Amankah Mengonsumsi Obat Maag untuk Ibu Hamil?

Obat maag untuk ibu hamil,

Obat maag untuk ibu hamil, maag pada ibu hamil disebabkan oleh adanya riwayat gangguan penyakit maag sebelum memasuki fase kehamilan dan bisa juga karena kondisi kehamilan itu sendiri. Adakah obat maag yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil?

 

Go Dok Fase kehamilan merupakaan saat yang paling dinanti-nanti oleh setiap keluarga, baik yang baru menikah maupun yang sudah sudah melewati proses persalinan beberapa kali. Makanya, ibu hamil harus menjaga pola hidup yang sehat dengan asupan nutrisi yang mencukupi demi kesehatan janin di dalam kandungan.

Namun, bagaimana jika ibu hamil memiliki riwayat penyakit maag? Akibatnya, asupan nutrisi jadi terganggu, karena selain dilarang makan makanan tertentu, rasa mual yang ditimbulkan karena tingginya produksi asam lambung menurunkan minat ibu hamil untuk makan.

Penting untuk mengetahui jenis obat maag untuk ibu hamil yang aman untuk dikonsumsi. Apa sajakah itu?

Yuk, sama-sama kita simak artikel obat maag untuk ibu hamil di bawah ini!

 Apa penyebab maag pada ibu hamil?

Pada dasarnya, penyebab seseorang terkena sakit maag karena adanya infeksi dari bakteri Helicobacter pylori (H. pylori). Infeksi bisa saja terjadi karena memang ibu hamil yang mempunyai riwayat gangguan penyakit maag sebelum memasuki fase kehamilan.

Selain karena faktor infeksi dari bakteri di atas, penyakit maag juga sangat mungkin terjadi karena faktor dari kondisi kehamilan itu sendiri. Gangguan maag yang menyerang pada ibu hamil, secara khusus disebabkan oleh hormon progesteron.

Hormon ini sebetulnya berfungsi membangun lapisan dinding rahim pada ibu hamil. Hal tersebut membuat rasa mual dan muntah, serta dapat meningkatkan kadar asam lambung pada ibu hamil.

Bukan itu saja, alasan utama tentu karena lambung yang mengalami tekanan dari bayi yang ada di dalam Rahim. Kondisi tersebut terus terjadi pada kehamilan di usia tua. Semakin besar si bayi, organ pencernaan ibu hamil semakin tertekan dan terangkat ke atas, deh.

Lalu, adakah obat maag untuk ibu hamil yang aman?

Setelah mengetahui penyebabnya, ini dia beberapa obat maag untuk ibu hamil yang bisa dipilih dan aman untuk dikonsumsi.

  • Penggunaan Antibiotik seperti jenis amoxicillin dipercaya cukup aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Penggunaan antibiotik dinilai cukup efektif membasmi bakteri H. pylori yang menyebabkan sakit maag, termasuk bagi ibu hamil. Namun, zat kimia yang ada dikandungnya tetap dapat membahayakan kesehatan janin, lho. Maka dari itu, berkonsultasi dulu dengan dokter, ya!
  • Omeprazole juga baik untuk meredakan tingkat asam pada lambung. Namun perlu diingat untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter Anda. Karena pada beberapa kasus, penggunaan omeprazole pada ibu hamil berisiko menimbulkan kerusakan pada janin, terutama pada usia kehamilan di trimester pertama.
  • Obat-obatan jenis Ranitidinedipercaya ampuh untuk mengurangi produksi asam di dalam lambung dan menghambatnya melewati saluran pencernaan. Dengan begitu, gejala seperti perut yang perih dan kembung dapat teratasi. Namun, penggunaan obat maag untuk ibu hamil ini  hanya diizinkan melalui anjuran dokter, ya.
  • Antasida merupakan jenis obat maag untuk ibu hamil yang paling aman dikonsumsi dan biasanya berbentuk obat kunyah. Anastida mengandung kalsium karbonat, magnesium oksida, dan magnesium hidroksida yang dapat menekan produktivitas asam lambung. Namun, tetap saja, sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter, karena obat ini juga dapat menimbulkan efek samping, seperti sembelit hingga anemia, tergantung dari kondisi ibu hamil itu sendiri.

Nah itu dia beberapa obat maag untuk ibu hamil yang dinilai cukup aman untuk dikonsumsi. Namun, jangan lupa untuk selalu konsultasikan dengan dokter kandungan Anda sebelum mengonsumsinya, ya.

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kandungan Anda? Gunakan fitur ‘tanya Dokter’ untuk chat dokter seputar penanganannya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

TP/PJ/MA

Referensi