Alasan Mengapa Anda Harus Menanggalkan Perhiasan Sebelum Tidur

menanggalkan perhiasan sebelum tidur

Go DokMenanggalkan perhiasan sebelum tidur Selama sehari penuh bekerja, atau beraktivitas di luar rumah, tentu banyak dari Anda yang memakai perhiasan. Hal ini berlaku terutama bagi kaum Hawa, yang pasti memakai entah anting, cincin, kalung, ataupun gelang-gelang. Nah, ketika Anda kemudian pulang ke rumah di waktu yang jauh lebih malam dari biasanya, tentu kelelahan akan meliputi tubuh. Saat itu, pastilah Anda ingin langsung terbaring lelap di ranjang, tanpa mencuci muka, menggosok gigi, bahkan tanpa menanggalkan perhiasan sebelum tidur. Eits, tunggu dulu! Lupa menanggalkan perhiasan sebelum tidur, berikut aksesoris lainnya, bisa berbahaya lho!

Karenanya, simak dulu 5 alasan mengapa Anda harus menganggalkan perhiasan sebelum tidur :

1. Bra dapat menimbulkan kemerahan

Meskipun sehat atau tidaknya memakai bra saat tidur masih diperdebatkan, namun Anda tidak disarankan memakai bra apalagi yang berkawat, saat tidur di malam hari. Memang, belum ada penelitian yang menemukan kaitan  langsung antara memakai bra saat tidur dengan kanker payudara. Namun, jika Anda memakai bra berkawat saat tidur, bisa dijamin keesokan harinya bagian di area bawah kedua payudara Anda akan menjadi kemerahan karena kawat yang menekan sepanjang malam. Jadi, setidaknya biarkan gunung kembar Anda bernapas lega, ya!

2. Lensa kontak bisa menyebabkan iritasi

Lensa kontak adalah salah satu akeseoris yang berbahaya jika tidak dilepaskan sebelum tidur. Sebab, material yang digunakan untuk lensa kontak pun tidak semuanya aman. Apalagi jika lensa kontak yang Anda pakai dibeli tanpa konsultasi dokter. Tak hanya itu, aturan yang tertera pada penggunaan lensa kontak juga mengharuskan lensa kontak dibuka sebelum tidur, dan dilepaskan beberapa kali sehari agar mata bisa beristirahat. Jika tidak, bisa jadi timbul iritasi, kemerahan atau bahkan infeksi pada mata Anda.

3. Cincin bisa menimbulkan hambatan sirkulasi darah

Ada banyak alasan mengapa cincin termasuk dalam daftar menanggalkan perhiasan  sebelum tidur. Pertama, jika cincin Anda terlalu kecil, bisa saja sirkulasi darah Anda terganggu. Dalam kasus ini, saat Anda tidur pun berarti aliran darah ke jari-jari Anda bisa tidak lancar dan menyebabkan area tersebut membiru. Selain itu, cincin yang terlalu lama dipakai berisiko menyangkut di jari dan susah dilepas. Terakhir, Anda juga bisa saja tak sengaja menelan cincin Anda. Jadi, siapa tahu?

4. Bando bisa menyebabkan sakit kepala yang menekan

Bando, dan ikat rambut yang terlalu kuat, bisa saja menyebabkan Anda menderita sakit kepala yang terasa berat dan menekan. Apalagi jika kedua aksesoris ini Anda pakai saat tidur sepanjang malam. Selain itu, mengikat rambut terlalu kuat tanpa melepaskannya saat tidur juga dapat membuat kulit kepala Anda tertarik, sehingga dapat menyebabkan sakit kepala. Jadi, sebaiknya lepaskan aksesoris kepala Anda sebelum tidur, ya!

5. Anting Anda tidak selalu bersih

Apakah Anda bisa menjamin anting-anting Anda selalu bersih? Tentu tidak. Beberapa orang justru malas membersihkannya dan menganggap hal tersbut tidak penting. Saat anting-anting yang tidak dibersihkan Anda bawa tidur, bakteri dan kotoran yang menumpuk di perhiasan tersebut bisa juga menempel di sela-sela lubang tindikan kuping Anda.. Hal ini bisa menyebabkan gangguan pada telinga, atau bahkan infeksi pada kulit di sekitarnya.

Nah, itulah 5 alasan mengapa Anda harus menanggalkan perhiasan sebelum tidur. Selain yang telah disebutkan, bahan perhiasan dan aksesoris yang Anda kenakan bisa saja menimbulkan alergi atau iritasi lain, sehingga Anda pun harus berhati-hati dan selalu melepaskannya sebelum tidur. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi