Apa saja Gejala dan Penyebab Kanker Tulang?

penyebab kanker tulang

Penyebab kanker tulang sebenarnya belum diketahui secara pasti, namun sebagian besar kasus terjadi karena faktor genetika dan terlalu sering terkena paparan sinar radiasi sehingga menyebabkan pertumbuhan sel dan DNA terjadi secara abnormal dan berada di luar kendali.

Go DokSeperti yang sudah kita ketahui, penyakit kanker dapat muncul di setiap organ yang ada di dalam tubuh dan cenderung sulit untuk ditangkap gejala serta penyebabnya sejak dini. Salah satunya, penyebab kanker tulang yang belum diketahui secara pasti oleh para praktisi kedokteran.

Di antara jenis kanker lainnya, kanker tulang temasuk yang tidak umum didengar oleh masyarakat. Sebagian besar kanker tulang primer dapat menyerang anak-anak dan remaja yang sedang berada pada masa pertumbuhan dan dapat mempengaruhi bagian ujung tulang yang sedang tumbuh pesat di mana osteoblas bekerja paling aktif.

Sayangnya, penyebab pasti dari kasus kanker tulang sebagian besar belum diketahui secara pasti. Namun, para ilmuwan menyebutkan bahwa kanker tulang seringkali dikaitkan dengan kondisi penyakit lainnya.

Berikut gejala dan penyebab kanker tulang yang bisa diperhatikan sebagai upaya pencegahan!

1. Gangguan genetik

Sebagian kasus kanker tulang (terutama Osteosarcoma) dipercaya terjadi karena diturunkan dari anggota keluarga kita. Kanker tulang biasanya bersifat turun-temurun dan disebabkan oleh cacat (mutasi) gen pada organ tertentu.

2. Radiasi

Salah satu penyebab utama sel Anda mengalami mutasi adalah sering terpapar sinar radiasi, termasuk bagi Anda yang pernah menjalani kemoterapi. Kondisi organ dalam tubuh, termasuk organ tulang, akhirnya bisa mengalamu mutasi gen yang memicu terjadinya kanker tulang.

3. Transplantasi sumsum tulang

Bagi Anda yang pernah menjalani prosedur operasi transplantasi sumsum tulang (stem cell) seringkali menderita Osteosarcoma di masa depan.

4. Cedera pada tulang

Walaupun hal ini belum terbukti secara medis, tidak sedikit orang yang pernah mengalami cedera pada tulangnya terkena kanker tulang di kemudian hari. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan faktor yang satu ini.

5. Penyakit paget tulang

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, seringkali kasus kanker tulang terjadi karena disebabkan penyakit tulang lainnya. Salah satunya adalah penyakit paget tulang yang banyak menyerang orang yang berusia di atas 50 tahun.

Penyakit paget tulang merupakan kelainan proses regenerasi osteoblast (sel tulang) dan menyebabkan tulang menjadi rapuh dan mengalami deformitas atau kelainan bentuk. Biasanya kelainan ini sering menyerang tulang tengkorak, tulang punggung, dan tulang selangka.

Seperti yang telah disebutkan, kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel secara tidak terkendali dan memadati sel yang normal. Akibatnya, hal ini membuat metabolisme tubuh menjadi tidak bisa berfungsi secara normal akibat menumpuknya sel-sel yang tumbuh di luar kendali. Akibatnya, seseorang penderita kanker tulang sering merasa sakit atau nyeri pada tulang.

Gejala lainnya yang muncul bisa bervariasi, tergantung pada lokasi dan ukuran kanker. Biasanya, area yang terserang akan terasa lunak jika disentuh dan sering menyerang area persendian. Selain itu, rasa sakit akan semakin buruk pada malam hari dan mengganggu tidur Anda.

Selain rasa sakit, mungkin ada pembengkakan dan kemerahan dan benjolan yang nyata di atas area yang terkena. Jika area yang terkena di dekat sendi, gerakan di sendi menjadi lebih kaku dan terbatas. Tulang yang terkena kanker juga menjadi lemah dan rapuh serta dapat patah dengan mudah hanya karena luka atau cedera ringan.

Gejala kanker tulang lainnya yang bisa dideteksi di antaranya:

Suhu tinggi (demam) 38°C (100.4F) atau lebih tinggi

• Berkeringat, biasanya di malam hari

• Merasa lemah

• Kelelahan

Anemia

• Penurunan berat badan yang terjadi secara drastis dan sulit dijelaskan

Itulah penyebab kanker tulang beserta gejalanya yang bisa Anda rasakan dan deteksi sejak dini. Dengan memahami penyebab dan gejala kanker tulang ini, Anda bisa mengambil tindakan medis lebih cepat sebelum sel kanker menyebar ke organ tubuh lainnya. Semoga bermanfaat!

 

 

Baca juga:

 

Jangan ragu untuk selalu gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk berkonsultasi dengan dokter online yang siap siaga 7×24 jam. Segera download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.

TS/PJ/TP

Referensi