerawat di tubuh selain wajah, yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kulit wajah? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk chat dengan dokter seputar tips dan penanganannya. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi