Apa Penyebab Rasa Sakit Muncul Saat Tumbuh Gigi Bungsu?

gigi bungsu tumbuh

Gigi bungsu yang tumbuh seringkali menimbulkan rasa sakit karena dapat menekan gigi geraham yang sudah ada sebelumnya. Selain itu, gigi bungsu yang belum tumbuh sepenuhnya dan tersangkut pada gusi juga dapat menyebabkan gusi terbuka sehingga bakteri dari sisa makanan dapat berkembang.

 

Go DokPernahkah Anda merasa sakit dan nyeri yang teramat sangat pada bagian gigi geraham, namun tidak menemukan satu pun adanya gigi berlubang? Nah, bisa jadi rasa sakit tersebut disebabkan oleh gigi bungsu yang baru tumbuh, dan mendorong gigi geraham lainnya yang sudah ada sebelumnya, tuh!

Masalah sakit gigi akibat gigi bungsu tumbuh memang banyak dirasakan oleh orang dewasa. Biasanya, fase tumbuh gigi bungsu ini terjadi ketika berada pada rentang usia 17 hingga 25 tahun, setelah seluruh gigi susu tergantikan oleh gigi permanen. Biasanya, setiap orang memiliki gigi bungsu ini berjumlah 4 buah, masing-masing dua buah di rahang atas dan bawah.

Seperti yang telah kita ketahui, orang dewasa memiliki gigi berjumlah 32 buah yang terbagi sama rata sebanyak masing-masing 16 buah pada rahang atas dan bawah. Nah, kemunculan gigi bungsu ini dapat membuat jumlah gigi orang dewasa bertambah dari batas normal. Kasus ini biasa dikenal dengan istilah supernumerary teeth dalam istilah kedokteran.

Lalu, apa penyebab rasa sakit dan nyeri ketika sedang tumbuh gigi bungsu?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, idealnya, orang dewasa memiliki jumlah gigi sebanyak 32 buah yang terbagi sama banyak pada rahang atas dan bawah. Nah, gigi bungsu sebagai “tamu tak diundang” yang tumbuh pada bagian paling belakang rahang, dan membuat rahang yang sebelumnya sudah penuh menjadi semakin sesak.

Selain itu, gigi bungsu seringkali berposisi diagonal pada belakang rahang, sehingga akan tumbuh dengan miring dan menekan gigi geraham yang sudah tumbuh di sebelahnya. Tekanan inilah yang seringkali Anda rasakan sebagi sakit gigi.

Apakah rasa nyeri yang muncul hanya karena tekanan yang dialami gigi geraham di sebelahnya? Ternyata, masih ada alasan lain yang menyebabkan rasa sakit saat tumbuh gigi bungsu. Ketika sedang dalam proses pertumbuhan gigi bungsu, gigi bungsu tidak tumbuh sepenuhnya sehingga tersangkut di dalam gusi.

Nah, gigi bungsu yang tersangkut pada gusi tersebut dapat menyebabkan celah pada gusi. Celah pada gusi tersebut menjadi incaran favorit bagi bakteri. Pasalnya, akan banyak sisa-sisa makanan yang tersangkut pada celah gusi tersebut. Seperti yang diketahui, sisa makanan yang tidak dibersihkan menjadi sasaran empuk sebagai tempat berkembang biaknya bakteri pada mulut.

Apa saja komplikasi yang dapat terjadi saat tumbuh gigi bungsu?

Seperti yang sudah disebutkan, saat gigi bungsu tumbuh secara tidak tepat dengan kondisi yang miring dan mendorong gigi geraham lainnya, dapat menyebabkan rasa ngilu dan komplikasi lainnya pada gangguan kesehatan mulut.

Beberapa gangguan kesehatan lainnya yang dapat Anda derita di antaranya:

1. Kerusakan pada gigi lain

Ketika gigi bungsu mendorong gigi geraham di sebelahnya, dapat merusak dan menimbulkan risiko infeksi pada geraham tersebut. Selain merusak gigi geraham di sebelahnya, tekanan yang ditimbulkan gigi bungsu juga dapat merusakan formasi dan susunan gigi lainnya sehingga memerlukan perawatan ortodontik seperti pemasangan behel atau kawat gigi untuk meluruskan kembali susunan gigi lainnya.

2. Kista

Sebelum tumbuh keluar, gigi bungsu berkembang di dalam jaringan tulang rahang. Nah, jaringan tersebut bisa saja teriisi cairan dan membentuk kista yang dapat merusak tulang rahang, gigi dan saraf. Selain itu, kelainan ini juga bisa memicu perkembangan tumor yang bersifat jinak, lho.

3. Risiko karies yang lebih tinggi pada gigi bungsu

Gigi bungsu  tumbuh belakangan memiliki risiko karies atau kerusakan gigi yang lebih tinggi daripada gigi lainnya. Pasalnya, sisa makanan akan lebih mudah terselip dan tersisa pada area gigi bungsu, serta lebih sulit dibersihkan karena sulit dijangkau oleh sikat gigi. Ditambah dengan celah gusi yang terbuka, membuat struktur gigi lebih rentan untuk mengalami kerusakan.

4. Penyakit gusi

Sulitnya menjangkau area gigi bungsu untuk dibersihkan meningkatkan risiko terjadinya gangguan yang disebut perikoronitis. Perikoronitis merupakan sebuah gangguan yang terjadi pada area di sekitar gigi geraham, baik geraham kedua maupun gigi bungsu. Gangguan ini dapat ditandai dengan jaringan gusi yang membengkak akibat peradangan yang terjadi, dan menimbulkan rasa sakit pada mulut.

Kini, Anda sudah tahu kan apa yang menjadi penyebab rasa sakit dan ngilu saat gigi bungsu tumbuh? Memang, pertumbuhan gigi bungsu tidak dapat dicegah. Namun, Anda bisa mempersiapkan pencegahan dari dampak negatif yang ditimbulkannya dengan rutin mengunjungi dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Punya permasalah seputar kesehatan gigi? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk chat dengan dokter spesialis gigi. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

TP/PJ/MA

Referensi