Apa Saja Buah yang Baik untuk Ibu Hamil?

Buah yang baik untuk ibu hamil

Buah yang baik untuk ibu hamil ; Penyebab sembelit di masa kehamilan bisa disebabkan oleh perubahan hormon dan janin yang membesar. Untuk mengatasinya, sekaligus menjaga asupan nutrisi yaitu dengan mengonsumsi buah-buahan.

 

Go Dok Seperti yang sudah Anda semua ketahui, asupan gizi perlu diperhatikan demi kebaikan ibu hamil, baik  untuk diri sendiri maupun calon bayi. Sayangnya, nutrisi dari buah seringkali terlewatkan dalam menu keseharian. Padahal, serat, vitamin, dan mineral yang terkandung dalam buah-buahan penting bagi tubuh, lho.

Nutrisi baik dari buah bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil, lho. Selain itu, baik juga untuk mendorong pertumbuhan sel, melancarkan sirkulasi darah, dan yang terpenting mencegah cacat pada janin.

Lantas, apa saja buah yang baik untuk ibu hamil? Makanya, agar tak penasaran simak terus daftar berikut ini, ya!

Buah untuk ibu hamil dengan fiber

Sembelit atau kesulitan buang air besar merupakan gejala umum yang banyak dirasakan ibu hamil. Perasaan tersebut tentunya dapat membuat tidak nyaman, dong. Nah, dengan menambahkan fiber atau serat yang berasal dari buah-buahan, Anda bisa mempertahankan kesehatan pencernaan dengan meningkatkan fungsi organ-oran pencernaan. Menu makanan tinggi serat akan mencegah Anda terkena wasir juga, lho.

Nah, apel dan pir bisa menjadi pilihan bagi ibu hamil karena dikenal memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain itu, pisang, kiwi, dan jeruk juga bisa Anda konsumsi sebagai variasi asupan serat. Jangan lupa untuk minum air yang cukup ya agar dapat terus terhidrasi.

Buah untuk ibu hamil dengan vitamin C

Vitamin C bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi jeruk, lemon, melon, anggur, dan stroberi. Penting lho, bagi ibu hamil untuk menyeimbangkan kebutuhan zat besi  dengan vitamin C melalui mengonsumsi buah-buahan tersebut.

Selain itu, vitamin ini juga mampu mencegah kerusakan sel-sel pada tubuh dengan mendorong kinerja kolagen. Nah, mengingat pentingnya vitamin ini bagi sang ibu dan si calon bayi, pastikan jus jeruk selalu ada dalam mesin pendingin Anda ya. Tentunya yang perasan alami ya, bukan yang dalam kemasan.

Buah untuk ibu hamil dengan asam folat

Sebenarnya, ada banyak jenis asam yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Namun, asam folat merupakan satu yang utama karena dinilai penting bagi pertumbuhan janin dalam kandungan. Jenis asam ini mampu mencegah cacat lahir yang biasanya menyerang otak dan sumsum tulang belakang, lho. Penting sekali ibu hamil mengonsumsi makanan kaya asam folat, bukan?

Menurut penelitian, seorang ibu hamil membutuhkan asupan asam folat setidaknya 400 mikrogram setiap harinya. Caranya? Nah, buah-buahan yang baik untuk ibu hamil dengan kandungan asam folat yang tinggi dapat ditemukan pada jeruk, nanas, alpukat, dan pepaya.

Buah untuk ibu hamil dengan potasium

Seseorang yang terbukti mengalami defisiensi potasium mengalami beberapa masalah kesehatan seperti lemah, lesu, ritme jantung tidak normal, sakit kepala, hingga anemia. Nah, jika Anda tidak ingin mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya pastikan tubuh Anda mendapat asupan potasium yang pas, ya. Nutrisi yang banyak terkandung dalam pisang, kiwi, ceri, anggur, dan semangka ini terbukti mampu menyeimbangkan kadar air dalam tubuh ibu hamil, lho, sehingga dapat terhindar dari risiko dehidrasi.

Dengan artikel ini, semoga Anda memahami apa saja buah yang baik untuk ibu hamil, ya. Pastikan mesin pendingin Anda dihiasi dengan buah-buahan ini ya. Dengan begini, Anda akan ingat untuk mengonsumsi buah-buahan tersebut sebagai cemilan atau makanan penutup.

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kandungan Anda? Gunakan fitur ‘tanya Dokter’ untuk chat dokter seputar penanganannya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

 

RZ/TP/PJ/MA

Referensi